Hashtag: Strategi Jitu Untuk Memaksimalkan Promosi Bisnis Online

Ruth
1 bulan lalu
103
Hashtag: Strategi Jitu Untuk Memaksimalkan Promosi Bisnis Online

Untuk Anda yang sudah menggunakan media sosial selama beberapa waktu, tentu Anda sudah familiar dengan hashtag, bukan? Ya, umumnya, hashtag atau disebut juga tagar adalah tambahan pada feed yang di upload. Istilah tagar tersebut muncul karena sebelum kata tertentu yang digunakan, ada tanda # terlebih dahulu yang digunakan.

Nah, berbincang tentang tagar, perlu diketahui bahwa tanda tersebut sebenarnya bukan sekadar hiasan semata. Anda perlu mengetahui bahwa ternyata tagar juga bisa dijadikan alat dan strategi yang cukup efektif untuk meningkatkan engagement yang tentu penting untuk memaksimalkan promosi bisnis online yang Anda lakukan.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang seluk beluk mengenai tagar terutama untuk penunjang bisnis. Penasaran hal apa saja yang penting terkait hashtag atau tagar ini? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Hashtag

Secara singkat, hashtag atau tagar merupakan suatu kata kunci yang ditulis tanpa menggunakan spasi dan memiliki atau menggunakan tanda pagar (#) terlebih dahulu di bagian depannya. Contoh penggunaannya adalah #Indonesia atau #MerdekaNegeriku.

Nah, secara umum, tagar ini digunakan untuk mengelompokkan konten suatu media sosial ke dalam wadah sesuai dengan topik yang lebih spesifik. Pengelompokan ini nantinya akan memudahkan pengguna lainnya untuk menemukan konten yang mereka sukai di media sosial yang digunakan. 

Tidak dimungkiri bahwa saat ini beragam media sosial sudah memiliki fitur tagar untuk memaksimalkan sharing content. Juga, ada beberapa jenis tagar yang bisa digunakan untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi. Beberapa jenis tagar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hashtag trending yang merupakan tagar dengan volume pencarian yang cenderung besar dari pada pengguna media sosial. Tagar ini umumnya berkaitan dengan momentum yang sedang terjadi, misalnya #weekend

  • Hashtag industri yang merupakan tagar spesifik untuk mewakili industri yang Anda kelola. Contoh tagar ini diantaranya adalah #food, #travel dan lainnya 

  • Hashtag brand yang merupakan tagar untuk mewakili nama brand, slogan bisnis, tempat bisnis atau lainnya. Contoh penggunaan tagar ini diantaranya adalah #sportcar, #upgradenow dan lainnya

Tentu, dengan menempatkan tagar sesuai dengan jenis konten, maka persentase peningkatan engagement nantinya akan cenderung lebih maksimal. Hanya saja, perlu diketahui bahwa cara kerja tagar di tiap media sosial bisa dikatakan cukup berbeda.

Cara Kerja Hashtag di Berbagai Media Sosial

Sebagaimana disinggung di awal bahwa di beragam media sosial ada fitur hashtag atau tagar yang disediakan. Hanya saja, tagar tersebut memiliki cara kerja yang berbeda.

Nah, untuk memberikan pemahaman yang baik, simak beberapa cara kerja tagar ini di beberapa media sosial yang berbeda.

  1. Hashtag Instagram

Dalam aplikasi Instagram, ketika Anda hendak membuat feed, maka Anda bisa menambahkan tagar sebagai bagian dari caption. Nah, nantinya, saat feed tersebut tersedia di profil Anda, maka feed tadi juga akan muncul di halaman sesuai tagar. 

Artinya, pengguna lain yang berkunjung ke tagar yang sama, maka feed yang Anda buat tadi bisa ditemukan. Feed atau konten yang Anda buat tadi akan muncul bersamaan dengan konten akun Instagram lain yang menggunakan tagar yang sama. 

Selain itu, Instagram memberikan perbedaan terkait tagar tersebut. Feed dengan engagement yang paling banyak akan muncul di kolom top post. Sedangkan feed terbaru akan muncul di kolom most recent. 

