Mari Membahas Strategi Digital Marketing Efektif Bagi Bisnis Online 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh strategi digital marketing

Salah satu tantangan besar dalam menjalankan sebuah usaha online ialah memahami strategi digital marketing secara utuh. Dengan begitu, Anda punya cara unik mengenalkan produk kepada konsumen.

Metode digital marketing memang sekarang umum dipakai oleh banyak pelaku usaha. Mungkin Anda juga tidak asing dengan istilah tersebut.

Lalu apa sih digital marketing itu? Untuk Anda yang masih belum paham atau merasa masih setengah-setengah memahami digital marketing, KiriminAja menguraikannya untuk Anda di artikel ini.

KiriminAja sebagai partner bisnis online berkomitmen untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Harapannya, dari uraian ini, Anda jadi lebih bisa efektif dan efisien menjalankan praktik pemasaran digital.

Strategi Digital Marketing Menurut Para Ahli

Digital marketing ialah salah satu metode untuk mempromosikan produk atau jasa yang memanfaatkan teknologi digital.

Digital marketing dinilai lebih efektif daripada prosedur pemasaran secara konvensional. Sebab, digital marketing dapat menjangkau konsumen secara cepat dan luas.

Untuk memaksimalkan digital marketing, Anda perlu menyusun strategi. Tujuan strategi ialah meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda dan menarik konsumen untuk memakai produk.

Dengan strategi digital marketing, diharapkan usaha Anda hadir dalam dunia digital. Misalnya dalam media sosial, PPC, SEO, dan sebagainya.

Contoh Strategi Digital Marketing

Berikut beberapa contoh strategi digital marketing yang dapat Anda pertimbangkan untuk usaha Anda.

Media Sosial Marketing

Banyak konsumen yang menggunakan media sosial dalam keseharian. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen.

Interaksi yang dibangun tentunya bertujuan untuk ajang promosi. Anda dapat membuat konten yang menarik dan informatif agar dapat menjalin komunikasi konsumen.

Anda juga diperkenankan berhubungan langsung kepada konsumen melalui direct message. Dengan begitu, Anda bisa lebih tahu masalah konsumen sebagai pintu masuk menawarkan solusi.

Dari sekian praktik digital marketing, media sosial merupakan salah satu contoh strategi yang dapat dengan mudah dan terjangkau untuk langsung Anda coba.

Apalagi, media sosial memungkinkan untuk digunakan berbagai macam jenis usaha.

Pay-Per-Click (PPC)

PPC ialah cara meningkatkan traffic situs yang Anda miliki dengan metode iklan yang dibayar per klik.

Dengan PPC, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang melakukan pencarian di google dengan keyword.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan strategi digital marketing yang bertujuan membuat situs usaha Anda berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian.

Penggunaan SEO dapat dilakukan dengan menganalisis sistem mesin pencarian. Media yang dapat digunakan untuk SEO berupa website, blog, serta infografis. 

Cara Menyusun Strategi Digital Marketing yang Efektif

Strategi digital marketing yang disusun secara matang, akan membantu usaha Anda mencapai tujuan pemasaran melalui media yang tepat. 

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah menyusun strategi digital marketing. Berikut langkah-langkah efektif yang dapat Anda coba:

Tentukan Tujuan dan Indikator Keberhasilan

Tujuan jelas menjadi hal dasar yang harus Anda miliki ketika hendak menyusun strategi digital marketing. Dengan memiliki tujuan jelas, Anda dapat menyusun strategi yang tepat dan relevan.

Berdasarkan tujuan tersebut, Anda kemudian dapat menyusun indikator keberhasilannya. 

Misalnya; tujuan marketing Anda adalah memperluas jangkauan pasar, maka indikator keberhasilannya berupa menjangkau 1.000 audiens baru dari luar pulau Jawa.

Tujuan dan indikator keberhasilan dapat berkaitan dengan target yang ingin dicapai dalam usaha Anda. Atau bisa juga target dalam promosi produk.

Tentukan Target Pasar

Untuk memaksimalkan strategi digital marketing, Anda harus menentukan target pasar. Kemudian rancang produk Anda sesuai dengan target pasar tersebut.

Masalahnya, Anda juga harus memahami target pasar ini dengan tepat dan spesifik agar sesuai niche market yang ditargetkan.

Untuk bisa seperti itu, Anda bisa membaca uraian teori perilaku konsumen yang sudah disiapkan KiriminAja. Dari teori tersebut, Anda akan lebih mudah mengerti maunya konsumen itu seperti apa. Sehingga Anda lebih bisa menjadikan produk, marketing, dan brand lebih sesuai dengan keinginan konsumen.

Dengan menentukan target pasar, Anda dapat menentukan media yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk. Sebab, setiap jenjang usia biasanya menggunakan jenis media berbeda.

Seperti misalnya, orang tua cenderung menggunakan Facebook. Sedangkan anak muda cenderung menggunakan Twitter dan Instagram.

Susun User Persona

Setelah menentukan target pasar, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah menciptakan user persona. Yaitu, karakteristik target konsumen yang ideal dan sesuai dengan pasar marketing Anda.

Misalnya user persona konsumen Anda ialah perempuan berusia 17 tahun yang memiliki kesadaran merawat kulit wajah, tetapi belum memiliki penghasilan. Maka Anda dapat menciptakan produk skincare dengan harga terjangkau.

Saat menentukan user persona, Anda juga akan diwajibkan mengetahui perilaku konsumen. Kedua hal tersebut saling terkait dan mempengaruhi.

Untuk itu, Anda perlu mendalami kedua hal tadi secara lebih detail di uraian Konsep 5A Marketing.

Tautan uraian KiriminAja itu akan membantu Anda mendapatkan penjelasan detail dan terstruktur bagaimana menentukan user persona dan perilaku konsumen. 

Susun Content Plan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah menyusun content plan. Content plan akan memudahkan Anda mencapai tujuan pemasaran pada setiap aktivitas promosi yang dijalankan.

Dalam menyusun content plan, Anda perlu menentukan topik serta konten yang menarik. Selain itu, Anda juga perlu menentukan jadwal untuk mengunggah konten tersebut.

Evaluasi Secara Rutin

Setelah rangkaian strategi digital marketing di atas, Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin. Tujuannya agar dapat melihat tingkat keefektifan strategi digital marketing yang sudah dijalankan.

Melalui evaluasi, Anda dapat melihat apakah strategi digital marketing yang sudah dijalankan berhasil atau tidak. Sehingga, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam menjalankan strategi digital marketing.

Cara-cara di atas dapat Anda praktikkan untuk menyusun strategi digital marketing secara efektif.

Bagian tersulit dari cara-cara di atas adalah memastikan bahwa Anda mempraktikkan dengan konsisten, terprogram, dan terstruktur.

Sebagai daya tarik tambahan ke konsumen, Anda juga dapat memakai KiriminAja untuk memberikan layanan ekstra dengan harga hemat ke konsumen.

Harga ongkir yang lebih hemat dengan layanan ekstra akan membuat konsumen Anda lebih nyaman dan yakin saat melakukan check out.  

Untuk bisa mendapatkan layanan ekstra dan ongkir hemat itu, Anda hanya perlu registrasi dengan mengunjungi dashboard KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.