Strategi Promosi Adalah Mengoptimasi Audiens untuk Sadar dan Membeli

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Tujuan strategi promosi

Strategi promosi adalah sejumlah taktik, cara, dan langkah yang harus ditempuh untuk bisa mencapai tujuan dari promosi itu sendiri.

Tujuan strategi promosi yang paling krusial adalah untuk meningkatkan penjualan. Karenanya, strategi promosi tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus melalui berbagai tahap terlebih dahulu.

Promosi adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Promosi dilakukan dengan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli yang mencakup pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi.

Kami sudah menyiapkan penjelasan komprehensif soal apa itu promosi dan bagaimana praktik efektifnya untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Cukup klik tautan tersebut untuk memahami detail promosi yang integral dengan penjelasan di artikel ini.

Anda pasti cukup lumrah dengan strategi promosi dan berbagai praktiknya di lapangan. Karena bagaimanapun juga dalam sebuah penjualan produk diperlukan strategi promosi. Berbagai strategi promosi dilakukan dengan tujuan untuk apa? Lalu bagaimana menyusun strategi yang baik? 

Sebagai partner seller online, KiriminAja akan mendukung dengan memberi penjelasan lebih lanjut tentang taktik promosi. 

KiriminAja percaya Anda adalah bagian penting dari ekosistem UMKM yang membantu lingkungan sekitar dan Indonesia selamat dari resesi.

Karena itulah, KiriminAja membahas berbagai informasi dan strategi promosi agar penjualan produk Anda makin meningkat. Yuk…

Strategi Promosi Adalah Muara Menuju Penjualan Produk

Setiap strategi promosi memiliki tujuan yang berbeda-beda. Artinya, strategi promosi dalam meningkatkan penjualan bisa memiliki banyak tujuan, fungsi, bentuk, dan cara. Karenanya, Anda bisa mulai memahami beberapa poin tujuan dan fungsi strategi promosi di bawah ini:

Meningkatkan Volume

Strategi promosi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek suatu perusahaan adalah meningkatkan volume/kapasitas/paket penjualan.

Contohnya promosi yang bertujuan untuk menghabiskan stok lama maupun memenuhi stok yang ada di tingkat pengecer sebelum kompetitor memperkenalkan produknya.

Strategi ini bisa membuat pembeli marginal datang membeli produk yang ditawarkan. Pembeli marjinal sendiri adalah pembeli yang datang ketika suatu produk maupun jasa sedang dalam masa promosi saja.

Dengan menerapkan strategi ini, maka bisa menggiring pembeli marginal menjadi pembeli setia, asalkan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meningkatkan Pembeli Coba-Coba

Tujuan lain strategi promosi adalah membuat pembeli potensial datang untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Pembeli potensial ini sering juga disebut sebagai pembeli coba-coba.

Biasanya, pembeli potensial tidak akan membeli produk dalam jumlah yang besar sebelum tahu kualitas dan harga dari produk pesaing di pasaran.

Salah satu contoh strategi promosi dari meningkatkan pembeli coba coba adalah dengan memberikan sampel gratis maupun kupon untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan manfaat tambahan sehingga produk terlihat superior dibanding milik kompetitor.

Memberikan manfaat finansial jangka pendek seperti angsuran pembelian tanpa bunga juga perlu dicoba.

Meningkatkan Pembelian Ulang

Salah satu strategi dalam dunia promosi yaitu pembelian kembali oleh konsumen setia. Karena itulah memberikan treatment spesial ke konsumen setia adalah hal wajib yang dilakukan berbagai bisnis.

Praktik pembelian kembali bisa digunakan untuk bersaing saat momen peluncuran produk kompetitor dan membuat pelanggan terbiasa menggunakan produk dari Anda.

Contoh sederhana praktik pembelian kembali yaitu memberikan kupon ke pelanggan yang berisi potongan harga bagi pembelian selanjutnya.

Selain itu bisa juga menggunakan cara promosi beli tiga gratis satu atau 10 kupon gratis satu. Cara-cara ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pembelian ulang terhadap produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Loyalitas

Dengan menerapkan strategi promosi, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan ke produk atau bisnis Anda.

Pelanggan tidak akan lari dan tertarik terhadap produk kompetitor karena sudah terbiasa mendapatkan keuntungan dan kebaikan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Memperluas Kegunaan

Ketika kegunaan awal sebuah produk maupun jasa mulai menghilang, maka pemilik usaha atau jasa harus mulai memperluas kegunaan dari produk dan jasa tersebut. 

Sebagai contoh, layanan jasa yang sebelumnya hanya mengantar penumpang kini ditambah fungsinya juga sebagai layanan antar jemput anak sekolah menggunakan taksi motornya.

Strategi Promosi yang Bisa Diterapkan

Untuk mewujudkan tujuan dan fungsi tersebut di atas, maka diperlukan upaya konkrit yang strategis. 

Berikut ini sejumlah langkah menyusun strategi promosi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan, antara lain:

Pemasaran Social Media

Perkembangan internet di dunia membuat sosial media digunakan sebagai salah satu sarana untuk melakukan promosi terkait usaha yang dijalankan.

Terdapat banyak sekali fitur yang tersedia di sosial media akan sangat mendukung untuk memasarkan bisnis.

Media sosial yang seringkali menjadi pilihan untuk mengiklankan produk adalah Instagram.

