Harga Pasang Iklan Facebook Ads 2023

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Harga Meta Ads FB dan IG

Harus diakui, platform media sosial milik Meta menawarkan peluang besar untuk berkomunikasi dengan calon konsumen potensial. Karenanya, Anda perlu tahu cara beriklan, harga Instagram Ads, serta harga Facebook Ads, serta bagaimana penerapan yang efektif untuk bertemu pelanggan baru.

Salah satu faktor utama pertimbangan beriklan di Instagram atau Facebook Ads  adalah biaya iklan. Biasanya biaya inilah yang harus melalui sebuah perencanaan yang disusun dengan penuh perhitungan.

Dengan Facebook yang eksis lebih lama, punya lebih banyak data, dan punya lebih banyak porsi iklan dibanding Instagram, ternyata, pada beberapa kasus, harga IG Ads lebih mahal dari FB Ads.

Akan tetapi, patokan harga tersebut masih bersifat tentatif. Sebab, kedua platform Meta menerapkan harga berbeda-beda tergantung pada sejumlah faktor unik yang dimiliki pengiklan.

Berapa Harga Instagram Ads Dibanding Harga Facebook Ads?

Jika sekarang Anda aktif berjualan di media sosial dan memiliki budget ketat, maka Anda perlu tahu secara detail biaya pasang iklan di Facebook.  Sehingga, Anda bisa menerapkan strategi iklan yang rasional dalam berbagai aspek perhitungan.

Sebelum lebih jauh membahas iklan di Meta, ada baiknya Anda menyadari dan mulai memiliki mindset bahwa tidak ada Facebook Ads gratis. 

Pasang Iklan di Facebook Bayar Berapa?

Sebenarnya, biaya iklan di Facebook Ads ditentukan oleh kita sendiri sebagai pemasang iklan. Sebagai patokan harga minimum, Anda bisa mendapat harga $1, atau sekitar Rp15.00 per hari.  

Harga tersebut bisa Anda tekan lagi dengan beberapa strategi beriklan yang tepat. Kabar baiknya, dengan update algoritma yang lebih baik, beriklan di Facebook dengan budget ketat pun masih memiliki efek lebih signifikan dari tahun sebelumnya.

Akan tetapi, yang patut Anda ketahui, traffic yang akan dihasilkan oleh iklan tergantung dari budget yang Anda siapkan. Artinya, semakin mahal harga pasang iklan di Facebook, maka makin tinggi pula traffic yang Anda dapatkan.

Sekedar masukan saja, jika Anda baru mulai memasang iklan di FB Ads, maka mulailah dengan budget terkecil terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana performa iklan dan seberapa sesuai dengan goal yang Anda tetapkan.

Sebab, pada banyak kasus, sejumlah pengiklan telah mengeluarkan biaya besar tapi tidak mencapai target yang ditetapkan. Karenanya, demi memaksimalkan biaya Facebook Ads, Anda perlu mengetahui sejumlah kesalahan umumnya.

Untuk itu, KiriminAja sudah menyiapkan uraian khusus untuk Anda tentang kesalahan umum pengiklan Facebook Ads.

Anda hanya perlu membaca dan memahami uraian di tautan tadi. Dari kesalahan itu, Anda bisa cocokkan dengan aktivitas iklan yang sedang dijalankan.

Jika kinerja iklan yang Anda buat sangat baik, maka Anda boleh mempertimbangkan dengan budget yang lebih tinggi lagi. Tenang saja, di Facebook Ads tersedia fitur yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan anggaran biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Di mana biaya yang Anda pasang nantinya dalam hal jangkauan akan di optimalisasi dengan biaya yang dipatok masih tetap terjangkau.

