Panduan Memahami Faktor Produksi Turunan di Bisnis Anda

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
faktor produksi turunan adalah

Faktor produksi turunan adalah faktor produksi yang tidak memiliki hubungan langsung dengan alam dan merupakan faktor hasil pemikiran dan perkembangan budaya manusia.

Bisa dikatakan, faktor ini memiliki peranan penting dalam proses produksi. Artinya, Anda tidak dapat menciptakan produk untuk dijual jika tidak memiliki faktor turunan ini.

Lalu, seperti apa sih faktor turunan itu? Yuk simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini tenang pengertian faktor produksi turunan, contoh faktor produksi turunan, dan tujuan produksi turunan.

Faktor Produksi Turunan Adalah Pelengkap Penting Bisnis Anda

Dalam memproduksi suatu produk, biasanya membutuhkan sumber daya yang disebut juga sebagai faktor produksi. Dimana berdasarkan jenisnya, faktor produksi dibagi menjadi dua yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan.

Faktor produksi turunan adalah faktor produksi yang tidak memiliki hubungan langsung dengan alam dan merupakan faktor hasil pemikiran dan perkembangan budaya manusia.

Dalam buku Etika Bisnis: Prinsip dan Relevansinya, Andriasan Sudarso mendefinisikan faktor produksi turunan  sebagai faktor pembuatan atau penciptaan suatu barang yang prosesnya menggunakan modal dan keahlian.

Secara umum, faktor produksi turunan memiliki peran penting dalam proses produksi dan pertumbuhan ekonomi.

Contoh Faktor Produksi Turunan

Faktor produksi turunan terdiri dari dua jenis faktor, yaitu faktor produksi modal dan faktor produksi pengusaha. Kedua faktor tersebut memiliki peran penting untuk menjalankan proses produksi. 

Tanpa kedua faktor turunan tersebut, proses produksi tidak dapat dilakukan dengan sempurna atau bahkan tidak dapat dilakukan sama sekali.

Faktor produksi modal adalah semua elemen yang disediakan perusahaan untuk menunjang proses produksi. Faktor ini meliputi modal tetap dan modal lancar.

Sedangkan faktor produksi pengusaha adalah faktor penunjang berupa kemampuan pengelolaan dan pengoptimalan faktor produksi yang ada dan biasanya menyesuaikan permintaan pasar.

Agar lebih ada gambaran, berikut KiriminAja kasih tahu beberapa contoh faktor produksi turunan:

Teknologi

Teknologi merupakan hasil dari inovasi dan pengembangan yang melibatkan pengetahuan dan penggunaan faktor-faktor produksi lainnya. Misalnya, mesin-mesin canggih, perangkat lunak, dan sistem otomatisasi yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi. Keterampilan tenaga kerja merupakan hasil dari pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja. Keterampilan yang tinggi memungkinkan tenaga kerja untuk bekerja secara efisien dan menghasilkan produk atau layanan berkualitas tinggi.

Manajemen

Manajemen yang efisien dan efektif adalah faktor produksi turunan yang penting. Kemampuan manajemen dalam mengelola sumber daya, mengatur proses produksi, dan membuat keputusan strategis mempengaruhi produktivitas dan keberhasilan perusahaan.

Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan (R&D) merupakan faktor produksi turunan yang berkontribusi pada inovasi dan penemuan baru. 

R&D mencakup kegiatan untuk mengembangkan produk baru, meningkatkan proses produksi, dan mencari solusi baru untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas.

Infrastruktur

Infrastruktur yang baik, seperti jaringan transportasi yang efisien, listrik yang andal, telekomunikasi yang berkualitas, dan sistem logistik yang baik, dapat meningkatkan konektivitas dan efisiensi dalam rantai pasokan.

Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan, riset, dan pengalaman merupakan faktor produksi turunan yang penting. 

Pengetahuan khusus dalam bidang tertentu, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan keahlian profesional, berkontribusi pada inovasi dan keunggulan kompetitif.

Branding dan Reputasi

Branding yang kuat dan reputasi yang baik merupakan faktor produksi turunan yang dapat meningkatkan permintaan produk atau layanan. Sebab, branding dan reputasi yang positif mempengaruhi persepsi konsumen dan kepercayaan terhadap suatu merek atau perusahaan.

Contoh-contoh di atas menunjukkan bagaimana faktor-faktor produksi turunan memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keunggulan kompetitif dalam proses produksi.

Tujuan Produksi Turunan

Setiap produsen memiliki beberapa tujuan utama dalam memproduksi suatu barang maupun jasa. Berikut diantaranya:

Menciptakan Barang atau Jasa

Tujuan setiap produsen melakukan proses produksi adalah menciptakan produk, baik barang atau pun jasa yang dapat ditawarkan kepada masyarakat luas. 

Pemanfaatan Sumber Daya

Proses produksi memerlukan berbagai sumber daya seperti sumber daya alam, sumber daya teknologi, sumber daya manusia, dan sebagainya.

Ketersediaan sumber daya yang melimpah dapat menginisiasi para produsen untuk menciptakan sebuah produk yang dapat ditawarkan dan memiliki nilai jual.

Menggantikan Barang yang Rusak

Setiap barang memiliki usia atau jangka waktu penggunaan yang terbatas. Artinya, setiap produk yang telah tersebar di masyarakat suatu saat nanti akan rusak dan memerlukan pengganti.

Oleh karena itu, produsen akan terus melakukan proses produksi agar kebutuhan akan suatu barang tetap terpenuhi.

Memperoleh Keuntungan

Bisa dikatakan bahwa setiap produsen melakukan proses produksi dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dimana harga jual produk yang sudah jadi merupakan jumlah modal yang dikeluarkan untuk produksi ditambah dengan keuntungan yang hendak diambil.

Tak jarang pula, produsen akan menghentikan proses produksi jika dinilai produk yang dihasilkan tidak memiliki nilai jual yang menguntungkan.

Setelah mempelajari faktor produksi turunan, Anda dapat memaksimalkan proses produksi agar menciptakan produk atau layanan yang memiliki nilai jual tinggi. Sehingga keuntungan yang diperoleh semakin banyak.

Karena itulah kami hadir menawarkan layanan pengiriman reliable dengan biaya hemat namun tetap menjaga kualitas.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan fitur manajemen produk dan pengaturan margin keuntungan. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur margin keuntungan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Dengan berbagai fitur KiriminAja, Anda dapat menjaga cash flow tetap aman dan fokus untuk menjangkau konsumen baru. Anda juga dapat mengoptimalkan berbagai prinsip produksi untuk kebutuhan bisnis Anda.

Sedangkan untuk membantu mengelola operasional dan logistik bisnis Anda dengan efisien, biar kami yang mengurusnya.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Berita baiknya, mendaftar di dashboard KiriminAja sangatlah mudah dan gratis! Anda dapat mengakses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Jadi, yuk bergabung dengan KiriminAja di tahun ini untuk menjaga #CashFlowAman dan membuat bisnis Anda tetap tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.