Daftar Lengkap Jenis Pengiriman Barang/Paket: Cocok Pol untuk Bisnismu

Akhmad Ilham Cahyono
4 bulan yang lalu
Bisnis
Jenis-jenis pengiriman barang/paket

Salah satu kunci kesuksesan bisnismu adalah memilih jenis pengiriman yang tepat. Dengan memilih jasa kirim yang sesuai dengan produkmu maka pengiriman paket akan sampai dengan selamat.

Nah buat kamu yang ingin tahu jenis pengiriman itu ada apa aja, jasa pengiriman disebut apa atau pengiriman paket reguler itu apa sih? Kami di sini bakal menjawabnya.

Lewat artikel ini, kita akan membahas berbagai metode pengiriman barang yang dapat kamu pertimbangkan untuk memastikan produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan aman dan tepat waktu.

Yuk, simak daftar lengkap jenis pengiriman di bawah ini!

Metode Pengiriman Adalah

Sebelum memahami jenis-jenis pengiriman, penting untuk tahu kamu tahu nih bahwa metode pengiriman memainkan peran krusial dalam menjaga reputasi bisnismu.

Metode pengiriman merupakan proses pengangkutan paket atau barang dengan macam-macam alat transportasi. Ini bertujuan untuk menghubungkan antara produsen, penjual dengan konsumen, pembeli.

Nah, sebagai pebisnis online, pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnismu biar tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Nah, sekarang mari kita bahas lebih dalam mengenai jenis-jenis pengiriman barang.

Jenis-jenis Pengiriman Barang/Paket

Di dunia logistik, jenis-jenis pengiriman paket/barang ini tergolong banyak. Dengan banyaknya pilihan, tentunya kamu harus pintar memilih nih mana yang cocok untuk pengiriman produkmu.

Maka dari itu kamu harus tahu beberapa jenisnya yang lengkap di bawah ini:

Jenis Pengiriman Berdasarkan Muatan

Jenis pertama adalah berdasarkan muatan atau apa yang dimuat, berikut adalah beberapa jenisnya:

Pengiriman Kargo Khusus

Pengiriman ini cocok untuk barang-barang berukuran besar dan berat. Biasanya, menggunakan metode ini lebih mahal karena memerlukan perlakuan khusus selama proses pengiriman.

Pengiriman Kargo Ekonomi

Jika kamu menginginkan opsi yang lebih ekonomis, pengiriman kargo ekonomi bisa menjadi pilihan. Meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama, namun biayanya lebih terjangkau. Layanan ini menyediakan pengiriman barang di atas 10kg.

Pengiriman Dokumen Penting

Untuk pengiriman dokumen atau surat yang membutuhkan pengiriman cepat dan aman, jenis ini cocok digunakan. Khusus untuk paket berbentuk dokumen seperti namanya, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis dokumen.

Untuk mengirim dokumen kamu bisa pakai jasa ekspedisi lion parcel, tapi sebelum itu ada baiknya nih kalau kamu mengenal dulu istilah pengiriman lion parcel di sini yang pastinya bakal membantu kamu dalam mengirim dokumen.

Jenis Pengiriman Berdasarkan Durasi dan Tarif

Selain jenis di atas, ada lagi jenis pengiriman yang berdasarkan durasi dan tarif. Hal ini terjadi karena melihat prefer pelanggan berbeda-beda seperti ingin kirim cepat atau pun biasa.

Berikut jenis-jenisnya:

Pengiriman Reguler

Pengiriman reguler adalah opsi standar dengan tarif yang relatif terjangkau dan waktu pengiriman yang biasanya dapat diprediksi. Pengiriman ini biasanya juga disebut sebagai pengiriman standar dan banyak digunakan.

Pengiriman Ekspres

Jika pelangganmu membutuhkan produk dengan cepat, pengiriman ekspres adalah solusi terbaik. Namun, biayanya bisa lebih tinggi dari pengiriman reguler. Ini adalah jenis pengiriman yang tentunya waktu sampainya paket lebih cepat daripada reguler.

Nah kalau mau yang lebih ekspres lagi kamu bisa pakai jenis pengiriman same day delivery yang bisa kamu baca di sini. Baca dulu biar kamu nggak salah kirim dan kira ya.

