Beriklan Secara Digital Menggunakan FB ads atau Google Ads?

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
126
Beriklan Secara Digital Menggunakan FB ads atau Google Ads?

Beriklan secara digital telah tersedia di beberapa paltform, mulai dari FB, Instagram, Google hingga TikTok pun tersedia. Pilihan beriklan yang sedang meenjamur saat ini adalah menggunakan FB Ads atau Google Ads. Sekilas mereka hampir memiliki kesamaan, namun ternyata mereka kelas yang berbeda.

Target pencarian audiens merupakan perbedaan besar antara FB Ads dan Google Ads target sasaran. Target pencarian audiens yang dituju oleh FB Ads adalah mereka yang memilki dasar ketertarikan atau interes pada suatu produk. Sedangkan target pencarian audiens yang dituju oleh Google Ads adalah mereka yang secara spesifik mencari sesuatu.

Didalam penggunaannya Facebook memberikan kebebasan untuk menarget audiens berdasarkan demografi, geografi dan ketertarikan. Sehingga iklan yang diluncurkan dapat mencapai target yang sesuai dan telah dipilih. FB Ads juga lebih cenderung meningkatkan brand awareness.

Berbeda dengan Google Ads, iklan yang muncul akan cenderung lebih relevan dengan apa yang target audiens cari. Dalam penggunaannya, iklan tersebut harus memiliki kata kunci pencarian dan audiens yang akan melihat iklan tersebut tidak dapat dikontrol. Google Ads lebih memiliki strategi pull marketing.

Lalu mana yang terbaik?

Semua kembali lagi kepada kebutuhan dan tujuan, sesuai dengan goals dari iklan tersebut. Facebook Ads dapat memberikan kekuatan viral dengan metode word of mouth dan social proof dengan adanya interaksi antar pengguna di laman facebook.

Yang perlu menjadi catatan penting adalah biaya yang dikeluarkan pun berbeda. Biaya Google Ads umumnya lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan saat menggunakan Facebook Ads. Namun berapa pun jumlah biaya yang diperlukan, tentunya akan menjadi sebanding dan layak jika hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.