Strategi Promosi Ini Dijamin Bisa Meningkatkan Penjualan

Updated September 28, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Strategi Promosi Ini Dijamin Bisa Meningkatkan Penjualan

Promosi sendiri adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Promosi dilakukan dengan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli yang mencakup pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi.

Sedangkan strategi promosi adalah cara dan langkah yang harus ditempuh untuk bisa mencapai tujuan dari promosi itu sendiri. Strategi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus melalui berbagai tahap terlebih dahulu.

Tujuan Strategi Promosi Dalam Penjualan Produk

Setiap hal yang dilakukan untuk kelangsungan suatu bisnis atau usaha tentu memiliki tujuan yang baik. Berikut beberapa tujuan dari strategi ini, diantaranya :

  1. Meningkatkan Volume

Strategi ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek bisnis yang sedang dijalankan. Contohnya promosi yang bertujuan untuk menghabiskan stok lama maupun memenuhi stok yang ada di tingkat pengecer sebelum kompetitor memperkenalkan produknya.

Strategi ini bisa membuat pembeli marjinal datang membeli produk yang ditawarkan. Pembeli marginal sendiri adalah pembeli yang datang ketika suatu produk maupun jasa sedang dalam masa promosi saja. Dengan menerapkan strategi ini, maka bisa menggiring pembeli marginal menjadi pembeli setia, asalkan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Meningkatkan Pembeli Coba-Coba

Tujuan selanjutnya dari strategi ini adalah membuat pembeli potensial datang untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya mereka tidak akan membeli produk dalam jumlah yang besar sebelum tahu kualitas dan harga dari produk pesaing di pasaran.

Strategi ini bisa dilakukan dengan memberikan sampel gratis maupun kupon untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu juga bisa memberikan manfaat tambahan sehingga produk terlihat superior dibanding milik kompetitor. Memberikan manfaat finansial jangka pendek seperti angsuran pembelian tanpa bunga juga perlu dicoba.

  1. Meningkatkan Pembelian Ulang

Promosi pembelian kembali juga bisa digunakan untuk bersaing dengan peluncuran produk kompetitor dan membuat pelanggan terbiasa menggunakan produk dari Anda. Untuk melakukannya bisa menggunakan cara efektif seperti memberikan kupon kepada pelanggan yang berisi potongan harga bagi pembelian selanjutnya.

Selain itu bisa juga menggunakan cara promosi beli tiga gratis satu atau 10 kupon gratis satu. Cara-cara ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pembelian ulang terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Meningkatkan Loyalitas

Dengan menerapkan strategi ini maka diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Pelanggan tidak akan lari dan tertarik  terhadap produk kompetitor karena sudah terbiasa mendapatkan keuntungan dan kebaikan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

  1. Memperluas Kegunaan

Ketika kegunaan awal sebuah produk maupun jasa mulai menghilang, maka pemilik usaha atau jasa harus mulai memperluas kegunaan dari produk dan jasa tersebut. Sebagai contoh, layanan jasa yang sebelumnya hanya mengantar penumpang kini ditambah fungsinya juga sebagai layanan antar jemput anak sekolah menggunakan taksi motornya.

Strategi Promosi Yang Bisa Diterapkan

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diperlukan upaya konkrit. Berikut ini beberapa strategi promosi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan, antara lain :

  1. Pemasaran Sosial Media

Perkembangan internet di dunia membuat sosial media digunakan sebagai salah satu sarana untuk melakukan promosi terkait usaha yang dijalankan. Terdapat banyak sekali fitur yang tersedia di sosial media akan sangat mendukung untuk memasarkan bisnis. Media sosial yang seringkali menjadi pilihan untuk mengiklankan produk adalah instagram.

Instagram sendiri sebenarnya dikhususkan untuk mengunggah foto dan video. Namun, meskipun begitu platform ini ternyata sangat baik untuk berbisnis. Tidak hanya itu, penggunaan tagar pada instagram juga mampu menjaring konsumen baru. Sosial media membuat pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

  1. Membuat Website

Tidak hanya sosial media, namun bisa juga dengan membuat website tentu menjadi strategi pemasaran yang tepat saat ini. Website membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional. Pembuatan website bertujuan untuk membuat usaha atau bisnis dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google.

