Bagaimana Cara Promosi Produk yang Menarik dan Kreatif? Yuk, Bahas

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Tips promosi produk yang menarik

Salah satu hal yang cukup memusingkan saat menjalankan bisnis online adalah promosi dan marketing. Bagaimana dan manakah strategi marketing yang tepat untuk produk Anda? Apakah ada cara promosi produk yang menarik, unik, dan kreatif sesuai identitas produk Anda?

Untuk memecah kebuntuan masalah marketing dan cara membuat promosi yang menarik, KiriminAja menguraikan sejumlah panduan menjalankan aktivitas marketing khusus untuk Anda.

Dari uraian ini, Anda diharapkan bisa mulai menjalankan aktivitas promosi produk dengan tepat sasaran, unik, dan sesuai identitas produk. Yuk, mari kita bahas selengkapnya di sini…

Cara Promosi Produk yang Menarik untuk Pertumbuhan Bisnis

Apabila kreativitas Anda masih terbatas, maka Anda akan sulit bersaing dengan kompetitor. 

Karenanya, dalam tiap langkah promosi produk, Anda harus selalu melibatkan elemen unik, baru, atau tidak biasa. Tujuannya agar konten promosi tersebut menonjol dibandingkan konten dari kompetitor.

Berikut adalah tips melakukan promosi produk yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Menciptakan Konsep Produk yang Unik

Menciptakan konsep produk yang unik memang tidak mudah. Anda membutuhkan kerjasama tim untuk membuat praktik promosi. Karena biasanya ide akan muncul apabila dilakukan bersama-sama.

Biarkan ide tersebut mengalir tanpa batas, terkadang ide-ide yang bebas dapat menciptakan konsep yang unik. Anda bisa menggunakan berbagai media sebagai sumber referensi. Misalnya, seperti Pinterest, Tumblr, dan lain-lain.

Menawarkan Diskon

Salah satu cara membuat promosi yang menarik banyak konsumen adalah menawarkan diskon. Walau terkesan klise, cara ini masih tetap efektif.

Harga produk merupakan salah satu pertimbangan yang seringkali dipikirkan oleh konsumen. Cobalah sesekali memberikan harga diskon pada produk yang digemari, dengan begitu tingkat penjualan Anda akan semakin meningkat.

Tips agar banyak konsumen yang menunggu harga diskon yaitu lakukan survey produk dengan menanyakan kepada audiens mana produk yang digemarinya.

Memberikan Cashback

Selain diskon, cara promosi produk yang menarik adalah memberi cashback. Hampir sama seperti diskon, cashback adalah istilah pengembalian sejumlah uang ketika membeli suatu produk.

Banyak brand fashion yang melakukan promo cashback, sehingga konsumen tetap setia membeli produk keluaran terbaru mereka.

Bagi Anda yang produk bisnisnya adalah baju, cobalah lakukan cara promosi ini untuk menarik minat calon konsumen. Pastikan cashback tersebut mempunyai persyaratan agar Anda sendiri tidak rugi.

Mengadakan Giveaway

Giveaway adalah promosi terbaik jika Anda membuat brand baru. Cara ini biasanya dilakukan untuk pengenalan suatu produk terhadap calon konsumen. Barang yang diberikan bisa berupa produk sendiri maupun produk lainnya.

Saat mengadakan Giveaway, pastikan Anda telah memberikan ketentuan yang dapat menguntungkan brand Anda. Misalnya, follow/promosikan media sosial brand Anda di akun media sosial mereka.

Promo "Beli 1 Gratis 1"

Cara promosi produk yang tidak kalah menarik adalah program ‘Beli 1 Gratis 1’.  Program promo ini sering dilakukan para pelaku bisnis untuk mengenalkan produk barunya. Tentu saja, akan ada banyak calon konsumen yang tertarik dengan promo ini.

Selain itu, Anda juga dapat menjual lebih banyak produk karena biasanya konsumen sangat tertarik dengan hal yang berbau “Gratis”. Promo ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Memberikan Gratis Ongkir

Bagi bisnis online, salah satu cara buat promo menarik ialah memberikan gratis ongkir. Anda bisa memberikan diskon ongkir baik lewat marketplace atau toko online sendiri. 

