Beberapa Ciri Bisnis Tumbuh dengan Baik & Gak Toxic Kayak Selingkuhan

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Apa-ciri-ciri-usaha-yang-berkembang

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada umumnya, ada sejumlah ciri bisnis tumbuh baik.

Ciri-ciri tersebut bisa menjadi penanda bahwa Anda sudah menjalankan bisnis di jalur yang tepat dan tidak mengorbankan waktu untuk keluarga secara berlebihan.

Setidaknya, saat sedang fokus menumbuhkan bisnis, Anda mendapat dukungan dan kepercayaan 100% dari keluarga. 

Baiklah, sudah cukup ceramah keluarganya. Kali ini, KiriminAja sebagai partner bisnis Anda, akan membantu Anda mengidentifikasi tahapan dan ciri-ciri bisnis yang berkembang.

Yuk, mari simak penjelasannya demi bisnis dan keluarga yang berjalan harmonis.

Tahapan Perkembangan Bisnis

Perkembangan bisnis adalah proses pertumbuhan, perubahan, dan transformasi sebuah usaha kearah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Berikut beberapa tahapan perkembangan bisnis yang umum terjadi:

Tahap Awal

Tahap awal ini dimulai ketika usaha baru dibentuk atau dijalankan. Pada tahap ini biasanya pemilik usaha fokus mencari investor, mengembangkan produk atau layanan, membangun merek, dan menarik pelanggan.

Tahap Pertumbuhan

Tahap selanjutnya terjadi ketika bisnis sudah memiliki pelanggan dan memperoleh pendapatan yang stabil. Ketika sampai tahap ini, Anda sebagai pemilik usaha harus mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan bisnis agar semakin berkembang.

Tahap Stabilisasi

Tahap ini terjadi ketika bisnis Anda mencapai titik keseimbangan antara biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang diperoleh. Biasanya pada tahap ini bisnis sudah memiliki basis pelanggan yang kuat.

Pada tahap ini Anda perlu fokus pada efisiensi operasional, pengembangan sistem dan strategi bisnis, serta mempertahankan basis pelanggan yang sudah ada.

Tahap Ekspansi

Ekspansi merupakan proses perluasan bisnis ke wilayah baru, baik di dalam maupun luar negeri. Biasanya tahapan ini terjadi ketika bisnis sudah cukup mapan dan memiliki dana yang stabil.

Pada tahap ini, Anda dapat mmempertimbangkan akuisisi, penggabungan bisnis, atau diversifikasi bisnis untuk perluasan usaha.

Tahap Kematangan

Tahap ini terjadi ketika bisnis sudah mencapai puncak pertumbuhan dan berperan sebagai pemeran utama dalam pasar. Pada tahap ini Anda harus fokus menjaga brand awareness yang sudah dimiliki.

Setiap tahapan tersebut memiliki tantangan dan peluang tersendiri. Sehingga strategi bisnis yang diperlukan juga berbeda. Oleh karenanya, setiap pemilik usaha harus dapat mengidentifikasi tahapan perkembangan bisnis tersebut.

Nah, selanjutnya akan KiriminAja kasih tahu ciri-ciri bisnis yang mengalami perkembangan.

Ciri-ciri Bisnis yang Berkembang

 Berikut ciri-ciri bisnis yang mengalami perkembangan:

Pertumbuhan Penjualan

Salah satu ciri bisnis yang berkembang adalah meningkatnya penjualan dari waktu ke waktu. Peningkatan yang konsisten tersebut dapat menunjukkan bahwa bisnis Anda sukses dalam mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Peningkatan Keuntungan

Selain peningkatan penjualan, bisnis yang berkembang juga harus memiliki keuntungan yang terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda dapat mengelola biaya operasional dengan efektif dan meningkatkan efisiensi kegiatan bisnis.

Inovasi Produk atau Layanan

Usaha yang berkembang harus mampu memenuhi permintaan pasar dengan terus mengembangkan produk atau layanan baru yang relevan dan bermanfaat. 

Inovasi tersebut dapat mempertahankan pelanggan dan memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Brand Awareness terus Meningkat

Brand awareness bisnis yang berkembang cenderung terus mengalami peningkatan. Hal ini menandakan bahwa bisnis Anda telah berhasil membangun citra positif di pasar.

Oleh karena itu produk yang ditawarkan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Bukan hanya pelanggan atau target pasar bisnis Anda.

