Cara Optimasi Jenis-jenis Diskon demi Menggaet Lebih Banyak Konsumen

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Alasan mengapa diskon itu penting

Sangat umum diketahui bahwa konsumen senang mencari jenis-jenis diskon untuk mendapatkan potongan harga.

Sebagai contoh, saat belanja online, konsumen tentunya akan mencari barang dengan harga murah dan memiliki diskon ongkos kirim.

Maka dari itu, sebagai business owner dan digitalpreneur, ada baiknya Anda mengetahui jenis diskon.

Dengan mengetahui jenis diskon, Anda bisa membuat strategi harga yang bersaing dan lebih hemat di mata konsumen. Plus, Anda tetap mendapat profit penjualan.

Jenis-jenis diskon ini bisa digunakan sebagai ide untuk menaikkan penjualan. Tentu saja, selain diskon, masih ada banyak ide marketing yang perlu Anda terapkan dalam bisnis.

Sebagai referensi, ide-ide promo menarik lainnya untuk meningkatkan penjualan bisa Anda baca tautan tersebut. 

Anda perlu klik tautan tersebut, membaca, memahami, dan mengkolaborasikan dengan promo diskon. Dengan begitu, Anda membuat strategi penting dalam membuat produk laris manis. 

Untuk lebih detailnya, KiriminAja akan membahas jenis-jenis diskon untuk Anda di bawah ini. Yuk, mari membaca dan lalu praktikkan ke bisnis Anda.

Alasan Mengapa Diskon Itu Penting

Terdapat beberapa alasan utama kenapa diskon atau potongan harga ini penting bagi penjual maupun pembeli. Beberapa alasan diantaranya adalah:

  • Memberikan keuntungan berupa peningkatan penjualan untuk para pebisnis.
  • Menarik perhatian para pelanggan.
  • Mengurangi stok barang atau produk yang menumpuk di gudang.
  • Meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap bisnis dan produk.
  • Pelanggan bisa menghemat budget maupun pengeluaran.
  • Membuat konsumen merasa senang.
  • Memberikan value lebih kepada para konsumen.

Di atas adalah beberapa alasan penting mengapa diskon sangat digemari. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online sangat disarankan untuk menggencarkan produk berdiskon. Sebab dengan diskon Anda bisa lebih banyak mendapatkan manfaat.

Jenis-Jenis Diskon yang Sering Digunakan

Banyak sekali jenis diskon saat ini karena perkembangan pasar dan kebutuhan konsumen yang bermacam-macam. Para pebisnis pun beradaptasi untuk menyesuaikan usaha mereka terhadap pasar sekarang ini.

Namun, ada beberapa jenis diskon yang paling sering digunakan dan digemari oleh para pelanggan. Berikut jenis-jenisnya yang bisa Anda terapkan dalam penjualan:

Diskon Buy One Get One

Diskon buy one get one (BOGO) ini adalah jenis diskon yang diberikan kepada para konsumen dengan memberikan satu barang lain jika pelanggan membeli satu barang yang dijual.

Diskon BOGO ini memberikan satu produk secara gratis kepada konsumen, seperti namanya, diskon buy one get one berlaku ketika konsumen membeli satu barang dan akan mendapatkan produk gratis lainnya.

Dalam Diskon BOGO, segala jenis produk bisa digunakan tanpa terkecuali sesuai dengan keputusan pebisnis.

Jenis potongan harga satu ini bisa menarik pelanggan baru karena tawarannya memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan satu produk gratis.

Diskon Invitation Only

Invitation only adalah diskon yang sering juga digunakan para pebisnis online, karena dengan diskon tersebut mereka bisa menarik pelanggan yang sangat penting bagi perusahaan.

Penjual biasanya akan memberikan pelanggan sebuah undangan khusus yang berisi kode diskon. Pelanggan yang mendapatkan undangan ini bisa memakai kode tersebut untuk melakukan pembelian.

Selain itu diskon invitation only berguna untuk memelihara pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap sebuah bisnis.

Diskon Flash Sale

Siapa yang tak tahu dan tak senang dengan istilah diskon satu ini. Flash sale biasanya akan memotong harga normal produk yang dijual menjadi cukup rendah.

Namun jenis diskon ini berlaku dalam waktu yang sangat singkat saja dan sering kali produk flash sale akan ludes dengan cepat karena banyaknya peminat.

Flash sale menjadi cara yang efektif untuk menghabiskan produk lama yang menumpuk dan membuat penjualan menjadi meningkat dengan cepat.

Diskon Up to

Selanjutnya adalah diskon up to, diskon ini sangat click bait untuk konsumen sebab diberikan dalam bentuk persentase atau nominal tertentu dengan batas maksimal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Diskon ini akan memancing para konsumen untuk membeli banyak produk karena jenis ini hanya akan berlaku jika pelanggan membeli dalam jumlah nominal tertentu. Misalnya “Diskon 50% untuk pembelian lebih dari Rp 200.000”.

Diskon Berupa Voucher Belanja

Dari berbagai jenis-jenis diskon, voucher belanja adalah salah satu jenis diskon yang diberikan penjual langsung kepada pembeli dalam bentuk kupon. Kupon ini dapat digunakan untuk mendapatkan diskon tertentu ketika membeli sebuah barang.

