Mengenal Penetrasi Pasar, Metode, Keuntungan dan Strateginya

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Bisnis
Strategi dan keuntungan penetrasi pasar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, penetrasi adalah penerobosan; penembusan; perembesan. Jadi, market penetration atau penetrasi pasar adalah strategi mengembangkan pasar yang telah ada dan produk yang telah ada.

Artinya, market penetration adalah taktik di mana perusahaan berkonsentrasi pada perluasan pangsa pasar saat sekarang ini.

Penetrasi pasar dilakukan dengan merebut pelanggan dari pesaing atau menarik pelanggan dari pesaing yang saat ini belum menggunakan produk. Dilakukan dengan cara menetapkan harga yang lebih rendah dan menggencarkan promosi secara lebih luas.

Untuk membantu Anda melakukan penetrasi pasar lebih terarah, kami sudah menyiapkan panduan strategi positioning bagi bisnis. Anda tinggal membaca panduan tersebut dan mengkombinasikan dengan strategi penetrasi pasar yang ada di sini.

Sebagai bisnis yang sedang tumbuh, KiriminAja juga melakukan penetrasi pasar. Oleh karenanya, apa yang diuraikan di sini berdasarkan brainstorming panjang tentang bagaimana strategi pasar KiriminAja yang akan dijalankan.

Tapi ingat, jangan sampai Anda melakukan atau mencoba masuk ke pasar monopoli. Kami membuat panduan memahami pasar monopoli dan bagaimana hubungannya dengan masyarakat secara umum.

Jadi, mari kita bahas semuanya dan lebih detail di sini.

Metode Penetrasi Pasar

Terdapat tiga metode pemasaran untuk memperoleh penetrasi pasar yang lebih besar, yaitu dengan cara:

  • Merebut pelanggan dari pesaing
  • Menjual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah ada
  • Menarik pelanggan baru untuk produk dan layanan yang ada

Supaya strategi penetrasi pasar menjadi lebih efektif, pasar harus cukup besar untuk dapat mempertahankan margin keuntungan yang rendah.

Penetrasi pasar biasanya dicapai dengan penggunaan bauran pemasaran yang lebih agresif. Termasuk didalamnya adalah melalui strategi penetapan harga rendah, promosi penjualan dan perluasan saluran distribusi.

Keuntungan Strategi Penetrasi Pasar

Secara umum, penetrasi pasar artinya meningkatkan jumlah konsumen produk Anda. Karena itu, ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan saat Anda menjalankan praktik marketing ini. Berikut ini sejumlah keuntungan yang bisa Anda ukur keberhasilannya:

Penjualan Meningkat

Mayoritas bisnis yang baru mulai berfokus pada peningkatan penjualan untuk mendapat keuntungan. Strategi penetrasi pasar yang tepat bisa dicapai dengan mendukung produk atau pasar agar bisa cepat dipasarkan secara tepat sesuai sasaran.

Strategi penetrasi pasar yang tepat dapat memastikan produk atau jasa mudah ditemukan oleh para target konsumen dalam segmentasi pasar yang sudah sesuai.

Brand Equity Meningkat

Brand equity adalah suatu hal yang disukai perusahaan dalam hal ini dapat dicapai menggunakan strategi penetrasi pasar yang lebih rinci. 

Hal ini dapat membuka kesempatan perluasan bisnis. Selain itu, dengan brand equity, suatu perusahaan bisa menekan biaya pemasaran dan juga mengenakan harga lebih tinggi dibanding kompetitor.

Product Positioning Lebih Baik

Pendatang baru di pasar sering merasa kesulitan untuk bersaing dengan brand besar yang sudah lama dan berkecimpung serta menguasai pasar.

Kesulitan yang biasa ditemui pendatang baru adalah penetapan harga. Lebih sulit bagi pendatang terhadap penetapan harga yang lebih tinggi dari pesaing yang lebih dipercaya oleh pelanggan.

Namun dengan adanya strategi penetrasi pasar, bisnis baru dapat bersaing dengan harga yang ditawarkan kompetitor. 

Walaupun harganya lebih tinggi namun jika mampu memposisikan brandnya di pasar dengan benar, hal tersebut tidak akan menjadi kendala besar oleh perusahaan tersebut.

Jika perusahaan Anda menggunakan penetrasi pasar sebagai pengukurannya, terdapat cara perhitungan yang perlu Anda kuasai.

Rumus ini merupakan cara untuk mengetahui seberapa banyak jasa atau produk digunakan oleh konsumen dibandingkan total pasar yang diperkirakan. Terdapat rumus untuk menghitungnya, berikut adalah caranya:

(jumlah pelanggan/ukuran target pasar) x 100 = persentase penetrasi pasar

Rumus ini bisa digunakan untuk membantu membuat suatu keputusan mengenai penetrasi pasar bisnis Anda. 

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah ada perkembangan atau justru terjadi penurunan penetrasi bisnis Anda. 

Setelah upaya ini, ada perubahan dalam persentase penetrasi pasar. Itulah cara untuk mengetahui perkembangan maupun kemunduran bisnis Anda secara berkala.

Strategi Penetrasi Pasar

Kapan penetrasi pasar dapat menjadi sebuah strategi yang sangat efektif? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu memahami beberapa jenis strategi pasar dan problem yang dialami.

Mari kita membahas satu per satu jenis dan contoh strategi penetrasi pasar di sini:

Penyesuaian Harga

Salah satu strategi yang sering digunakan dalam penetrasi pasar yaitu penyesuaian harga. Penurunan harga produk atau jasa memungkinkan terjadinya peningkatkan penjualan. Namun, harga tidak harus selalu turun signifikan.