Strategi promosi produk di Instagram sudah jadi hal lumrah saat ini. Bahkan, Instagram sendiri juga memberi ruang khusus untuk berpromosi dan berjualan di platformnya. 

Tidak hanya itu, penggunaan tagar pada Instagram juga mampu menjaring konsumen baru. Sosial media membuat pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

Membuat Website

Tidak hanya sosial media, namun bisa juga dengan membuat website tentu menjadi strategi pemasaran yang tepat saat ini.

Website membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional. Pembuatan website bertujuan untuk membuat usaha atau bisnis dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google.

Penjualan Melalui Marketplace

Pandemi membuat kemunculan marketplace menjadi sangat pesat. Tidak hanya satu, namun terdapat puluhan bahkan ratusan marketplace yang berkembang di Indonesia. 

Setiap marketplace tentu saja memiliki fitur yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Marketplace bisa menjadi sarana pemasaran yang tepat karena bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.

Sebagai contoh, seseorang memiliki bisnis jual beli motor, maka motor kemudian dipasarkan di marketplace dan masuk kategori motor. Dengan memasarkan produk dan jasa sesuai kategori maka akan lebih mudah orang untuk mencarinya.

Agar Anda bisa mengerti praktik pemasaran di marketplace dan medsos, KiriminAja menyediakan rangkuman spesial.

Pemaparan KiriminAja soal bagaimana praktik pemasaran produk di medsos dan marketplace ini perlu Anda baca untuk memahami praktik marketing lebih lanjut.

Anda hanya perlu klik tautan di atas, membaca, dan mulai praktik sedikit demi sedikit.

Membuat Video Promosi Melalui Youtube

Sebagai platform yang menyediakan berbagai konten video dengan beragam kategori, youtube menjadi sarana yang untuk mempromosikan produk. Hal ini tentu saja karena video akan jauh lebih menarik perhatian orang lain jika dibandingkan dengan teks.

Strategi promosi dengan menggunakan youtube bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan masih banyak lagi. Yang paling penting adalah bagaimana video tersebut dapat menarik perhatian orang lain untuk mencoba jasa dan produk tersebut.

Pemasaran Dengan Menggunakan Meme

Seperti yang sudah disebutkan di awal, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah. 

Bagi Anda pelaku bisnis, pernahkah memasarkan produk dengan menggunakan meme? Apabila usaha tersebut ditujukan ke kalangan muda, mungkin akan lebih mudah diterima jika menggunakan meme.

Konsep promosi penjualan dengan meme ini secara perlahan mulai digunakan banyak bisnis untuk menarik perhatian audiens.

Promosi produk menggunakan meme akan lebih mudah tersebar mengingat banyak sekali akun media sosial yang menyajikan meme kepada pengikutnya.

Endorsement Kepada Selebgram

Salah satu strategi dalam promosi dunia yaitu menggandeng selebgram/KOL/influencer. Harus diakui, para selebgram sangat memudahkan pebisnis mengembangkan usahanya. 

Para selebgram ini biasanya dibayar untuk melakukan endorsement terhadap produk atau jasa tersebut.

Selebgram biasanya dihubungi melalui DM instagram untuk menanyakan secara langsung mengenai harga endorsement.

Dengan adanya paid promote atau endorsement ini maka akan membuat usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram dengan followers-nya yang tidak sedikit.

Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Meskipun perkembangan internet semakin mendunia, dan banyak hal bisa dilakukan melalui internet, namun tidak membuat cara lama ini tenggelam begitu saja.

Di jalan raya sendiri, tentu saja banyak ditemukan spanduk menarik yang bisa membuat orang yang melihatnya merasa takjub dan tertarik dengan spanduk tersebut.

Cara ini bisa dicoba untuk mempromosikan produk karena tidak semua kalangan bisa lihai menggunakan internet. Bagi orang paruh baya mungkin intensitas penggunaan internet tidak akan seperti kalangan anak muda.

Kesimpulan yang bisa ditarik yaitu strategi promosi sendiri bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan beberapa cara seperti yang sudah disebutkan di atas.

Ada banyak contoh strategi promosi di atas yang bisa Anda lihat di kehidupan sehari-hari. 

Sayangnya, walau tidak selalu mendapatkan respon positif saat itu juga, namun setidaknya dengan menerapkan strategi ini produk Anda akan semakin dikenal.

Untuk itu, KiriminAja sudah menyiapkan rangkuman khusus yang membahas berbagai cara promosi yang menarik konsumen dengan lebih detail dan lebih banyak

Dengan klik tautan di atas, Anda akan mendapatkan uraian panjang lebar yang bisa langsung dipraktikkan ke bisnis.

Dengan semakin terkenalnya produk anda makan akan semakin banyak juga orderan yang akan diterima. Nah, udah kebayang belum kayak apa ribetnya? Belum lagi jika customer minta pembayaran COD dengan alasan ingin melihat produk terlebih dahulu.

Tapi tenang, saat ini ada yang namanya KiriminAja. Dengan dashboard KiriminAja, Anda akan mendapat layanan multi ekspedisi.

Artinya, akan ada banyak layanan bagi seller online untuk mempermudah pengiriman, dengan berbagai fitur yang ada. Mulai dari bebas pilih ekspedisi, bisa bayar COD, dan request pickup tanpa syarat. 

Yuk pakai KiriminAja sebagai bagian dari strategi promosi Anda. KiriminAja akan mempermudah praktik pengiriman paket, membuat cash flow aman, dan menjaga hati tetap tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.