Usaha Sampingan Buat Nambah Cuan Demi Bebas Checkout Sesuka Hati

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
ide-usaha-sampingan

Membuat usaha sampingan dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menambah penghasilan biar bisa checkout belanjaan dan healing sesuka hati.

Namun, membuat usaha tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi jika ada beberapa kemungkinan seperti masih bekerja sebagai karyawan, tinggal di desa, atau tidak memungkin membuat usaha di luar rumah.

Berikut KiriminAja kasih beberapa alternatif usaha sampingan yang dapat Anda coba untuk menambah penghasilan. Yuk simak.

Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kini, membuat usaha bisa dilakukan dengan lebih fleksibel karena berkembangnya metode bisnis secara online. Sehingga, ada banyak peluang untuk Anda yang ingin membuat usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut beberapa contoh usaha sampingan yang dapat dilakukan di rumah:

Usaha Kue Kering

Jualan kue kering menjadi alternatif usaha yang dapat dilakukan di rumah. Apalagi jika Anda memiliki minat atau bakal membuat berbagai aneka kue.

Untuk menjualnya, Anda dapat membuat toko online atau menggunakan berbagai platform e-commerce.

Dropshipping

Dropshipping menjadi alternatif yang tepat jika Anda tidak ingin menyimpan produk jualan di rumah. Dengan model usaha ini, Anda hanya perlu mempromosikan produk dari supplier melalui toko online milik Anda.

Jasa Menjahit 

Jika Anda memiliki keahlian menjahit, membuka jasa menjahit adalah ide bisnis yang bagus. Anda dapat memperbaiki atau membuat pakaian dari rumah dan mempromosikan jasa Anda melalui platform online seperti WhatsApp, Facebook, atau marketplace.

Usaha Sampingan yang Memiliki Peluang Besar di Desa

Tak perlu berkecil hati jika Anda tinggal di desa. Sebab, peluang usaha ada di mana saja selama Anda mau mempelajari pasar dengan baik. Berikut KiriminAja kasih beberapa contoh usaha sampingan yang memiliki peluang besar di desa:

Pertanian dan Peternakan 

Di desa biasanya terdapat banyak lahan yang cocok untuk pertanian dan peternakan. Anda dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam berbagai jenis tanaman atau memelihara hewan seperti ayam, sapi, atau kambing.

Industri Kerajinan Tangan 

Industri kerajinan tangan seperti anyaman, tenun, atau pengrajin kayu adalah bisnis yang memiliki peluang besar di desa. Produk-produk kerajinan tangan ini dapat dipasarkan secara lokal atau dijual secara online melalui platform e-commerce.

Jasa Penyediaan Air Minum 

Jika di desa Anda terdapat sumber air yang bersih dan memadai, Anda dapat membuka usaha penyediaan air minum. Banyak desa di Indonesia masih kekurangan akses air bersih, sehingga usaha ini memiliki potensi besar.

Toko Sembako

Anda dapat membuka toko atau kios kecil yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, atau keperluan rumah tangga. Toko ini dapat menjadi pusat belanja bagi penduduk desa sekitar.

Pusat Oleh-oleh 

Jika desa Anda merupakan tujuan wisata, Anda dapat membuka toko oleh-oleh yang menyediakan produk-produk lokal seperti makanan khas, kerajinan tangan, atau pakaian tradisional. 

Produk-produk tersebut dapat dijual kepada wisatawan yang berkunjung atau juga dapat dipasarkan secara online melalui marketplace.

Itulah beberapa contoh usaha sampingan yang memiliki peluang besar di desa. Anda dapat memilih usaha yang sesuai dengan keahlian dan minat serta memperhatikan potensi pasar dan persaingan di daerah Anda.

Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Karyawan yang Bekerja

Gaji sebagai karyawan mungkin tidak cukup untuk kebutuhan atau checkout dan healing sesuka hati. Makannya, banyak juga karyawan yang mencoba peruntungan membuka usaha sampingan

Berikut beberapa contoh usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan yang bekerja:

Jasa Penulis Konten 

Jika memiliki keahlian menulis, Anda dapat membuka jasa penulis konten sebagai usaha sampingan. Anda dapat menawarkan jasa membuat artikel atau konten untuk website. 

Anda dapat mempromosikan jasa tersebut melalui platform online seperti freelancer atau melalui media sosial.

Usaha Bekal Makanan

Sebagai karyawan, Anda dapat menawarkan jualan bekal makan siang kepada rekan kerja. Ini menjadi peluang yang cukup menarik jika perusahaan tempat Anda kerja memiliki karyawan yang cukup banyak.

Jualan Merchandise K-Pop

Ide usaha ini sangat cocok jika Anda penggemar K-POP dan terbiasa mengoleksi merchandise seperti photo card, album, light stick, dan lainnya.

Anda dapat mencari supplier terpercaya, kemudian memasarkannya melalui marketplace ataupun media sosial. Sehingga, usaha ini dapat dilakukan sebagai sampingan selain menjadi karyawan.

Cara KiriminAja Mendukung Usaha Sampingan Anda

Namun, pastikan bahwa usaha sampingan yang Anda pilih tidak mengganggu pekerjaan utama Anda dan tetap memperhatikan etika kerja.

Selain itu, agar usaha sampingan lebih menarik di mata pelanggan, Anda perlu menambahkan strategi logistik mumpuni. 

Apalagi, konsumen Indonesia cenderung sangat ketat saat memilih jasa kurir untuk mengirimkan produknya. Konsumen kita ingin dapat layanan kurir yang reliable tapi punya harga hemat.

Karena itulah, KiriminAja hadir untuk membantu Anda bisa memberikan treatment ekstra dalam pengiriman paket.

Iya, KiriminAja memungkinkan bisnis Anda bisa mengirim paket tanpa kendala, cepat, aman, tepat, dan berharga hemat.

Anda hanya perlu mendaftar di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan layanan prima dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, bisnis sampingan Anda yang baru tumbuh bisa disokong oleh layanan kirim paket yang mampu menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.