Panduan Mencari & Kirim Paket di Gerai Drop Point Sicepat Terdekat

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara-kirim-paket-di-drop-point-SiCepat

Istilah drop point SiCepat merujuk ke gerai atau lokasi yang ditunjuk khusus sebagai tempat pengiriman atau penjemputan paket.

Lalu bagaimana proses pengiriman melalui drop point SiCepat? Serta bagaimana menemukan lokasi drop point terdekat?

Dalam artikel ini akan KiriminAja bahas tuntas semuanya. Yuk simak penjelasannya sampai akhir...

Jangan lupa juga untuk daftar di Dashboard KiriminAja ya, Anda bisa drop paket atau pick up paket SiCepat di dashboard loh, jadi daftar sekarang yuk!

Apa Itu Drop Point SiCepat?

Drop point merupakan lokasi yang ditunjuk oleh  perusahaan SiCepat sebagai tempat pengiriman atau penjemputan paket. Bentuknya bisa berupa agen, toko, atau lokasi khusus yang sudah bekerjasama dengan SiCepat. 

Melalui drop point, Anda dapat mengantar paket yang hendak dikirim ke cabang terdekat. Selain itu, Anda juga dapat mengambil paket jika tidak memungkinkan untuk menunggu diantar kurir.

 Agar lebih paham dan tidak salah paham dengan istilah ini, yuk mari simak pembahasan tentang drop point artinya apa di sini.

Bagaimana Cara Mengirim Paket Lewat Drop Point SiCepat?

Setelah mengetahui artinya, lalu bagaimana sih cara mengirimkan paket lewat drop point SiCepat? Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Daftarkan pengiriman paket melalui website atau aplikasi SiCepat.
  • Pilih salah satu Drop Point SiCepat sebagai tempat pengiriman atau penjemputan paket.
  • Bawa paket ke Drop Point SiCepat yang telah dipilih, kemudian serahkan paket kepada karyawan yang sedang bertugas.
  • Petugas akan memeriksa dan memproses paket.
  • Setelah paket lolos pengecekan, selanjutnya akan masuk ke proses pengiriman ke lokasi tujuan. 

Sistem Drop Point SiCepat ini memungkinkan Anda lebih fleksibel dalam melakukan pengiriman dan penerimaan paket. Sebab, Anda dapat memilih lokasi yang lebih dekat dan nyaman. 

Selain itu, dengan adanya Drop Point SiCepat, pengiriman paket dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien karena paket dapat langsung diproses di lokasi tersebut tanpa harus dikirim ke pusat distribusi terlebih dahulu.

Bagaimana Mencari Drop Point SiCepat Terdekat?

Sistem drop point dibuat untuk mempermudah para pengguna ekspedisi SiCepat. Dimana lokasinya diperluas dengan menjalin kerjasama bersama PT Logitek Digital Nusantara (LDN), Alfamart, FastPay, Sentral Cargo, SiCepat, Shipper, dan Jaringan Telco Telefast.

Lalu bagaimana sih cara menemukan lokasi drop point yang dekat lokasi tempat tinggal atau tempat usaha? Berikut cara-cara yang sudah KiriminAja rangkum untuk Anda: 

Cari Lokasi SiCepat Terdekat dengan Website dan Aplikasi

Untuk mencari lokasi drop point terdekat, dapat dilakukan dengan mengunjungi website resmi SiCepat di www.SiCepat.com. Kemudian klik garis tiga di pojok atas dan pilih menu “Lokasi”.

Selanjutnya masukkan alamat atau kode pos Anda dan klik “Search”. SiCepat pun akan menampilkan daftar lokasi drop point yang ada di sekitar Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencari lokasi drop point menggunakan aplikasi SiCepat yang tersedia di App Store dan Google Play. Setelah mengunduh, pastikan Anda sudah registrasi terlebih dahulu ya.

Setelah menemukan lokasinya, kunjungi outlet terdekat untuk mengantarkan paket yang hendak dikirim. Pembayaran ongkos kirimnya dapat dilakukan secara cash maupun cashless sesuai dengan kondisi Anda.

Jika pembayaran dilakukan secara cash, petugas SiCepat akan menimbang berat paket, input data ke WhatsApp, mencetak shipping label dan ditempelkan ke paket.

Kemudian mereka akan menembakkan status drop partner dan Anda pun dapat melakukan pembayaran ongkos kirim yang sudah dihitung. Setelah transaksi selesai, Anda akan memperoleh struk tanda terima.

Di sisi lain, jika Anda melakukan pembayaran secara cashless, maka petugas SiCepat akan melakukan scan barcode / mencetak shipping label (jika belum ada). Kemudian, menembakan status drop partner dan memberikan tanda terima ke Anda.

Kabar baiknya, Anda juga memiliki pilihan lain untuk metode pembayarannya, yaitu dengan sistem COD (Cash on Delivery). Sistem ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online.

Anda dapat juga menggunakan sistem COD SiCepat dengan mudah melalui KiriminAja. Untuk panduan lengkapnya, Anda hanya perlu meng-klik dan membaca uraian COD SiCepat via KiriminAja ini.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan cek ongkir SiCepat sebelum melakukan transaksi. Cukup gunakan fitur Cek Ongkir SiCepat yang tersedia di KiriminAja.

Drop Paket SiCepat Melalui Alfamart

Selain melalui outlet SiCepat, Anda juga dapat melakukan drop paket melalui Alfamart. Sebab, SiCepat telah mengintegrasikan layanannya dengan Alfamart untuk lebih mempermudah penggunanya yang mungkin jauh dari outlet resmi.

Melalui Alfamart, Anda dapat menggunakan transaksi cashless dengan memanfaatkan fitur WhatsApp SiCepat Klik untuk mengakses layanan drop point menggunakan SiCepat Point terdekat.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Kirim pesan pengiriman ke WhatsApp SiCepat Klik di nomor 0813-1920-0030.
  • Jika sudah muncul pesan menu, pilih nomor 7 “Layanan Drop Paket”.
  • Secara otomatis, SiCepat Klik akan mengarahkan ke link WhatsApp AlfaCepat di nomor 0811-1061-8888.
  • Ketik “Menu”, kemudian akan muncul beberapa layanan yang dapat diakses.
  • Pilih menu 1 “Daftar Pelanggan” untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri.
  • Setelah mendaftar, Anda dapat melakukan pemesanan melalui menu “Creat Order” untuk mengakses layanan drop paket di Alfamart. Masukkan informasi terkait paket dan lakukan pembayaran secara cashless.
  • Pembayaran dilakukan dengan mengisi saldo di menu 2 “Saldo Logistik” dengan top up melalui pembayaran uang elektronik seperti m-banking, LinkAja, dan OVO.
  • Setelah pembayaran berhasil, cetak shipping label di menu nomor 11.
  • Terakhir, tempel shipping label di paket dan antar ke Alfamart terdekat. Untuk mencari lokasi drop point terdekat, pilih menu nomor 3 “Area Layanan Alfacepat”.

Pastikan untuk memperhatikan langkah-langkah tersebut agar proses pengiriman berjalan lancar dan paket dapat sampai ke tujuan dengan aman.

Kabar baiknya lagi, SiCepat telah mengintegrasikan layanannya dengan KiriminAja lho. Jadi Anda dapat mengakses layanan SiCepat melalui KiriminAja.

Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga dan nikmati berbagai fitur yang dapat mengotomatisasikan pengiriman Anda melalui SiCepat.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.