Harga Instagram Ads 2023

Seperti disebutkan di awal, harga memasang iklan di dua media sosial milik Meta sangat variatif. Keberagaman harga tersebut ditentukan oleh banyak faktor, seperti:

  • Tujuan kampanye
  • Ukuran target audiens
  • Anggaran
  • Click-through rate
  • Strategi beriklan
  • Industri
  • Waktu/periode iklan

Dengan keberagaman faktor unik tersebut, harga Instagram Ads berkisar di antara:

  • Biaya iklan Instagram per klik: Rp6.000-Rp11.00 (klik tautan, suka, reaksi, komentar, share)
  • Biaya iklan Instagram per klik ke URL tujuan: Rp7.500-Rp14.000
  • Biaya iklan Instagram per engagement: Rp150-Rp760
  • Biaya iklan Instagram per seribu impressions/tayangan: Rp37.987-Rp53.182

Harga di atas didasarkan pada nilai tukar $1 sebesar Rp15,195.

Cara Pasang Iklan di Facebook

Lalu, bagaimana cara bersponsor di FB? KiriminAja akan memberikan panduan lengkapnya di sini.

  • Buka Halaman Facebook Anda.
  • Klik Promosikan. Anda bisa mencarinya di bagian atas halaman.
  • Klik Mulai dengan Iklan Otomatis.
  • Klik Mulai.
  • Berikan detail tentang bisnis dan pelanggan Anda dengan menjawab pertanyaan yang muncul di kuis.
  • Ketuk Berikutnya di tiap pertanyaan sampai Anda menyelesaikan kuis.
  • Pastikan Anda melengkapi detail iklan.
  • Jika sudah selesai, klik Promosikan sekarang.

Inilah beberapa detail iklan yang perlu Anda lengkapi saat bersponsor di FB:

  • Target: Facebook akan merekomendasikan target berdasarkan jawaban Anda, atau Anda bisa memilih target secara manual.
  • Materi iklan: Berikan gambar, judul, dan teks untuk iklan Anda. Kami mungkin menyarankan beberapa detail berikut disertai informasi dari Halaman Anda. Anda bisa membuat hingga 6 versi iklan.
  • Catatan: Tergantung paket pilihan, Anda juga bisa memilih tombol ajakan bertindak, memberi URL, atau membuat formulir untuk meminta prospek.
  • Pemirsa: Pilih pemirsa yang disarankan atau buat pemirsa baru berdasarkan karakteristik tertentu. Kami mungkin juga memberikan opsi pemirsa cerdas yang disesuaikan untuk bisnis Anda. Facebook membuat dan menyempurnakan pemirsa otomatis Anda dari kombinasi detail, seperti orang di sekitar lokasi bisnis Anda atau orang dengan minat yang sesuai dengan Halaman Anda.
  • Anggaran harian: Kami akan menyarankan anggaran dengan hasil maksimal berdasarkan rencana Anda, tetapi Anda juga bisa memberikan anggaran khusus.
  • Penempatan: Pilih tempat yang Anda inginkan untuk menayangkan iklan. Pelajari selengkapnya tentang penempatan iklan.
  • Metode pembayaran: Tinjau metode pembayaran Anda. Jika perlu, Anda bisa mengubah atau memperbarui metode pembayaran Anda.

Penting untuk Anda ketahui bahwa iklan akan terus berjalan untuk mempelajari komponen yang memiliki kinerja lebih baik. Artinya, Anda tidak akan bisa menetapkan tanggal berakhir. Akan tetapi Anda bisa menjeda atau menghapus iklan kapan saja.

Selain beriklan di Meta, ada baiknya Anda juga mencoba Google Ads. Sebab, Salah satu cara efektif beriklan di internet adalah memakai langsung layanan raksasa internet dunia, Google.

Namun jangan khawatir jika Anda merasa kesulitan memasang iklan di Google Ads. Sebab KiriminAja siap membantu Anda dalam memasang iklan yang efektif dan efisien. 

Anda hanya perlu mengunjungi uraian KiriminAja tentang cara beriklan di Google Ads Indonesia ini. Bersamaan dengan itu, Anda juga mempelajari bagaimana KiriminAja dapat membantu bisnis Anda mencapai profit.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi dashboard KiriminAja untuk jadi member. Setelah itu, Anda bisa langsung memulai bisnis online dengan praktik pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.