Pengiriman Ekonomi

Cocok untuk barang non-urgent dengan biaya pengiriman yang lebih hemat. Jenis ini memang murah namun waktu pengirimannya lebih lama daripada jenis reguler.

Jenis Pengiriman Berdasarkan Rute dan Jalur

Ada juga jenis pengiriman yang didasarkan pada rute dan jalur, biasanya memang berhubungan dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Untuk lebih tahu soal jenis ini, mari simak jenisnya di bawah ini:

Pengiriman Jalur Darat

Pengiriman melalui jalur darat sering menjadi pilihan untuk pengiriman dalam negeri. Biasanya lebih cepat dan dapat diandalkan. Melibatkan macam-macam kendaraan darat seperti kereta api, truk atau lainnya.

Pengiriman Jalur Udara

Sudah jelas kalau metode satu ini atau jenis pengiriman udara ini menggunakan pesawat. Metode ini cocok untuk pengiriman jarak jauh atau internasional, dengan kecepatan pengiriman yang tinggi.

Pengiriman Jalur Laut

Pengiriman laut cocok untuk barang dengan volume besar dan tidak urgent. Jika kamu membutuhkan pengiriman yang cepat maka tidak disarankan mengirim lewat jalur laut atau kapan ini karena pastinya perjalanannya kadang lebih lama dari biasanya.

Pengiriman Darat-Laut

Metode kombinasi untuk mengoptimalkan waktu pengiriman dan biaya. Dengan kendaraan darat untuk mempercepat waktu maka nantinya jika paket sampai pelabuhan bisa dikirim ke luar negeri. Jenis ini mengombinasikan kecepatan di awal dan daya jangkau di akhir.

Pengiriman Jenis Lain

Terakhir ada beberapa jenis pengiriman lain yang bisa kamu simak di bawah ini:

Pengiriman Peer-to-peer

Konsep pengiriman ini menggunakan kombinasi teknologi dan koneksi internet yang cepat untuk mengolah informasi mengenai status pengiriman secara real-time.

Pengiriman Kontainer

Cocok untuk pengiriman besar yang membutuhkan ruang khusus dalam kontainer. Ini adalah jenis pengiriman utama dalam logistik, karena bisa muat banyak barang besar dan bisa diangkut ke atas kapal, kereta api maupun truk.

Pengiriman Dropshipping

Metode pengiriman di mana produk dikirim langsung dari pabrik atau penyedia kepada pelanggan tanpa melalui stok gudang.

Sekarang, kamu memiliki pandangan yang lebih jelas mengenai berbagai jenis pengiriman barang. Sebagai seller online, pilihlah metode yang sesuai dengan karakteristik bisnismu dan kebutuhan pelanggan.

Ingatlah untuk selalu memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan mengenai pilihan pengiriman yang kamu sediakan.

Kamu juga bisa menyimak dan membaca istilah-istilah dalam pengiriman Lion Parcel berikut ini. Supaya kamu menambah wawasan dan tahu apa saja istilah dalam pengiriman jasa ekspedisi. Langsung klik link di atas ya.

Dengan begitu, bisnismu akan semakin berkembang dan pelanggan akan semakin puas dengan layanan yang kamu berikan.

Sekarang mari kita berandai pada salah satu situasi di mana kamu harus sering mengirim paket karena penjualan yang banyak, dan mengharuskan pakai banyak jenis jasa ekspedisi nih.

Bisa aja itu jadi hal yang ribet kan, apalagi kalau satu paket harus ekspedisi ini satunya harus ekspedisi yang lain.

Atau kalau ternyata paket yang harus dikirim banyak banget? Pasti merepotkan kalau mau ngirim ke gerai ekspedisi mau terdekat sekalipun.

Nah kamu tenang aja, segala situasi di atas bisa kamu atasi dengan mudah kok pakai KiriminAja.

KiriminAja sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia pastinya bakal bantu kamu dalam kirim barang. Banyak pilihan kurir lho dalam satu platform.

Bisa pick up di tempatmu tanpa harus ada minimal paket. Mau instan, sameday sampai kargo ada semua di sini.

Kamu cukup daftar aja di Dashboard KiriminAja, gratis lho. Tunggu apalagi? Bisa cairin dana COD-mu dengan cepat juga lho biar #CashflowAman dan bisnis jadi tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.