Kupon ini tak hanya terbatas pada produk berupa barang namun juga bisa digunakan untuk produk berupa jasa.

Selain itu kupon bisa menjadi umpan untuk membuat konsumen aktif dalam kampanye penjualan. Misalnya, pelanggan bisa mendapatkan voucher tersebut jika membagikan postingan tertentu sebuah produk dan bisnis di media sosial mereka.

Sekali dayung dua pulau pun terlampaui, pebisnis bisa mendapatkan pelanggan baru dan menghasilkan keuntungan lebih besar dari cara ini.

Diskon voucher belanja ini adalah cara efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan keuntungan penjualan. 

Diskon Ongkos Kirim

Memberi potongan harga pada biaya ongkos kirim juga bisa menjadi salah satu trik agar bisnis Anda menarik di mata konsumen.

Mengapa begitu? Sebab konsumen tentunya ingin paket yang mereka beli sampai dengan cepat, aman, dan harganya terjangkau.

Maka dari itu strategi logistik jadi hal penting bagi bisnis online saat ini. Kabar baiknya, KiriminAja mendukung Anda menyediakan strategi logistik tersebut.

Anda bisa mewujudkan strategi logistik dengan mendaftar di Dashboard KiriminAja yang memuat berbagai macam jasa ekspedisi.

Lewat pengiriman cepat multi ekspedisi ini, Anda akan mendapatkan:

  • Pengiriman menjadi cepat, aman, dan tepat
  • Manajemen order dan logistik yang berjalan baik
  • Harga hemat bagi pelaku bisnis, yang memungkinkan memberikan diskon ke konsumen Anda.

Optimasi POP Diskon

Memanfaatkan point of purchase (POP) bisa menjadi strategi jitu untuk mempromosikan program diskon Anda kepada konsumen. Berikut adalah beberapa saran dan contoh POP diskon yang dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi ini dengan cara yang santai namun menarik:

Buat Visual yang Menarik Perhatian

Langkah pertama untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menciptakan visual menarik. Ini bisa berupa warna cerah, font tebal, atau grafik yang menarik mata. Dengan begitu, Anda bisa memikat pelanggan sejak detik pertama mereka melihat tawaran diskon yang diberikan. Anda bisa melihat contoh POP diskon ini di marketplace atau website toko online ternama.

Soroti Diskon yang Ditawarkan

Tujuan utama dari program diskon adalah mendorong pelanggan menghabiskan lebih banyak uang. Oleh karena itu, pastikan diskon Anda terlihat jelas. Gunakan teks besar dan tebal untuk menonjolkan persentase atau jumlah diskon yang ditawarkan. Contoh POP diskon ini ada di banner diskon 35% KiriminAja X Ninja Xpress ini.

Sampaikan dengan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Pelanggan harus dapat memahami program diskon dengan cepat dan mudah. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas, dan hindari penggunaan istilah teknis atau jargon yang bisa membingungkan. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan bahwa pelanggan Anda tidak akan kehilangan minat karena kebingungan.

Tempatkan Display POP di Lokasi Strategis

Display POP harus ditempatkan di lokasi yang bisa dilihat oleh banyak pelanggan. Ini bisa berupa di dekat kasir, di pintu masuk toko, di homepage, landing page, atau di thumbnail konten Instagram. Dengan strategi ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kesempatan untuk menarik mereka.

Gunakan Beberapa Display POP Berbeda

Anda dapat menggunakan beberapa display POP untuk mempromosikan program diskon yang dijalankan. Sehingga, akan membantu konsumen sadar adanya program penawaran diskon.

Perbarui Display POP Secara Berkala

Pelanggan lebih cenderung memperhatikan display POP yang baru dan berbeda. Ubah tampilan secara berkala untuk menjaga pelanggan tetap terlibat dan tertarik dengan penawaran Anda.

Dengan KiriminAja, Anda bisa membuat toko online dan sistem logistik dalam sebuah kesatuan. Sehingga bisnis Anda lebih mudah memberi jenis-jenis diskon karena KiriminAja membantu menjaga cash flow tetap aman.

Tak hanya itu, fasilitas toko online yang dimiliki KiriminAja juga memungkinkan bisnis Anda menampilkan POP diskon dengan lebih praktis dan menarik atensi konsumen.

Jika bisnis Anda menjual barang mudah pecah seperti gelas atau pernak-pernik kaca, tak perlu khawatir, jasa ekspedisi lewat KiriminAja akan memastikan barang Anda selamat sampai tujuan.

Bagian terbaiknya, tentu saja, adalah harga hemat. Anda bisa memberikan diskon ongkir ke konsumen tanpa harus menanggung kerugian sekaligus tetap dapat profit. Produk apapun yang Anda jual akan sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan aman. 

Anda tak perlu ragu dan takut lagi melakukan bisnis yang lebih inovatif. Sebab KiriminAja mendukung bisnis Anda menjalankan berbagai strategi jenis-jenis diskon sambil tetap menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.