10 Tips Melakukan Promosi Produk Secara Efektif Menarik Pembeli

Updated December 1, 2022 • Created 8 bulan yang lalu
10 Tips Melakukan Promosi Produk Secara Efektif Menarik Pembeli

Kegiatan jual-beli di masa sekarang ini sebagian besar dilakukan secara online.  Hal ini membuat para pelaku bisnis mulai belajar dan memanfaatkan teknologi dan digital.

Ada berbagai tips dan trik dalam melakukan promosi produk untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Dengan melakukan tips dan trik yang akan dibahas berikut ini, tingkat penjualan akan bertambah, produk Anda akan laris dan diketahui oleh banyak orang. Berikut ini pembahasannya.

Tips Melakukan Promosi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

]

kan teknologi dan digital akan jauh tertinggal jika dibandingkan dengan yang menggunakannya. Begitu juga cara pemasarannya, apabila kreativitas Anda masih terbatas, maka Anda akan sulit bersaing dengan kompetitor.

Berikut adalah tips melakukan promosi produk yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan:

1. Menciptakan Konsep Produk yang Unik

Menciptakan konsep produk yang unik memang tidak mudah, Anda membutuhkan kerjasama tim untuk membuatnya. Karena biasanya ide akan muncul apabila dilakukan bersama-sama.

Biarkan ide tersebut mengalir tanpa batas, terkadang ide-ide yang bebas dapat menciptakan konsep yang unik. Anda bisa menggunakan berbagai media sebagai sumber referensi. Misalnya, seperti Pinterest, Tumblr, dan lain-lain.

2. Menawarkan Diskon

Harga produk merupakan salah satu pertimbangan yang seringkali dipikirkan oleh konsumen. Cobalah sesekali memberikan harga diskon pada produk yang digemari, dengan begitu tingkat penjualan Anda akan semakin meningkat.

Tips agar banyak konsumen yang menunggu harga diskon yaitu lakukan survey produk dengan menanyakan kepada audiens mana produk yang digemarinya.

3. Memberikan Cashback

Cashback adalah istilah pengembalian sejumlah uang ketika membeli suatu produk. Banyak brand fashion yang melakukan promo cashback, sehingga konsumen tetap setia membeli produk keluaran terbaru mereka.

Bagi Anda yang produk bisnisnya adalah baju, cobalah lakukan cara promosi ini untuk menarik minat calon konsumen. Pastikan cashback tersebut mempunyai persyaratan agar Anda sendiri tidak rugi.

4. Mengadakan Giveaway

Giveaway adalah promosi terbaik jika Anda membuat brand baru. Cara ini biasanya dilakukan untuk pengenalan suatu produk terhadap calon konsumen. Barang yang diberikan bisa berupa produk sendiri maupun produk lainnya.

Saat mengadakan Giveaway, pastikan Anda telah memberikan ketentuan yang dapat menguntungkan brand Anda. Misalnya, follow/promosikan media sosial brand Anda di akun media sosial mereka.

5. Promo ‘Beli 1 Gratis 1”

Trik melakukan promosi produk ‘Beli 1 Gratis 1’ seringkali dilakukan para pelaku bisnis untuk mengenalkan produk barunya. Tentu saja, akan ada banyak calon konsumen yang tertarik dengan promo ini.

Selain itu, Anda juga dapat menjual lebih banyak produk karena biasanya konsumen sangat tertarik dengan hal yang berbau “Gratis”. Promo ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

6. Memberikan Gratis Ongkir

Memberikan gratis ongkir, baik melalui marketplace atau di media sosial dapat mempengaruhi tingkat penjualan produk. Pasalnya, biaya ongkir ini seringkali jadi pertimbangan ketika konsumen membeli produk yang jauh dari tempat tinggalnya.

Maka dari itu, dengan memberikan gratis ongkir, konsumen akan mendapatkan kemudahan serta  keuntungan lebih saat berbelanja di toko Anda.

7. Memberikan Batas Waktu Promosi

Memberikan batas waktu saat melakukan promosi adalah sebuah trik untuk bisa mendapatkan banyak konsumen. Mengapa? Karena secara tidak sadar, konsumen akan cepat-cepat membeli produk Anda.

Batasan waktu umumnya dilakukan secara harian atau mingguan. Namun apabila ternyata target pembelian produk belum tercapai, Anda bisa menambahkan sampai bulanan.

8. Kerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan Influencer adalah salah satu peluang untuk bisa mendapatkan banyak konsumen. Anda dapat menghubungi Influencer yang sekiranya cocok untuk mempromosikan produk Anda.

Misalnya, produk yang dijual adalah brand fashion hijab, maka carilah Influencer berhijab yang menurut Anda cara promosinya unik, menyenangkan dan dapat meningkatkan kualitas produk Anda.

9. Promosikan Produk secara Mendetail

Selain harga produk, konsumen juga ingin mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut. Mereka akan membandingkan, seperti “Dengan harga sekian apa yang membuat produk ini bagus dari toko lainnya?”.

Jika brand yang Anda tawarkan berupa fashion seperti baju, maka Anda bisa memperlihatkan detail bahan, ukuran, serta daya tarik dari baju tersebut.

10. Menawarkan Produk Bundling

Produk yang dijualkan secara bundling atau set bisa menarik perhatian para calon konsumen, karena pada dasarnya tawaran produk bundling akan lebih murah dibandingkan membeli satu-satu.

Pastikan produk bundling tidak hanya ada satu macam saja agar konsumen memiliki banyak pilihan. Selain itu, beritahu kepada konsumen apabila mereka membeli produk bundling, maka akan lebih berhemat sekian persen.

Itulah tips dan trik dalam melakukan promosi produk. Anda juga bisa menawarkan promo menarik lainnya jika menggunakan aplikasi KiriminAja.

KiriminAja adalah platform yang dapat mengelola pengiriman paket dengan cara COD dan Non-COD melalui berbagai ekspedisi.

Melalui aplikasi KiriminAja, Anda bisa mendapatkan diskon 25% pengiriman ke konsumen, sehingga dapat menghemat biaya ongkir mereka.

Bukan hanya itu, banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini. Seperti:

  1. Layanan yang terintegrasi dengan Dashboard, API, Mobile, sehingga dapat memonitoring barang lebih mudah.
  2. Memiliki ekspedisi terpercaya dan aman.
  3. Dapat melaporkan histori perjalanan paket secara aktual.
  4. Layanan pihak ekspedisi tersedia setiap hari dari jam 09.00 – 23.00.
  5. Aplikasi user-friendly dapat digunakan dengan mudah.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi KiriminAja? Mari, segera download aplikasinya di Google Play Store atau pelajari lebih lengkap di Info Aplikasi KiriminAja

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Tags No tags.
Bagikan