Panduan UI/UX Bagi Bisnis Online: Definisi, Perbedaan, Praktik di 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Contoh UI/UX

UI/UX adalah dua istilah teknis yang seringkali membingungkan. Banyak orang mungkin menggunakan kedua istilah ini secara bergantian, saling tumpang tindih, salah, atau menganggapnya sama. 

Contoh Praktik UI/UX di Dunia Bisnis Online

Ketika Anda berbelanja di marketplace, website, atau beberapa aplikasi online lainnya, pasti pernah merasakan adanya perbedaan antar aplikasi/web. 

Perbedaan yang bisa dirasakan/dilihat langsung seperti tampilan, warna tombol, maupun pengalaman secara menyeluruh.

Keduanya ini biasanya dikenal sebagai User Interface (UI) dan User Experience (UX). UI dan UX ini adalah rangkuman pengalaman konsumen ketika menggunakan berbagai macam platform tersebut saat berbelanja atau menggunakannya.

Konsumen akan menilai bisnis dari UI dan UX yang mereka gunakan ketika sedang scrolling atau surfing dalam platform untuk mencari sebuah produk.

Lalu apa itu UI dan UX, serta bagaimana pentingnya kedua hal ini? Mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Mengapa UI dan UX Penting?

Keduanya ini sangat penting karena berhubungan dengan bagaimana konsumen atau pengguna berinteraksi di dalamnya dengan berbagai macam produk atau layanan.

UI dan UX tidak terpisahkan sehingga desain yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman dan tidak merasa kerepotan.

Selain itu UI dan UX ini penting karena bisa membuat produk menjadi lebih mudah digunakan atau diakses. Dengan elemen visual yang jelas dan mekanisme interaksi intuitif yang mudah bisa meningkatkan produktivitas pengguna.

Hal ini juga bisa mengurangi terbuangnya waktu pengguna ketika ingin mempelajari atau mencoba-coba produk serta layanan yang ada.

Maka dari itu, UI dan UX penting karena menjadi sarana vital bagaimana pengguna akan menilai seberapa baik desainnya. Ketika pengguna telah merasa nyaman maka bisa saja untuk kedepannya mereka akan membeli produk di platform tersebut.

Manfaat dari UI yang baik akan membuat pengguna betah menggunakan produk digital tersebut. Selain itu akan membuat pengguna merasa senang jika UI yang mereka lihat nyaman di mata.

Mengenal Apa Itu User Interface

User Interface atau UI adalah tampilan visual atau tampilan yang terlihat dari sebuah produk dengan menghubungkan sistem dan penggunaan atau user. Sistem ini sekarang digunakan di mana-mana seperti website dan aplikasi belanja lainnya atau aplikasi online apapun itu.

Di dalam UI mencakup berbagai hal mengenai bentuk, warna, font atau gaya tulisan yang menarik dalam sebuah platform.

UI ini akan dilihat oleh pengguna maka dari itu harus ditampilkan dengan desain yang sangat baik supaya memberikan manfaat lebih.

Segala hal mengenai bentuk, warna, layout, tata letak, font dan sebagainya ketika Anda membuka sebuah aplikasi adalah User Interface. Sederhana, User Interface ini apa yang langsung dilihat oleh mata ketika membuka sebuah platform.

Mengenal Apa itu User Experience

User Experience atau UX ini tentunya tidak terpisah dari UI dan oleh karenanya UI yang ada akan mempengaruhi bagaimana pengalaman user atau UX ketika sedang menjajal sebuah platform.

UX ini juga salah satu aspek terpenting dalam meningkatkan pengembangan produk yang ada di era modern dan digital seperti sekarang ini.

Jika UI berhubungan dengan tampilan, maka UX lebih fokus terhadap user di mana perasaan dari para pengguna dalam menggunakan sebuah produk digital akan terbentuk.

Perasaan dan pengalaman pengguna ini bisa dilihat dari seberapa nyaman mereka ketika memakai sebuah platform atau produk digital.

UX ini fokus terhadap aspek pengalaman user seperti bagaimana respon, emosi, dan persepsi terhadap produk digital tersebut.

Tentunya setiap bisnis yang menggunakan produk digital akan memberikan yang terbaik dari segi UI supaya menimbulkan UX yang sangat berkesan.

UX ini tentunya salah satu nilai penting bagi perusahaan, karena dengan UX yang nyaman akan muncul pelanggan atau pengguna loyal.

Salah satu produk digital dengan UI dan UX yang baik adalah milik KiriminAja. Apa itu KiriminAja? Ini adalah sebuah aggregator logistik yang mengedepankan kenyamanan user dan bisa mempermudah pengiriman barang Anda secara cepat.

Lalu apa kelebihan UI dan UX KiriminAja?

Contoh UI/UX Adalah Dashboard KiriminAja

Saat Anda membuka Dashboard KiriminAja, maka, secara otomatis, Anda akan merasakan UI/UX yang mengalami upgrade berorientasi konsumen.

Ada beberapa kelebihan dari UI dan UX Dashboard KiriminAja. Berikut adalah uraiannya:

Tampilan yang Nyaman dan Enak Di Mata

Dashboard KiriminAja memilih tampilan dengan kombinasi warna putih dan ungu yang mana ini akan membuat mata Anda merasa nyaman. Selain itu, tidak banyak hal yang membuat Anda bingung.

Maka dari itu, UI dari dashboard KiriminAja ini sangat nyaman.

Tata Letak Simpel dan Tidak Ribet

Kelebihan lainnya adalah adanya tata letak atau layout yang simpel. Dengan kesimpelan ini Anda tidak perlu bingung untuk memilih, mengklik, kembali, scrolling dan sebagainya di dalam dashboard.

UX yang Praktis Bagi Pengguna

Karena kelebihan di atas, maka UX dari KiriminAja ini akan terasa lebih praktis. Kepraktisan ini tentunya selalu dicari pengguna dan KiriminAja mengerti hal tersebut.

Karena praktisnya tersebut, Anda bisa dengan mudah menggunakan manajemen order atau memiliki berbagai macam jenis ekspedisi untuk pengiriman cepat paket Anda.

Jika Anda ingin membuktikannya, kunjungi saja Dashboard KiriminAja. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dan cara daftarnya pun mudah.

Banyak Fitur-fitur yang Mudah Digunakan

Setelah Anda masuk ke dalamnya, akan banyak sekali fitur lengkap dan tentunya mudah digunakan. Fitur-fitur itu berguna untuk mempermudah Anda yang ingin melakukan pengelolaan pengiriman, pembuatan label, pembayaran online hingga status tracking paket.

KiriminAja sebagai partner bisnis dan sahabat pengguna selalu mengedepankan kemudahan mulai dari hal sekecil apapun.

Dengan Dashboard KiriminAja yang lebih nyaman, simpel dan praktis Anda pun tidak menjadi bingung ketika ingin melakukan manajemen order. Dengan manajemen order yang baik serta pengiriman yang cepat bisnis pun akan lancar. #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.