Pada dasarnya, perubahan harga baik penurunan atau peningkatan setelah analisis produk kompetitor merupakan taktik penetrasi pasar yang baik. 

Bagian terpentingnya, strategi ini tidak dilakukan terlalu sering agar tidak membuat bingung para konsumen dan menciptakan kesan yang kurang baik mengenai kualitas barang atau jasa yang ditawarkan.

Contoh penetrasi pasar yang menggunakan strategi ini adalah diskon untuk produk yang baru dirilis.

Peningkatan Promosi

Promosi barang atau jasa adalah strategi penting untuk penetrasi pasar, dan hasilnya jika dilakukan secara benar bisa akan memiliki efek signifikan. Paling tidak, brand awareness bisa meningkat drastis dari sebelumnya.

Anda bisa memilih untuk melakukan kampanye jangka panjang maupun memilih untuk kampanye jangka pendek tergantung kebutuhan dan dana yang ada.

Perlu diingat bahwa hal ini hanya boleh dilakukan setelah perencanaan yang matang agar hasil yang didapatkan bisa memuaskan.

Untuk memahami peningkatan promosi sebagai strategi penetrasi pasar, maka cobalah cek dan memperhatikan contohnya di sekitar Anda. Sangat lumrah ditemukan brand yang mulai berpromosi di iklan televisi. Padahal sebelumnya hanya beriklan di YouTube dan kanal medsos lain.

Perbaikan Kualitas Produk

Untuk bisa disukai konsumen, tentu produk atau jasa Anda harus memiliki kualitas yang baik. Hal ini berpengaruh pada kemampuan penetrasi pasar bisnis suatu perusahaan. Jadi, jangan lupakan untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas bisnis barang atau jasa Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat beberapa brand memberikan perbaikan kualitas produk saat ada di momen tertentu, seperti saat dapat suntikan modal atau saat menambah cabangnya.

Tingkatkan Penggunaan

Salah satu cara penetrasi pasar yang ampuh yaitu meningkatkan penggunaan barang atau jasa dengan melakukan kampanye marketing.

Jika kampanye ini efektif di suatu tempat, akan semakin banyak orang menggunakannya di daerah tersebut. Dengan begitu, penjualan pun akan ikut meningkat.

Karena itu, strategi penetrasi pasar adalah salah satu bagian aktivitas utama marketing, contohnya saat membuka cabang baru. Karena itu, penetrasi pasar harus berkolaborasi dengan praktik marketing yang lain.

Kanal Distribusi

Untuk memastikan penetrasi pasar yang akan sukses, Anda harus mengetahui kanal-kanal distribusi yang tepat untuk menyalurkan barang dan jasa Anda.

Selalu temukan kanal-kanal baru supaya penjualan meningkat dari waktu ke waktu. Contoh kanal yang bisa dipertimbangkan saat ini adalah lewat email marketing, telemarketing, internet marketing, dan lain-lain.

Buat Barriers To Entry

Barriers to entry atau halangan untuk masuk dapat dilakukan untuk membatasi masuknya produk kompetitor lain ke pasar. Hal ini contohnya dapat dilakukan dengan minimasi biaya variabel. Strategi tersebut bisa meningkatkan penjualan dan menciptakan barrier to entry bagi kompetitor.

Berpikir di Luar Kotak

Kreativitas dan keunikan merupakan hal penting dalam penetrasi pasar. Strategi yang monoton cenderung kurang berhasil.

Oleh karena itu, jika Anda bisa menawarkan hal baru dan berbeda bagi konsumen, hal ini bisa lebih efektif untuk meningkatkan kekuasaan dan penjualan di pasar.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mengedukasi konsumen tentang kebolehan produk dan jasamu, membuat pembelian lebih mudah, memperluas jaringan distribusi, membuat desain produk yang user-friendly, serta meningkatkan customer referral.

Diversifikasi

Diversifikasi adalah taktik penetrasi pasar supaya perusahaan bisa masuk pasar baru. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat produk baru yang lebih sesuai dengan pasar tersebut.

Kerja Sama dengan Perusahaan Lain

Beberapa perusahaan memilih untuk membentuk kerjasama strategis dengan perusahaan lain untuk mempermudah penetrasi pasar.

Namun, perlu dilakukan pertimbangan yang serius terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan pihak tertentu.

Agar Anda bisa memastikan praktik penetrasi pasar sudah terkoneksi dengan aktivitas pemasaran lain, Anda wajib mengetahui konsep marketing mix.

Praktik marketing mix produk memungkinkan Anda menautkan semua jenis aktivitas pemasaran mencapai satu goal bersama.

KiriminAja menguraikan marketing mix lebih in-depth di tautan ini. Anda perlu membacanya untuk memahami marketing mix sebagai big picture yang menaungi praktik penetrasi pasar.

Salah satu aktivitas pemasaran yang bisa berkolaborasi dalam marketing mix adalah 5A marketing. Sebab, 5A marketing memungkinkan bisnis mengidentifikasi consumer journey dengan produk sejak awal hingga akhir.

Untuk memahami bagaimana 5A marketing bekerja dan kemungkinan bisa dikolaborasikan dengan marketing, Anda bisa membaca uraian KiriminAja. 

Anda hanya cukup klik tautan uraian yang membahas prinsip-prinsip dasar 5A marketing tersebut. Dari situ, Anda bisa mengelaborasikan dengan marketing mix dan aktivitas penetrasi pasar yang lain.

Semoga ulasan KiriminAja mengenai penetrasi pasar yang sudah dijelaskan tadi bisa bermanfaat. Terutama bagi Anda yang baru saja, atau sedang menjalankan bisnis di bidang tertentu. Selain itu, belajarlah pada pengalaman Anda sendiri.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.