  1. Penjualan Melalui Marketplace

Pandemi ini membuat kemunculan marketplace menjadi sangat pesat. Tidak hanya satu, namun terdapat puluhan bahkan ratusan marketplace yang berkembang di Indonesia. Setiap marketplace tentu saja memiliki fitur yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Marketplace bisa menjadi sarana pemasaran yang tepat karena bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.

Sebagai contoh, seseorang memiliki bisnis jual beli motor, maka motor kemudian dipasarkan di marketplace dan masuk kategori motor. Dengan memasarkan produk dan jasa sesuai kategori amka akan lebih mudah orang untuk mencarinya.

  1. Membuat Video Promosi Melalui Youtube

Sebagai platform yang menyediakan berbagai konten video dengan beragam kategori, youtube menjadi sarana yang untuk mempromosikan produk. Hal ini tentu saja karena video akan jauh lebih menarik perhatian orang lain jika dibandingkan dengan teks.

Strategi promosi dengan menggunakan youtube bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan masih banyak lagi. yang paling penting adalah bagaimana video tersebut dapat menarik perhatian orang lain untuk mencoba jasa dan produk tersebut.

  1. Pemasaran Dengan Menggunakan Meme

Seperti yang sudah disebutkan di awal, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah. Bagi Anda pelaku bisnis, pernahkah memasarkan produk dengan menggunakan meme? Apabila usaha tersebut disasarkan kepada kalangan muda, mungkin akan lebih mudah diterima jika menggunakan meme.

Strategi ini termasuk strategi yang kekinian dan mudah diingat oleh banyak orang. Promosi produk menggunakan meme akan lebih mudah tersebar mengingat banyak sekali akun media sosial yang menyajikan meme kepada pengikutnya.

  1. Endorsement Kepada Selebgram

Adanya para selebgram sangat memudahkan pebisnis mengembangkan usahanya. Hal ini tidak heran, karena kita sendiri pun tentu sering melihat unggahan dari selebgram yang mengiklankan suatu produk maupun jasa. Mereka biasanya dibayar untuk melakukan endorsement terhadap produk atau jasa tersebut.

Selebgram biasanya dihubungi melalui DM instagram untuk menanyakan secara langsung mengenai harga endorsement. Dengan adanya paid promote atau endorsement ini maka akan membuat usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram dengan folowersnya yang tidak sedikit tentunya.

  1. Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Meskipun perkembangan internet semakin mendunia, dan banyak hal bisa dilakukan melalui internet, namun tidak membuat cara lama ini tenggelam begitu saja. Di jalan raya sendiri, tentu saja banyak ditemukan spanduk menarik yang bisa membuat orang yang melihatnya merasa takjub dan tertarik dengan spanduk tersebut.

Cara ini bisa dicoba untuk mempromosikan produk karena tidak semua kalangan bisa lihai menggunakan internet. Bagi orang paruh baya mungkin intensitas penggunaan internet tidak akan seperti kalangan anak muda.

Kesimpulan yang bisa ditarik yaitu strategi promosi sendiri bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan beberapa cara seperti yang sudah disebutkan di atas. Walau tidak selalu mendapatkan respon positif saat itu juga, namun setidaknya dengan menerapkan strategi ini produk Anda akan semakin dikenal. Dengan semakin terkenalnya produk anda makan akan semakin banyak juga orderan yang akan diterima. Nah, udah kebayang belum kayak apa ribetnya? belum lagi jika customer minta pembayaran COD dengan alasan ingin melihat produk terlebih dahulu.

Tapi tenang, saat ini ada yang namanya KiriminAja. 1 Aplikasi multi ekspedisi yang dapat permudah pengirimanmu, dengan berbagai fitur yang ada, mulai dari bebas pilih ekspedisi, bisa bayar COD, dan request pickup tanpa syarat. 

Yuk Install Sekarang juga!

KiriminAja. Aplikasi multi ekspedisi, Permudah Kirimanmu!

 

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Bagikan