Potensi Bisnis Modal Kecil, Beromzet Besar, dan Belum Banyak Disadari

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
contoh- usaha-modal-kecil-belum-banyak-pesaing

Memang tidak banyak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Akan tetapi, masih ada beberapa jenis usaha yang menjanjikan omzet besar.

Apalagi jika Anda memulai usaha dengan modal kecil-kecilan terlebih dahulu. Tentu saja, Anda dapat mengurangi resiko, menguji pasar, dan memaksimalkan kreativitas bisnis. Akan tetapi, bisnis akan berjalan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, perlu diperhatikan juga peluang dari usaha yang hendak dijalankan. Apakah usaha tersebut memungkinkan untuk memperoleh keuntungan atau tidak.

Salah satu faktor yang memperkuat peluang usaha adalah banyaknya kompetitor. Makannya, pastikan peluang usaha yang Anda pilih masih sepi pesaing ya.

Nah, buat Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan dulu, bisa banget nih cobain peluang usaha dengan modal kecil yang akan KiriminAja bahas dalam artikel ini. Yuk simak penjelasannya!

Contoh Usaha Modal Kecil yang Sepi Pesaing

Berikut telah KiriminAja rangkum beberapa usaha modal kecil yang sepi pesaing:

Jual Kerajinan Tangan Daur Ulang

Ide usaha ini cocok untuk Anda yang memiliki kreativitas membuat kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan bahan daur ulang, modal yang dibutuhkan tidak akan banyak.

Nilai yang ditawarkan dari usaha ini adalah kreativitasnya. Anda dapat mempelajari berbagai ide kerajinan daur ulang di internet untuk memperkaya kreativitas.

Dengan menjalan bisnis ini, Anda akan memperoleh keuntungan sekaligus turut membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Jual Minuman Kesehatan

Ide usaha selanjutnya adalah jualan minuman kesehatan. Anda dapat menjualan minuman dengan racikan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat.

Selain itu, Anda juga dapat menjual minuman kesehatan seperti jamu dan empon-empon. Cukup buat packaging yang menarik agar terlihat lebih kekinian dan banyak peminat.

Untuk memulai usaha ini, jangan lupa untuk riset terelebih dahulu. Sehingga produk Anda tidak menjual omong kosong alias tidak memiliki khasiat.

Bisnis Katering Sehat

Ide usaha yang satu ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Peluangnya juga cukup besar, apalagi jika Anda tinggal di daerah kampus atau pabrik yang banyak anak rantau.

Produk makanan sehat tentu akan lebih diminati. Apalagi masyarakat sekarang mulai aware dengan pola hidup sehat. Cukup tawarkan berbagai menu sehat dengan harga yang masih terjangkau.

Laundry Sepatu

Laundry sepatu merupakan usaha yang masih sepi pesaing juga. Anda dapat memulai usaha ini dengan menawarkan jasa membersihkan sepatu.

Namun, sebelum memulai usaha ini pastikan Anda mempelajari dahulu metode mencuci sepatu ya. Serta, pelajari juga tentang sabun dan alat khusus agar sepatu bersih sempurna dan tidak rusak.

Jualan Kemasan Produk

Di era banyaknya jualan online, packaging menjadi hal penting yang diperhatikan para pelaku usaha. Makannya, jualan kemasan produk yang menarik juga memiliki peluang cukup besar.

Selain itu, modal untuk usaha ini juga tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu mengembangkan kreativitas agar dapat menyulap bahan murah menjadi kemasan yang menarik.

Ada juga nih ide bisnis modal 1 juta yang juga bisa memberikan keuntungan, modalnya ga terlalu besar kan, yuk cek aja langsung di link tersebut.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Memulai Usaha?

Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha dengan modal kecil:

Ide Bisnis yang Jelas

Sebelum memulai usaha, pastikan ide bisnis sudah jelas dan sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selain itu, juga harus memiliki potensi pasar yang cukup besar agar bisa menghasilkan keuntungan.

Rencana Bisnis

Setelah memiliki ide bisnis, selanjutnya buat rencana bisnis yang detail. Dalam hal ini termasuk analisis pasar, target konsumen, strategi pemasaran, serta perkiraan keuangan.

Modal Usaha

Modal usaha diperlukan untuk bahan baku, alat dan perlengkapan, serta untuk biaya operasional awal. Anda bisa mencari sumber modal dari tabungan pribadi, pinjaman bank, atau dari investor.

Perizinan Usaha

Pastikan untuk memperoleh izin usaha dari instansi yang berwenang sebelum memulai usaha kecil. Izin ini diperlukan untuk menjalankan usaha secara legal dan terhindar dari sanksi hukum.

Legalitas Usaha

Selain izin usaha, Anda perlu mengurus legalitas usaha seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP), nomor induk berusaha (NIB), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Tim yang Solid

Jika usaha kecil Anda membutuhkan tim, pastikan untuk merekrut tim yang solid dan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Branding dan Pemasaran

Dalam memulai usaha kecil, branding dan pemasaran sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Pastikan Anda sudah membuat rancangan strategi tersebut sebelum memulai usaha. 

Pengelolaan Keuangan

Strategi pengelolaan keuangan yang baik dan akurat penting dibuat untuk menghindari kerugian dan memastikan keberlangsungan usaha. Selain itu, selama bisnis berjalan pastikan catatan keuangan dibuat dengan  rapi dan teratur.

Keterampilan Manajemen

Keterampilan manajemen diperlukan untuk mengelola usaha kecil dengan baik, termasuk mengatur waktu, sumber daya, dan anggaran dengan efektif.

Misalnya, jika Anda mendirikan bisnis online, maka Anda juga perlu mempertimbangkan manajemen pengiriman agar tetap profit.

Kabar baiknya, dengan KiriminAja memungkinkan bisnis online Anda memiliki kebebasan mengatur margin profit, menjaga cash flow tetap aman, dan menjangkau konsumen, sehingga bisnis pun jadi tenang.

Anda tidak effort banyak untuk itu, cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga. Setelah itu, Anda melakukan sejumlah verifikasi dokumen, lalu bisa langsung menikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Kemampuan untuk Beradaptasi

Terakhir, kemampuan beradaptasi diperlukan agar usaha yang dijalankan tetap bertahan. Harapannya, usaha dapat menghadapi tantangan dan perubahan yang tak terduga. 

Untuk itu, Anda perlu memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat dan fleksibel agar bisa bertahan dalam persaingan usaha.

Jika Anda masih belum puas, coba cek rekomendasi beberapa peluang usaha minim modal ini. Sehingga Anda punya banyak pilihan ide bisnis. Anda cukup klik tautan tersebut untuk mendapat rekomendasi ide bisnis. 

Hanya saja, pastikan Anda juga mengerti bahwa bisnis minim modal membutuhkan kerja keras dan tekad kuat pemiliknya. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.