Skala Operasi yang Meningkat

Skala operasi yang terus meningkat juga menandakan suatu bisnis mengalami perkembangan. Hal ini dapat terjadi karena bisnis Anda berhasil memperluas jangkauan usaha dengan memasuki pasar baru dan meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.

Karyawan yang Bertambah

Pertumbuhan bisnis biasanya diikuti dengan penambahan karyawan. Bisnis yang berkembang biasanya mempekerjakan lebih banyak orang untuk pembagian tugas yang semakin kompleks dan meningkatkan produktivitas.

Meningkatnya Layanan Kepada Konsumen

Bisnis yang telah berkembang tidak lagi hanya fokus membuat produk yang menarik. Namun, mulai memperhatikan layanan kepada konsumen atau pelanggan.

Layanan ini dapat berupa membantu menjawab persoalan pelanggan terkait produk yang Anda tawarkan. Misalnya variasi produk yang diinginkan pelanggan atau pengiriman yang efisien dan reliable.

Salah satu layanan berkualitas yang perlu ditingkatkan adalah pengiriman bisnis Anda. Apalagi jika penjualan terus meningkat, tentu memerlukan sistem pengiriman yang praktis.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak effort untuk mengoptimalkan pengiriman produk. Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis ke dashboard KiriminAja.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja dapat merealisasikan pengiriman dengan harga murah dengan kualitas yang reliable.

Ciri-ciri Bisnis yang Baik

Bisnis yang mengalami perkembangan tentu merupakan usaha yang dijalankan dengan baik. Nah bagaimana sih ciri-ciri bisnis yang baik? Berikut penjelasannya:

Mempunyai Tujuan yang Jelas

Bisnis yang baik harus memiliki tujuan yang jelas agar sistem yang dijalankan terukur dan past. Selain itu, juga dapat membantu memotivasi karyawan, menentukan strategi, dan memudahkan pengambilan keputusan.

Terorganisir dengan Baik

Bisnis yang baik harus terorganisir dengan baik agar dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Fokus pada Pelanggan

Bisnis yang baik harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan agar dapat menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Memiliki Tim Berkualitas

Ciri yang lain ialah memiliki tim yang berkualitas dan terampil di bidangnya. Sehingga seluruh aktivitas bisnis dapat berjalan dengan optimal.

Inovatif dan Adaptif

Keadaan pasar dan lingkungan bisnis akan terus berubah. Oleh karena itu penting untuk  sebuah bisnis menerapkan prinsip inovatif dan adaptif.

Memiliki Keuangan yang Stabil

Keuangan yang stabil juga menandakan bisnis berjalan dengan baik. Hal tersebut menandakan pengelolaan keuangan telah tersistem dengan baik.

Menerapkan Etika Bisnis dengan Bijak

Bisnis yang baik beroperasi dengan menerapkan etika bisnis. Yaitu dengan menghormati aturan dan regulasi yang berlaku, serta memperlakukan karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis dengan baik.

Cara KiriminAja Mendukung Pertumbuhan Baik Bisnis Anda

Seperti disebutkan di atas, pengiriman paket yang cepat dan tepat memang menjadi nilai penting serta poin plus di mata pelanggan. 

Karenanya, dengan memberikan pelayanan pengiriman paket berharga murah namun tetap memiliki kualitas pengiriman reliable adalah kunci penting strategi logistik bisnis Anda.

Di mana Anda bisa mendapatkan hal ini? Anda bisa mendapatkan layanan tersebut dengan KiriminAja.

Dengan KiriminAja, selain hal di atas, Anda juga bisa mempunyai online store yang bisa bebas atur margin profit dan kemampuan manajemen produk.

Fitur lain yang pasti menarik adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD ketika paket sudah di tangan kurir. 

Iya, tidak perlu menunggu sampai paket tiba di tangan konsumen. Artinya, bisnis Anda bisa menjaga #CashFlowAman.

Artinya, KiriminAja mampu memberikan Anda kebebasan mengatur margin profit sehingga cash flow bisnis jadi aman terjaga. Dengan demikian, Anda bisa menjangkau konsumen baru tanpa khawatir terjadi kesalahan.

Kabar baiknya, untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan serta layanan prima tersebut, Anda tidak perlu effort besar.

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, dengan mendaftar di sana, Anda akan mendapatkan keuntungan, KiriminAja pun juga siap Anda ajak kerja bersama di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.