Utang Lancar Adalah Hal Penting di Bisnis, Lho! Simak Detailnya Berikut

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Ciri-ciri Utang Lancar Adalah

Utang lancar adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis. Sebaik apa pun kondisi finansial perusahaan, utang lancar adalah sesuatu yang selalu ada dalam sebuah bisnis.

Dalam akuntansi, utang didefinisikan sebagai pengorbanan ekonomis untuk masa depan dalam bentuk penyerahan jasa dan aktiva sebagai bagian dari transaksi atau kesepakatan di masa lalu antara kedua belah pihak yang saling terlibat.

Pada umumnya, terdapat dua jenis utang. Utang lancar sama dengan current liabilities dan utang tidak lancar atau non-current liabilities.

Nah, pada artikel kali ini KiriminAja akan membahas apa itu utang lancar untuk Anda. Karena jika dipahami dan dimanfaatkan dalam strategi finansial yang baik, utang lancar bisa sangat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Utang Lancar Adalah?

Utang lancar juga disebut sebagai current liabilities. Current liabilities adalah kewajiban perusahaan yang bersifat jangka pendek. utang lancar memiliki batas jatuh tempo kurang dari dua belas bulan atau dalam satu siklus operasi normal.

Siklus operasi yang dimaksud ialah siklus konversi kas. Maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mengolah inventaris hingga penjualan dan kemudian masuk ke kas.

Biasanya, utang lancar dapat ditutup dengan menggunakan aset lancar. Seperti kas, piutang, atau surat berharga lainnya yang dapat segera dicairkan. Nah simak lebih lengkap jenis-jenis aset lancar ini agar semakin paham.

Untuk mengetahui apakah aset lancar yang dimiliki perusahaan dapat menutup utangnya atau tidak, dapat dilakukan perhitungan rasio likuiditas. Yaitu dengan membandingkan jumlah aset dan jumlah kewajiban.

Ciri-ciri Utang Lancar Adalah?

Agar lebih mudah membedakan antara utang lancar dan utang tidak lancar, perlu diperhatikan karakteristiknya. Berikut ciri-ciri utang lancar yang telah KiriminAja rangkum.

Jatuh Tempo Cepat

Utang lancar sama dengan kewajiban yang memiliki waktu jatuh tempo cepat. Oleh sebab itu, pembayaran utang ini harus segera dilunasi.

Waktu jatuh tempo untuk utang jenis ini biasanya sekitar satu tahu atau lebih. Atau dalam satu siklus operasi normal.

Utang Dibayar Langsung

Selain jatuh temponya cepat, utang lancar biasanya memiliki nominal yang kecil. Sehingga pembayaran utang lancar biasanya dilakukan langsung sekaligus tanpa cicilan.

Tidak Memiliki Bunga

utang lancar biasanya tidak memiliki bunga karena nominalnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, ada pula yang memiliki bunga. Tergantung dengan kebijakan masing-masing kreditur.

Tidak Memerlukan Jaminan

Biasanya, utang lancar hanya didasarkan pada kepercayaan bersama atau perjanjian tulis saja. Sehingga, tidak memerlukan jaminan apa pun.

Jenis-jenis Utang Lancar Adalah

Setelah mengetahui definisi dan ciri-cirinya, selanjutnya kita bahas utang lancar apa saja sih jenis-jenisnya.

Pembagian jenis utang lancar, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu utang yang jumlahnya pasti dan utang yang dapat ditaksir jumlahnya. Berikut penjelasannya:

Utang Lancar yang Jumlahnya Pasti

Ini adalah jenis utang lancar yang sudah diketahui jumlahnya sejak awal. Berikut utang lancar yang jumlahnya pasti:

Utang Dividen

Utang dividen merupakan kewajiban perusahaan kepada para pemegang saham. Biasanya, pembagian dividen dilakukan saat pengumuman pembagian laba perusahaan.

Nilai dividen yang harus dibayarkan dapat diketahui dari jumlah saham yang ditanam setiap investor. Biasanya, perusahaan telah mengalokasikan dana untuk pembayaran utang ini.

Utang Dagang

Utang dagang adalah kewajiban yang muncul akibat transaksi jual beli barang dagang yang dilakukan secara kredit atau jatuh tempo.

Jatuh tempo utang ini biasanya tidak lama, sekitar satu sampai dua bulan saja. Atau dapat juga sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Utang Gaji Karyawan

Gaji karyawan biasanya sudah memiliki ketentuan tentang jumlah dan tanggal pembayarannya.

Akan tetapi, pembayaran gaji terkadang terlambat dibayarkan karena suatu alasan mendesak. Inilah yang kemudian menjadi utang gaji karyawan.

Utang ini harus dibayar dalam jangka waktu yang pendek. Sehingga, utang ini masuk ke dalam utang lancar.

Wesel Bayar

Wesel bayar adalah surat perjanjian tertulis yang resmi dan ada tanda tangan kedua belah pihak.

Secara umum, wesel bayar sama dengan utang dagang. Sebab, keduanya timbul akibat pembelian barang secara kredit.

Bedanya, utang dagang biasanya hanya memiliki bukti nota penjualan saja. Sedangkan wesel bayar lebih resmi dan ada tangan perjanjiannya.

Biaya yang Masih Harus Dibayar

utang jenis ini merupakan biaya yang seharusnya sudah dibayar, tetapi belum dibayar. Sehinga, utang ini harus segera dibayarkan.

Faktor dari timbulnya utang ini biasanya hanya karena kendala teknis saja. Seperti debt collector yang belum menagih utang, dan sebagainya.

Uang Muka

Uang muka atau down payment merupakan pembayaran di muka yang diberikan oleh pelanggan. Atau bisa juga pembayaran penuh yang dilakukan di muka.

Fenomena ini menyebabkan perusahaan memiliki utang kepada pelanggan berupa barang atau jasa yang dipesan. utang akan berakhir jika pelanggan sudah menerima produk.

Utang Lancar yang Dapat Ditafsir Jumlahnya

Berikut beberapa utang lancar yang jumlahnya belum diketahui dengan pasti, tetapi dapat ditafsir.

Utang Pajak Penghasilan

Utang pajak penghasilan merupakan utang yang harus segera dibayar. Oleh sebab itu masuk ke dalam utang lancar.

Besarnya utang pajak dapat diperkirakan dengan menghitung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode sebelumnya.

Utang Hadiah

Utang hadiah ada ketika perusahaan menyebarkan kupon hadiah kepada konsumen. Sehingga, perusahaan memiliki kewajiban membayar hadiah saat konsumen menukarkan kuponnya.

Utang Garansi

Perusahaan bisa memberikan garansi sebagai salah satu strategi promosi. Garansi ini menjadi utang sampai ada pelanggan yang mengklaim kerusakan barang.

Meskipun sudah mengerti apa itu utang lancar, kadang memahami utang lancar adalah hal yang tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi jika ada banyak biaya kewajiban yang perlu dipikirkan. Makin pusing kan, jadinya?!

Untuk membantu Anda dalam mengatur finansial bisnis sehari-sehari, coba gunakan KiriminAja sebagai agregator logistik andalan.

KiriminAja membantu bisnis Anda dengan menyediakan harga hemat dan pengiriman tepat dengan layanan tambahan yang prima.

Jadi, begitu selesai mendaftar di dashboard KiriminAja ini, Anda bisa langsung mendapat opsi berbagai jasa kurir yang siap digunakan.

Dengan begitu, Anda sudah bisa membuat cash flow aman dan bisnis jadi tenang. Jadi, Anda bisa tidak perlu pusing lagi dengan biaya ongkir dan fokus ke urusan finansial lain.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.