  1. Hashtag Twitter

Twitter juga merupakan media sosial yang menyediakan fitur hashtag untuk memudahkan pencarian. Ada beberapa jenis tagar yang dikelompokkan dalam Twitter, seperti:

  • Top tweets, yaitu tweet yang memiliki tagar paling banyak mendapatkan atensi dan reaksi. Umumnya, tweet ini berasal dari brand ataupun orang yang terkenal dan memiliki pengaruh 

  • Latest, yaitu tagar tentang kumpulan tweet terbaru yang berasal dari pengguna yang menggunakan satu tagar

  • Photos, yaitu tagar pada tweet dengan foto yang menggunakan satu tagar

  • Videos, yaitu tagar pada sebuah tweet dengan video yang menggunakan satu tagar

Dalam hal ini, ketika Anda membuat sebuah tweet yang dilengkapi dengan tagar tertentu dan populer, maka tweet yang Anda buat tersebut akan muncul di bagian trending topic. 

Selain hashtag di kedua media sosial tersebut, sebenarnya masih ada penggunaan tagar lain yaitu pada aplikasi TikTok. Nah, tagar pada aplikasi TikTok secara umum berfungsi mirip dengan Instagram yaitu untuk mengelompokkan konten pada tagar tertentu yang sama untuk memudahkan pencarian konten. 

Manfaat Hashtag Untuk Promosi Bisnis

Sebagaimana disinggung di awal bahwa penggunaan tagar bukan hanya sebagai pelengkap semata melainkan salah satu strategi yang cukup efektif untuk memaksimalkan promosi bisnis yang Anda lakukan. Nah, ada beberapa manfaat dari penggunaan tagar untuk promosi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan konten marketing ditemukan oleh target konsumen

Salah satu fungsi tagar seperti yang sudah dibahas sebelumnya adalah untuk mengelompokkan konten tertentu. Nah, hal ini di satu sisi akan memudahkan target konsumen untuk menemukan konten marketing yang sudah Anda buat sebelumnya.

Hal ini dikarenakan umumnya konsumen menggunakan tagar guna melakukan pencarian produk. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda berusaha menggunakan tagar yang tepat yang sekiranya menjadi referensi dari target konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan. 

  1. Meningkatkan brand awareness melalui trending topic

Manfaat lain dari penggunaan tagar dalam konten promosi adalah meningkatkan brand awareness yang didapatkan dari trending topic. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan engagement yang lebih luas, Anda bisa memanfaatkan tagar trending topic yang sedang muncul.

Nah, penggunaan tagar trending topic adalah strategi yang cukup menarik untuk dicoba. Pasalnya, dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan viewer yang lebih banyak terutama dari target konsumen non-follower yang melihat konten yang dibuat. Oleh karenanya, terkadang penting bagi Anda untuk menyimak tagar apa yang sedang menjadi trending topic hari ini.

  1. Meningkatkan engagement konten marketing 

Dengan menggunakan tagar, maka engagement konten promosi yang Anda buat akan cenderung lebih meningkat. Salah satu faktornya adalah tagar tersebut akan mengelompokkan konten sesuai dengan kategori tertentu. Artinya, ada field yang lebih luas yang bisa diubah menjadi pangsa pasar.

Tentu, dengan field yang lebih luas tersebut, peluang konten terlihat akan cenderung lebih besar. Tidak hanya itu, Anda pun nantinya akan mendapatkan engagement yang lebih tinggi melalui like ataupun komentar yang didapatkan.

Nah, beberapa hal di atas adalah manfaat tagar untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan di media sosial. Hanya saja, tentu Anda harus selektif dalam memilih tagar yang tepat guna mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal.

Untuk memilih hashtag yang tepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melakukan monitoring pada media sosial kompetitor, tracking pada tingkat popularitas tagar ataupun menggunakan aplikasi generator tagar yang kini banyak tersedia. Selain itu, pastikan jika tagar yang digunakan relevan dengan produk yang ditawarkan.