Gak Usah Risau, Yuk. Ini Dia Cara Bikin Foto Produk Anda Gemes & Unik

Roid Faruq
1 tahun lalu
Ecommerce
Background foto produk jualan

Saat berjualan online, foto produk yang bagus adalah kunci promosi. Tapi, background foto produk juga bisa menjadi senjata rahasia menarik minat konsumen.

Untuk menghasilkan foto produk yang bagus, Anda bisa saja menggunakan jasa fotografer andal. Akan tetapi, menghasilkan foto produk, sebenarnya, bisa dilakukan sendiri.

Iya, untuk menyiapkan foto jualan online yang bagus dan menarik konsumen, Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan kamera handphone. 

Tentu saja hal ini membutuhkan trik khusus agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

KiriminAja akan membahas bagaimana Anda perlu mengambil sudut pandang kamera, pencahayaan, bahkan background yang bagus untuk foto produk dengan detail di sini. Yuk, mari…

Trik Menyiapkan Foto Produk Jualan Online

Berikut ini adalah beberapa trik sederhana tapi efektif menghasilkan foto untuk jualan online yang menarik minat konsumen.

Menyiapkan Background Foto Produk

Trik pertama yang perlu Anda siapkan untuk melakukan foto produk adalah dengan menyiapkan background foto. Anda bisa memilih background foto dengan warna netral seperti putih.

Warna putih sering digunakan sebagai background foto produk karena memiliki kelebihan dalam menonjolkan sisi detail produk. Selain itu, background putih juga memberikan kesan cerah.

Akan tetapi, warna background yang bagus untuk foto produk tidak harus selalu putih. Anda bisa benget mengkreasikan background memiliki warna lain. Syarat warna background hanya di seberapa cocok/sesuai warna itu dengan produk yang akan difoto.

Menggunakan Model

Menggunakan model bisa Anda kombinasikan dengan background foto jualan online. Trik yang satu ini berlaku buat berbagai jenis bisnis, baik foto produk fashion, foto produk otomotif, foto produk furniture, dan lain sebagainya. 

Penggunaan model saat pengambilan foto produk bisa menjadi salah satu daya tarik konsumen yang melihat foto produk jualan Anda.

Produk yang terlihat pas di  model. Bisa membuat produk Anda memiliki nilai jual yang tinggi dan menarik. Dengan begitu, konsumen memiliki gambaran terkait produk fashion yang ingin dibeli.

Anda bisa meminta bantuan teman atau keluarga terdekat untuk dijadikan model foto produk fashion Anda.

Pencahayaan Cukup Terang

Trik menyiapkan foto produk selanjutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Pastikan Anda melakukan foto produk di tempat yang memiliki pencahayaan cukup terang.

Pencahayaan ini menjadi penentu utama hasil foto yang diambil. Anda bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk mendapatkan cahaya yang optimal.

Anda bisa memanfaatkan sinar matahari yang berasal dari jendela atau pintu yang terbuka. Nah, untuk menghindari foto dengan cahaya yang terlalu terang, maka pengambilan foto bisa dilakukan pada pukul 9 pagi atau 4 sore.

Akan tetapi jika terpaksa harus mengambil foto produk di dalam ruangan, maka pastikan Anda mencari ruangan yang terpapar sinar matahari. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan lampu tambahan untuk hasil yang maksimal.

Produk, cahaya, dan background jualan online harus selaras. Sehingga menghasilkan visual yang rapi, estetik, dan mampu merangsang konsumen.

Menentukan Tema Foto yang Sesuai

Selanjutnya, Anda bisa menentukan tema foto produk untuk memberikan hasil yang bagus dan menarik. Tema yang telah ditentukan juga harus sesuai dengan produk yang akan difoto. 

Jika tema sudah siap dengan matang, Anda bisa menyiapkan properti atau aksesoris yang sesuai dengan tema. Pastikan Anda tidak menggunakan aksesoris terlalu banyak agar perhatian konsumen tetap terfokus pada foto produk yang ditampilkan.

Pemilihan tema ini sangat berpengaruh ke banyak elemen, seperti intensitas cahaya yang dipakai, background foto produk, sudut pandang, atau kostum model.

Gunakan Pengaturan Kamera Hp yang Sesuai

Menyiapkan foto produk yang menarik saat ini bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan smartphone. 

Pada umumnya, setiap smartphone saat ini telah dibekali resolusi kamera di atas 5 megapiksel sehingga bisa mendapatkan kualitas gambar yang cukup baik.

Anda bisa mengatur kamera smartphone Anda bekerja dengan pengaturan resolusi tertinggi, ISO yang tepat, white balance yang sesuai, dan fitur pengaturan lainnya. 

Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda sehingga Anda perlu menyesuaikan agar sesuai keinginan. 

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk foto produk yang lebih mudah pengaturan dan operasionalnya.

Pengambilan Foto dari Beberapa Sudut (Angle)

Saat mengambil foto produk, pastikan Anda juga mengambil foto dari setiap sudut atau angle. 

Setiap sudut foto akan memberikan hasil yang berbeda-beda untuk menunjukkan setiap detail produk sehingga hal ini penting untuk diperhatikan.

Jika Anda akan melakukan foto produk skincare, maka Anda bisa mengambil foto pada model dari tampak depan, atas, samping kanan kiri, belakang, dan sisi-sisi lainnya. 

Begitupun dengan produk dan background untuk jualan online lainnya. Akan tetapi, jika Anda akan mengambil foto produk makanan, maka sudut foto yang bagus biasanya diambil dari atas.

Tidak Mengambil Foto dengan Teknik Zoom Gambar

Untuk mendapatkan hasil foto produk yang berkualitas bagus, hindarilah untuk mengambil foto dengan menggunakan fitur zoom gambar pada handphone Anda.

Zoom atau perbesaran ini justru akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga hasilnya pun kurang maksimal. 

Jadi, usahakan agar Anda mengambil foto dengan jarak yang cukup sehingga produk dapat memenuhi frame tanpa harus di zoom.

Selain itu, sisakan bagian kanan, kiri, atas, dan bawah pada foto sehingga tidak benar-benar melebihi frame handphone Anda. Hal ini nantinya bisa untuk berjaga-jaga jika Anda harus memotong hasil foto yang didapatkan.

Ketahui Waktu Jeda Memencet Shutter Lag dengan Saat Kamera Mengambil Foto

Setiap kamera handphone memiliki shutter lag atau waktu jeda antara saat Anda memencet shutter dan saat kamera mulai mengambil foto.

Anda harus memahami betul bagaimana kamera handphone sehingga Anda bisa menjaga agar tidak bergerak sesaat setelah menekan shutter.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan benda untuk bersandar seperti pohon atau tembok agar tangan Anda tetap stabil.

Mengoptimalkan Hasil Foto dengan Editing

Trik menyiapkan foto produk selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan hasil foto dengan proses editing. Anda bisa menggunakan aplikasi editing terbaik untuk membuat foto produk Anda lebih optimal.

Anda juga tidak ada salahnya menggunakan filter tertentu untuk foto produk, asalkan tetap dalam batas wajar atau tidak berlebihan. Hal ini nantinya justru dapat memanipulasi keadaan yang sesungguhnya dan berbeda jauh dari aslinya.

Proses editing foto produk yang dilakukan sebenarnya bertujuan untuk memperkuat kesan foto sehingga Anda cukup mengedit seperlunya saja, misalnya dengan menaikkan contrast dan brightness foto sehingga hasilnya tidak mengecewakan dan sesuai produk aslinya.

Menambahkan Watermark pada Foto Produk

Trik terakhir yang penting Anda lakukan dalam menyiapkan foto produk adalah dengan menambahkan watermark pada foto produknya.

Fungsinya adalah untuk menandai bahwa foto produk tersebut adalah milik Anda agar tidak mudah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam menambahkan watermark pada foto produk, Anda bisa menempatkannya di bagian tengah produk. Aturlah transparansinya agar tidak menutupi bagian utama foto produk Anda.

Agar lebih maksimal, Anda perlu mengenali lebih dalam mengenai hal tersebut. Maka dari itu kami menyediakan artikel yang membahas pengertian watermark hingga cara membuatnya di sini.

Bagaimana? Mudah kan menyiapkan foto produk sendiri untuk jualan online? Ya, hal ini bisa dilakukan untuk menambah nilai jual produk Anda saat dipromosikan melalui media sosial untuk menarik konsumen.

Selain foto produk yang menarik, Anda juga bisa menarik minat konsumen dengan kemudahan kirim paket untuk setiap pemesanan melalui sistem COD.

Saat ini kirim COD dapat dilakukan dengan mudah dari berbagai jasa ekspedisi terbaik melalui aplikasi KiriminAja. 

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mendapatkan diskon 25% untuk setiap pengiriman, lebih hemat bukan? Cobain deh pakai aplikasi KiriminAja biar dapat keuntungan sebanyak-banyaknya! Anda bisa unduh aplikasi Kirimin Aja di PlayStore atau AppStore.

Sekali lagi, mohon diingat bahwa pemilihan berbagai elemen di atas, seperti background foto produk, harus dipilih dengan pertimbangan keselarasan visualnya. Karena visual yang selaras adalah kunci konsumen tertarik dengan foto produk Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Roid Faruq
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.