9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan

Updated September 28, 2022 • Created 2 bulan yang lalu
9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan

Meskipun memulai bisnis skincare sebagai reseller, tentu saja Anda tetap harus memperhatikan packing produk yang akan dikirimkan kepada konsumen. packing produk yang berkualitas dapat memudahkan brand awareness kepada konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Tips Packing Produk yang Berkualitas dan Menarik Minat Konsumen

Sebagai pebisnis online, pengiriman menjadi salah satu hal yang penting dalam proses jual beli online. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kondisi barang yang nantinya diterima oleh konsumen Anda.

Jika nantinya konsumen Anda menerima barang yang dipesan dalam kondisi kurang baik atau rusak, maka hal ini akan berpengaruh terhadap reputasi dan kepuasan konsumen Anda.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips jitu untuk packing produk yang berkualitas dan menarik konsumen sebagaimana berikut ini!

1. Memperhatikan barang yang akan dikirim terlebih dahulu

Hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan packing produk adalah dengan memperhatikan jenis barang yang akan dikirim.

Hal ini karena setiap produk yang dikirim membutuhkan cara packing yang berbeda-beda, terlebih jika Anda menjalankan bisnis skincare.

Setiap jenis skincare memiliki kemasan yang berbeda-beda, mulai dari botol kaca, plastik, botol spray, atau material lainnya. Tentu saja hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap bagaimana cara yang tepat untuk membungkusnya sebelum dikirim ke konsumen Anda.  

Setelah itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran produk tersebut sehingga Anda bisa memberikan packing yang sesuai dengan ukurannya.

2. Sediakan peralatan packing yang dibutuhkan

Setelah Anda mengenali material produk yang akan dipacking, maka Anda bisa menyiapkan peralatan packing yang sesuai.

Beberapa peralatan packing yang biasa digunakan adalah :

Amplop

Amplop biasanya digunakan untuk packing produk seperti kertas atau dokumen.

Akan tetapi Anda juga bisa memanfaatkan amplop sebagai alat packing skincare Anda, seperti halnya untuk packing masker wajah yang berbentuk sachet.  

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa amplop yang digunakan untuk packing juga dilapisi plastik dari pihak ekspedisi agar tidak basah.

Bubble wrap

Sebagai pebisnis online, Anda tentu tidak asing dengan peralatan packing yang satu ini bukan?

Bubble wrap biasanya digunakan untuk packing produk seperti skincare yang terbuat dari bahan plastik, botol kaca, botol spray atau lainnya.

Ya, bubble wrap merupakan plastik berisi gelembung yang bisa melindungi produk dari tekanan selama pengiriman.

Hal ini membuat bubble wrap sering dijadikan sebagai penahan produk di bagian dalam sebelum dimasukkan ke dalam kardus atau karton.

Kardus atau karton

Peralatan packing lainnya yang biasa digunakan untuk packing produk skincare adalah kardus atau karton.

Anda bisa menyesuaikan ukuran dan ketebalan kardus sesuai dengan produk yang ingin Anda packing agar tidak menyisakan ruang kosong.

Semakin tebal bahan kardus yang Anda gunakan, maka semakin tinggi pula tingkat keamananya.

Jenis kardus atau karton yang biasa digunakan untuk packing skincare adalah kardus berbahan corrugated paper maupun yellow board.

Kardus berbahan corrugated paper adalah salah satu jenis karton yang bergelombang dan biasa dijadikan untuk packing atau kemasan distribusi. Anda bisa menggunakan karton jenis ini untuk packing produk skincare yang Anda jual.

Sementara itu, yellow board merupakan jenis karton yang lebih tebal dan eksklusif. Biasanya kardus jenis ini digunakan untuk untuk gift box.

Anda juga bisa menggunakan kemasan ini agar produk yang Anda jual memiliki nilai jual tinggi.

Lakban atau selotip

Packing produk pasti membutuhkan lakban atau selotip sebagai alat perekat.

Jadi, Anda bisa menggunakan lakban atau selotip untuk merekatkan kertas, kardus, atau bubble wrap yang Anda gunakan untuk packing.

Selotip atau stiker khusus

Selain selotip polos, Anda juga bisa menyiapkan selotip khusus untuk merekatkan kardus pada produk yang mudah pecah, seperti stiker barang pecah belah, stiker yang menunjukkan bagian atas produk, dan stiker jangan ditumpuk

Hal ini bisa menjadi penanda bahwa produk yang dikirimkan harus ditangani dengan hati-hati agar tidak mengalami kerusakan, seperti halnya produk skincare.

3. Packing produk secara berlapis

Tips selanjutnya adalah dengan membungkus produk secara berlapis, terutama pada produk dengan material yang mudah pecah, berupa cairan, atau lainnya. Hal ini dilakukan untuk meredam benturan dan meminimalisasi kerusakan pada produk yang hendak dikirimkan.

Seperti halnya sebelum packing skincare yang kemasannya mudah pecah atau rusak, maka Anda perlu melapisi setiap produk dengan menggunakan bubble wrap.