Bagi banyak orang, diskon ongkir akan mempengaruhi tingkat penjualan produk. Pasalnya, biaya ongkir ini seringkali jadi pertimbangan ketika konsumen membeli produk yang jauh dari tempat tinggalnya.

Maka dari itu, dengan memberikan gratis ongkir, konsumen akan mendapatkan kemudahan serta  keuntungan lebih saat berbelanja di toko Anda.

Anda bisa memanfaatkan KiriminAja untuk menjalankan program gratis ongkir. Apalagi, Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mulai bisa menikmati layanan.

Sebagai platform manajemen jasa ekspedisi satu pintu, KiriminAja menyajikan banyak layanan dan fitur untuk mendukung online seller makin maju dengan bisnis yang dijalani.

Memberikan Batas Waktu Promosi

Memberikan batas waktu saat melakukan promosi adalah sebuah trik untuk bisa mendapatkan banyak konsumen. Mengapa? Karena secara tidak sadar, konsumen akan cepat-cepat membeli produk Anda.

Batasan waktu umumnya dilakukan secara harian atau mingguan. Namun apabila ternyata target pembelian produk belum tercapai, Anda bisa menambahkan sampai bulanan.

Kerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer adalah salah satu peluang mendapatkan banyak konsumen. Anda dapat menghubungi influencer yang sekiranya cocok untuk mempromosikan produk Anda.

Misalnya, produk yang dijual adalah brand fashion hijab. Anda perlu mencari influencer berhijab yang punya strategi dan cara buat promosi produk menarik, unik, menyenangkan serta dapat meningkatkan kualitas produk Anda.

Promosikan Produk secara Mendetail

Salah satu cara promosi yang menarik di mata konsumen adalah menyampaikan banyak informasi terkait produk ke konsumen. Sebab, selain harga produk, konsumen juga ingin mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut. 

Mereka akan membandingkan, seperti “Dengan harga sekian apa yang membuat produk ini bagus dari toko lainnya?”.

Jika brand yang Anda tawarkan berupa fashion seperti baju, maka Anda bisa memperlihatkan detail bahan, ukuran, serta daya tarik dari baju tersebut.

Menawarkan Produk Bundling

Berikutnya, cara promosi yang menarik konsumen adalah menawarkan paket bundling. Produk yang dijualkan secara bundling atau set bisa menarik perhatian para calon konsumen. Karena pada dasarnya tawaran produk bundling akan lebih murah dibandingkan membeli satu-satu.

Pastikan produk bundling tidak hanya ada satu macam saja agar konsumen memiliki banyak pilihan. Selain itu, beritahu kepada konsumen apabila mereka membeli produk bundling, maka akan lebih berhemat sekian persen.

Maksimalkan KiriminAja Sebagai Partner Bisnis Anda

Anda juga bisa menawarkan promo menarik lainnya jika menggunakan aplikasi KiriminAja.

KiriminAja adalah platform yang dapat mengelola pengiriman paket dengan cara COD dan Non-COD melalui berbagai ekspedisi.

Melalui aplikasi KiriminAja, Anda bisa mendapatkan diskon 25% pengiriman ke konsumen, sehingga dapat menghemat biaya ongkir mereka.

Bukan hanya itu, banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini. Seperti:

  • Layanan yang terintegrasi dengan Dashboard, API, Mobile, sehingga dapat memonitoring barang lebih mudah.
  • Memiliki ekspedisi terpercaya dan aman.
  • Dapat melaporkan histori perjalanan paket secara aktual.
  • Layanan pihak ekspedisi tersedia setiap hari dari jam 09.00 – 23.00.
  • Aplikasi user-friendly dapat digunakan dengan mudah.

Mari, segera download aplikasi KiriminAja di Google Play Store atau langsung akses dashboard KiriminAja demi bisa menghemat biaya logistik. KiriminAja juga bisa jadi bagian dari strategi cara promosi produk yang menarik, lho. Cobain, yuk…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.