Alokasi Biaya: Gambaran Umum, Jenis Biaya, & Praktik di Bisnis Online

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Metode alokasi biaya bersama

Alokasi biaya adalah hal yang tidak bisa dilewatkan dalam sebuah bisnis. Sebab alokasi biaya bisa berfungsi membantu manajemen keuangan dalam pengambilan keputusan.

Alokasi biaya banyak digunakan di perusahaan untuk mempermudah penggolongan biaya yang ada.

Untuk lebih memahami mengenai alokasi biaya dalam bisnis ini, KiriminAja menyajikan pembahasan lengkapnya di sini. So, pastikan membacanya sampai selesai ya.

Pengertian dan Fungsi Alokasi Biaya

Alokasi biaya adalah proses pembagian beberapa cost ke dalam beberapa kategori atau golongan dengan tujuan perencanaan, pengendalian dan pengukuran kinerja perusahaan atau bisnis.

Dari pengertian di atas, bisa kita pahami jika alokasi biaya merupakan penggolongan beberapa jenis biaya ke dalam kategori yang sama. 

Selain itu, alokasi biaya berfungsi juga untuk mengendalikan arus kas atau keuangan perusahaan. Alokasi biaya juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagaimana keseluruhan kinerja perusahaan yang berjalan.

Tujuan alokasi biaya adalah untuk mendukung manajemen mengambil keputusan dan mengevaluasi kinerja operasional.

Tidak hanya sebagai alat ukur kinerja, alokasi biaya juga bisa digunakan untuk menentukan harga jual produk atau jasa, mengukur efisiensi operasional, dan menentukan titik impas dari harga.

Apa Itu Allocation Rate?

Dalam alokasi biaya, terdapat allocation rate, yatu rasio atau proporsi yang digunakan dalam proses alokasi biaya.

Allocation rate digunakan untuk menentukan bagian dari suatu biaya yang harus dibebankan pada sebuah produk atau jasa.

Allocation rate ditentukan dengan menggunakan kriteria tertentu, seperti berapa volume produksi, jumlah karyawan, atau jumlah unit jasa yang diberikan.

Allocation rate bisa digunakan dalam berbagai metode alokasi biaya, misalnya metode alokasi biaya bersama. Allocation rate juga bisa digunakan dalam berbagai penerapan seperti perencanaan dan pengendalian biaya, membantu menentukan harga jual produk, pengukuran efisiensi operasi, dan penentuan titik impas.

Metode Alokasi Biaya Bersama

Ini adalah metode yang digunakan untuk mengalokasikan biaya yang dipakai bersama dari beberapa produk dan jasa.

Biaya bersama ini tidak dapat dikaitkan langsung dengan produk tertentu. Misalnya biaya sewa gedung yang digunakan beberapa unit produksi atau jasa dalam perusahaan.

Metode ini memerlukan informasi yang akurat. Sebab jika ada kesalahan dalam pengelompokan biaya bersama, maka bisa menyebabkan kesalahan dalam penentuan harga produk dan berpengaruh terhadap kinerja operasional.

Alokasi Biaya Departemen Pendukung

Alokasi biaya departemen pendukung adalah proses pembagian biaya yang dikeluarkan oleh departemen pendukung (seperti departemen keuangan, personel, atau pemasaran) kepada produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Departemen pendukung dalam perusahaan seringkali mengeluarkan biaya yang tidak bisa dikaitkan langsung dengan produk atau jasa tertentu, seperti biaya gaji karyawan, biaya sewa, atau biaya iklan.

Dalam alokasi biaya departemen pendukung, biaya-biaya tersebut dibagi kepada produk atau jasa yang benar-benar membutuhkan biaya tersebut.

Metode yang digunakan dalam alokasi biaya departemen pendukung bervariasi, tetapi beberapa metode yang populer adalah:

  • Metode Alokasi Biaya Bersama : Biaya dibagi dengan menggunakan kriteria yang sesuai, seperti volume produksi, jumlah karyawan, atau jumlah unit jasa yang diberikan.
  • Metode Activity-Based Costing (ABC): Biaya dibagi dengan menggunakan kriteria yang lebih spesifik, seperti aktivitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa.
  • Metode Alokasi Biaya Rata-rata: Biaya dibagi dengan jumlah produk atau jasa yang dihasilkan secara rata.

Alokasi biaya departemen pendukung digunakan untuk menentukan harga jual produk atau jasa, mengevaluasi kinerja operasional, dan dalam perencanaan dan pengendalian biaya.

Namun, metode alokasi biaya departemen pendukung memerlukan informasi yang cukup akurat tentang volume produksi atau jumlah unit jasa yang diberikan.

Karena kesalahan dalam mengalokasikan biaya dapat menyebabkan kesalahan dalam menentukan harga jual produk atau jasa dan dalam mengevaluasi kinerja operasional.

Manfaat Alokasi Biaya

Alokasi biaya ini mempunyai beberapa manfaat yang bisa dirasakan perusahaan seperti:

  • Memungkinkan perusahaan untuk menentukan harga jual yang tepat untuk produk atau jasa mereka
  • Membantu perusahaan dalam menentukan seberapa efisien suatu aktivitas atau produk dalam menggunakan sumber daya
  • Memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pengurangan biaya
  • Membantu dalam perencanaan dan pengendalian biaya
  • Memungkinkan perusahaan untuk menentukan laba yang diharapkan dari suatu produk atau jasa
  • Memudahkan bisnis dalam mengatur keuangan
  • Membuat bisnis lebih lancar
  • Memberikan transparansi yang jelas
  • Memudahkan identifikasi bisnis dan lainnya

Di atas itu adalah manfaat dari alokasi biaya. Jika Anda seorang pebisnis dan belum melakukan hal ini maka segera susun dan rencana alokasi biaya Anda.

Anda bisa memulainya dari hal kecil seperti pengelompokan biaya pengeluaran logistik meliputi harga beli bahan, ongkos kirim, biaya packing dan operasional pengiriman.

Jika sedang menjalankan bisnis online, Anda pasti tahu betapa pentingnya manajemen logistik yang efektif, harga terjangkau, dan efisien.

Apalagi jika dikaitkan dengan alokasi biaya, faktor logistik kadang memberikan kejutan biaya yang tak terduga dan mahal.

Karena itulah mengapa KiriminAja, manajemen jasa ekspedisi satu pintu, hadir untuk membantu mengelola ekspedisi paket jualan Anda dengan lebih mudah dan hemat biaya.

Karena berkolaborasi dengan berbagai jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengakses layanan kurir paket terbaik Indonesia melalui 1 pintu. 

Sehingga, aktivitas manajemen pengiriman paket Anda lebih efisien dan efektif. Artinya, Anda bisa lebih makin fokus ke bisnis utama.

Anda hanya cukup mendaftar gratis di dashboard KiriminAja. Kabar baiknya lagi, KiriminAja menawarkan dashboard yang mudah digunakan dan terintegrasi dengan berbagai layanan kurir terkemuka di Indonesia.

Jadi, jika Anda ingin mengelola logistik bisnis dengan lebih mudah dan hemat biaya, gunakan KiriminAja sebagai manajemen jasa ekspedisi satu pintu. 

KiriminAja akan membantu Anda membuat alokasi biaya yang tepat, sehingga #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Yuk, segera daftar sebagai anggota KiriminAja dan dapatkan akses ke berbagai fitur dan layanan manajemen jasa ekspedisi satu pintu.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.