11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Updated September 28, 2022 • Created 2 bulan yang lalu
11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Promosi merupakan sebuah langkah yang diambil penjual yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Banyak cara yang dilakukan oleh para pelaku bisnis seperti reseller untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Untuk itu dibutuhkan promo yang menarik agar para konsumen tertarik membeli produk Anda sehingga penjualan pun meningkat.

Memberikan promo yang menarik bisa menjadi solusi jitu untuk mengenalkan produk hingga menarik minat konsumen. Berikut ada beberapa ide kreatif yang bisa Anda coba untuk mempromosikan produknya :

1. Diskon atau potongan harga

Diskon atau potongan harga adalah salah satu ide promo menarik yang biasa dimanfaatkan reseller untuk meningkatkan penjualannya.

Dengan memberikan potongan harga yang besar di antara kompetitor, pastikan Anda tidak mengorbankan profit atau keuntungan yang seharusnya didapatkan.

Untuk itu, Anda perlu menyiasati hal ini agar memberikan efek yang bagus bagi target pasar dengan tetap tidak memotong profit terlalu besar.

Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan harga minus satu untuk potongan harga yang diberikan. Hal ini terkesan memberikan kesan murah karena nilai digit awalnya berubah, misalnya dari harga normal 100.000, diskon menjadi 89.999.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan potongan harga untuk pembelian di hari-hari tertentu, misalnya untuk Hari Kemerdekaan, Anda memberikan diskon 17% untuk setiap pembelian 3 produk atau lainnya.

2. Promo reseller dan dropshipper

Promo yang menarik tidak hanya ditujukan kepada konsumen Anda tetapi juga bisa digunakan untuk mencari reseller dan dropshipper bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan harga khusus untuk para reseller dan dropshipper.

Dengan begitu, mereka juga bisa mengambil keuntungan dari produk yang dijual sedangkan pemasaran Anda akan semakin luas dan dapat meningkatkan omzet penjualan.

3. Mengadakan giveaway

Promo yang menarik lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan minat konsumen adalah dengan mengadakan giveaway. Hal ini juga bisa meningkatkan engagement atau semakin banyak dikenal masyarakat.

Dari mereka yang belum tahu sama sekali, akhirnya bisa mengetahui dan mengenal produk Anda melalui giveaway yang diikuti.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan tujuan apa yang ingin dicapai dalam mengadakan giveaway ini seperti jumlah like, jumlah followers, terjadinya pembelian, atau tujuan lainnya.

Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, Anda bisa memikirkan giveaway seperti apa yang ingin dibuat, bagaimana syarat dan ketentuannya, hingga berapa lama giveaway tersebut akan berlangsung.

Pastikan Anda juga telah menyiapkan hadiah menarik untuk pemenang giveaway yang telah berpartisipasi dan memenuhi syarat sebagai pemenang. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau media sosial lainnya untuk mengadakan promo yang satu ini.

4. Memberikan free trial

Promo yang bisa menarik konsumen tidak hanya yang memberikan diskon atau potongan harga saja, lho! Anda juga bisa memberikan free trial atau sampel kepada para konsumen Anda.

Ide promo ini bisa digunakan oleh Anda yang menjalankan bisnis cemilan, produk digital, jasa les, atau lainnya. Dengan memberikan promo ini, calon konsumen Anda pun bisa merasakan secara langsung bagaimana keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan feedback dari mereka, testing market, hingga dapat meningkatkan omzet penjualan Anda.

5. Buy 1 Get 1 Free

Senjata promo yang satu ini sebenarnya cukup ampuh untuk menarik konsumen melakukan pembelian. Bahkan tak jarang stok produk menjadi ludes diburu oleh para konsumen yang tergiur dengan promo yang diberikan.

Hal ini bisa menguntungkan Anda sebagai pebisnis karena nantinya para konsumen akan membeli 2 produk sekaligus sehingga produk Anda mudah dikenal dan dijangkau masyarakat luas.

6. Kode promo atau kode voucher

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, tentu saja bisa memberikan promo yang menarik untuk para konsumen Anda. Nah, Anda bisa memberikan kode promo atau kode voucher tertentu untuk menarik perhatian konsumen.

Dengan syarat dan ketentuan yang Anda buat, Anda bisa memberikan kode promo atau kode voucher tertentu yang harus dimasukkan oleh konsumen saat pembelian menggunakan marketplace.

Selain dapat menguntungkan konsumen Anda, hal ini juga dapat menguntungkan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan produk.