Bahkan jika Anda akan mengirimkan beberapa produk dalam satu kardus, maka Anda harus memberikan lapisan bubble wrap pada setiap produk yang akan Anda kirimkan tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan kardus untuk melindungi produk di bagian luar. Kemudian, bagian ruang yang kosong bisa diberikan tambahan serutan kertas warna-warni untuk menambahkan keamanan sekaligus mempercantik kemasan.  

4. Bungkus paket dengan rapi dan rapat

Tips selanjutnya adalah membungkus paket dengan rapi dan rapat agar tidak ada sisi yang terbuka selama proses pengiriman.

Jika produk yang dipacking tidak tertutup dengan sempurna, maka bisa menimbulkan paket terbuka hingga menimbulkan kerusakan.

Jadi, penggunaan lakban atau isolasi yang kuat bisa menjadi salah satu upaya untuk mempererat kardus yang digunakan untuk membungkus produk.

5. Menyertakan nama dan alamat penerima yang jelas

Tips berikutnya adalah menyertakan nama dan alamat penerima dengan jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pihak ekspedisi pengiriman untuk mengantarkan paket ke alamat yang dituju.

Selain itu, pastikan Anda menyertakan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi agar pengiriman tidak terhambat. Pasalnya, pengiriman yang terhambat justru bisa dikembalikan kembali kepada Anda sebagai penjual.

6. Menyelipkan pesan sederhana untuk customer

Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa menambahkan pesan sederhana. lho!

Pesan sederhana ini bisa berupa pesan personal, ucapan terima kasih, hingga quote untuk konsumen yang telah memesan produk skincare kepada Anda.

Jadi, cukup dengan menyusun kalimat sederhana yang bisa membuat pelanggan Anda terkesima dan kagum saat membuka paket yang diterima.

Hal ini nantinya bisa membangun kedekatan dan kepercayaan pelanggan dengan Anda serta menambah nilai jual produk Anda.

Selain itu, cara ini juga bisa meningkatkan penilaian konsumen terhadap pelayanan yang Anda berikan sebagai pebisnis online. Bahkan, konsumen juga bisa merekomendasikan orang lain untuk berbelanja skincare melalui toko online Anda.

7. Memberikan free gift untuk pembelian dalam jumlah tertentu atau kepada pelanggan setia

Tips packing produk berkualitas selanjutnya yang bisa menambah daya tarik konsumen terhadap toko online Anda adalah dengan memberikan free gift atau bonus tertentu kepada konsumen setia atau konsumen yang membeli produk dalam jumlah banyak.

Gift atau bonus yang bisa Anda berikan bisa berupa masker wajah, mangkok dan kuas masker, kaos kaki, voucher diskon, atau bonus menarik lainnya yang memiliki nilai guna.

Selain membuat konsumen Anda semakin berkesan, pemberian gift ini juga bisa menambah minat konsumen untuk berbelanja di toko online Anda.

8. Menempelkan stiker khusus pada paket yang akan dikirimkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu peralatan packing yang wajib Anda miliki sebagai pebisnis skincare online adalah stiker berlabel khusus.

Striker ini nantinya bisa Anda tempelkan di bagian karton atau kardus yang digunakan untuk packing.

Pastikan ukuran stiker terlihat jelas agar jasa pengiriman yang bertugas mengirimkan paket bisa memperlakukannya dengan hati-hati.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa stiker yang Anda tempelkan juga kedap air ya, agar tidak luntur saat terkena air.

9. Pilih jasa pengiriman terpercaya

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan memilih jasa pengiriman terpercaya untuk setiap pengiriman paket Anda.

Tanpa jasa pengiriman terpercaya, maka sebagus apapun packing yang Anda siapkan, tentu saja hasilnya belum tentu seperti yang diharapkan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang bisa Anda andalkan serta menjamin produk yang dikirimkan sampai di tangan konsumen dengan aman.

Nah, untuk mendapatkan jasa pengiriman terbaik, maka Anda bisa mengandalkan KiriminAja sebagai aplikasi yang tepat untuk mendapatkan jasa pengiriman terbaik dengan kualitas unggul.

Melalui KiriminAja, Anda bisa memberikan layanan kirim paket melalui sistem COD atau sistem pembayaran produk setelah pesanan diterima.


Saat ini, kemudahan kirim COD dapat dilakukan melalui berbagai jasa ekspedisi terbaik melalui aplikasi KiriminAja. Melalui aplikasi ini, konsumen Anda juga bisa mendapatkan diskon 25% untuk setiap pengiriman sehingga lebih hemat dari harga normal.

Jadi, selain menyiapkan packing produk yang berkualitas, Anda juga sekaligus bisa memberikan layanan yang berkualitas untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen Anda.

Segera gunakan aplikasi KiriminAja dan dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya sekarang juga! Dapatkan aplikasi KiriminAja melalui Play Store dan dapatkan info selengkapnya di sini. PakaiKiriminAja, Bebas Pilih Ekspedisi, Permudah Kirimanmu.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 10 Trik Menyiapkan Foto Produk untuk Jualan Online dengan HP
Roid Faruq
Author
Roid Faruq
Tags No tags.
Bagikan