7. Paket Bundling atau Paket hemat

Produk yang dijual secara paket atau bundle juga bisa menarik konsumen untuk membeli produk Anda. Hal ini sebenarnya bisa mengurangi biaya pemasaran dan distribusi pagi penjualnya. Meskipun profit yang didapatkan sedikit berkurang karena Anda harus menjual produk lebih dari 1 secara langsung.

Para konsumen Anda juga bisa mendapatkan keuntungan melalui promo ini karena dengan 1 kali pembelian bisa mendapatkan 2 produk sekaligus. Bahkan sebagian lagi menganggap bahwa promo bundling ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satuan.

Promo ini bisa berlaku pada pembelian produk apapun, termasuk makanan, minuman, fashion, dan lainnya.

8. Harga grosir

Ide promo menarik yang satu ini juga bisa Anda coba untuk menarik minat konsumen terhadap produk yang Anda jual. Dengan memberikan harga grosir, maka Anda bisa mendorong calon konsumen untuk berbelanja lebih banyak.

Misalnya saja Anda memberikan harga grosir untuk pembelian produk mulai dari 3 pcs atau lebih. Dengan demikian, konsumen akan menghemat beberapa rupiah untuk mendapatkan 3 produk sekaligus.

9. Free gift atau bonus

Setiap pelaku bisnis tentunya memiliki ide kreatif lainnya yang bisa menguntungkan penjualan. Salah satu promo menarik yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan free gift atau bonus untuk setiap pembelian.

Memberikan bonus kepada konsumen dengan cara ini dapat dijadikan sebagai sales promotion serta dapat meningkatkan brand loyalty Anda.

Dengan memberikan bonus yang tidak memakan biaya besar tetapi bernilai bagi konsumen Anda. Bahkan Anda bisa menambahkan logo brand pada bonus yang Anda berikan kepada konsumen, misalnya kalender, gantungan kunci, gelas, kaos, dan lainnya.

10. Gratis ongkir

Promo lain yang tak kalah menarik adalah dengan memberikan gratis ongkir kepada konsumen Anda. Pastinya, konsumen akan sangat tergiur dengan nama promo yang satu ini.

Meskipun demikian, pastikan terlebih dahulu wilayah mana saja yang bisa mendapatkan promo gratis ongkir tersebut agar biaya pengiriman tidak melebihi profit yang Anda dapatkan.

Anda bisa memberikan syarat dan ketentuan khusus untuk pembelian dengan gratis ongkir, misalnya saja memberikan syarat minimal order untuk setiap kali pembelian dengan promo gratis ongkir. Jika konsumen tidak memenuhi syarat, maka promo ini tidak berlaku baginya.

11. Pengiriman Sistem COD

Selain memberikan promo yang menarik seperti gratis ongkir di atas, Anda juga bisa memberikan promo berupa pengiriman melalui sistem COD kepada para konsumen.

Hal ini bisa berlaku bagi Anda yang menjalankan bisnis secara online. Dengan kirim paket melalui sistem COD, maka konsumen Anda tidak perlu melakukan transfer pembayaran untuk produk yang dibeli karena pembayaran akan dilakukan setelah barang sampai di tangan konsumen.

Bahkan saat ini kirim COD dapat dilakukan dengan mudah dari berbagai jasa ekspedisi terbaik melalui aplikasi KiriminAja. Melalui aplikasi ini, konsumen Anda juga bisa mendapatkan diskon 25% untuk setiap pengiriman.


Beberapa ide promo yang menarik di atas bisa menjadi referensi tersendiri bagi Anda yang menjalankan bisnis secara online maupun offline. Pastikan Anda mem mengoptimalkan setiap promo yang dibuat agar mendapatkan hasil yang sesuai.

Bagi Anda yang ingin menjalankan promo pengiriman sistem COD seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi KiriminAja, lho! Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti :

  1. Layanan yang terintegrasi dengan Dashboard, API, dan Mobile
  2. Memiliki ekspedisi terpercaya dan aman
  3. Dapat melaporkan histori perjalanan paket secara aktual
  4. Layanan pihak ekspedisi tersedia setiap hari dari jam 09.00 – 23.00
  5. Aplikasi user-friendly dapat digunakan dengan mudah.

Yuk, segera gunakan aplikasi KiriminAja dan dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya! Dapatkan aplikasi KiriminAja melalui Play Store dan dapatkan info selengkapnya di sini.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  3. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  4. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
  5. 10 Trik Menyiapkan Foto Produk untuk Jualan Online dengan HP
Roid Faruq
Author
Roid Faruq
Tags No tags.
Bagikan