Menerapkan Mail Marketing Secara Efektif, Bagaimana Caranya?

Updated May 18, 2022 • Created 4 bulan yang lalu
Menerapkan Mail Marketing Secara Efektif, Bagaimana Caranya?

 

Ketika berbincang tentang marketing, Anda akan menemukan beragam strategi pemasaran yang tersedia dan bisa dijadikan pertimbangan pemilihan. Memang, untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi serta konversi promosi menjadi transaksi yang meningkat, perlu diterapkan strategi pemasaran yang tepat pula.

Nah, diantaranya beragam strategi marketing atau pemasaran yang digunakan, mail marketing adalah salah satu strategi yang bisa Anda gunakan. Penggunaan email untuk penunjang bisnis saat ini, terutama penggunaan smartphone yang lebih luas, membuat strategi pemasaran lewat email ini masih efektif untuk digunakan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan email marketing tersebut dan bagaimana cara untuk menerapkan strategi promosi ini agar efektif untuk menunjang bisnis yang dijalankan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Mail Marketing

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan email marketing tersebut? Nah, menjawab pertanyaan tersebut tentu penting sebelum Anda nantinya menerapkan strategi promosi yang satu ini.

Secara singkat, email marketing adalah salah satu bentuk iklan yang dilakukan dengan cara menyampaikan pesan atau promo produk dan layanan tertentu kepada pelanggan menggunakan email secara personal. Dikarenakan pengiriman promo tersebut dilakukan secara personal, strategi ini sering disebut dengan istilah direct email marketing atau pesan secara langsung.

Promosi melalui email marketing banyak dilakukan oleh berbagai industri dan perusahaan, mulai dari perusahaan dengan skala kecil hingga skala besar, bahkan multinasional. Ada banyak alasan kenapa strategi promosi ini banyak digunakan. Selain cenderung lebih hemat dari segi biaya, strategi ini cocok untuk iklan dengan target yang jelas.

Kenapa Strategi Email Marketing Masih Relevan Digunakan?

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk mendapatkan calon konsumen yang lebih banyak. Namun, apa yang menyebabkan strategi ini masih relevan?

Ketika Anda mendengar email, maka apa yang tergambar adalah aplikasi pesan yang cenderung tradisional dan sudah lama. Hal tersebut memang benar adanya karena saat ini ada banyak sekali aplikasi pengirim pesan yang lebih modern dan dianggap lebih menarik daripada email.

Namun, perlu diketahui bahwa peran email sangat penting. Dalam penggunaan smartphone, email adalah sebab utama kenapa smartphone Anda bisa digunakan. Selain itu, dalam urusan bisnis dan hubungan kemitraan yang profesional, email masih memegang peranan penting. Artinya, urusan komunikasi bisnis yang penting dilakukan dengan menggunakan email.

Lalu, bagaimana dari segi efektivitas pemasaran?

Nah, dalam penelitian yang dilakukan, pemasaran online yang dilakukan menggunakan media email cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi hingga 81%. Persentase ini cukup jauh lebih tinggi dibandingkan dengan promosi melalui media sosial lain yang memiliki persentase hingga 51%.

Bisa jadi, persentase yang lebih tinggi tersebut didapatkan dari kesan penggunaan email yang jauh lebih serius dan profesional. Beberapa faktor inilah yang kemudian menjadikan email marketing sebagai strategi marketing yang saat ini masih sangat relevan.

Tips Menerapkan Strategi Direct Email Marketing

Meskipun memiliki efektivitas yang cukup tinggi serta merupakan strategi pemasaran yang masih relevan saat ini, tetap saja Anda perlu memahami strategi penerapan direct mail marketing untuk melakukan promosi. Dengan strategi yang tepat, tentu saja promosi yang Anda lakukan menggunakan email tersebut nantinya akan berjalan dengan lebih baik dan efektif.

1)     Menargetkan pelanggan

Apakah bisnis yang Anda jalankan sudah memiliki pelanggan tetap ataupun pelanggan loyal? Jika sudah, maka strategi direct email marketing ini bisa digunakan.

Pasalnya, seperti yang dibahas sebelumnya, strategi marketing ini memang dijalankan secara langsung ke personal konsumen. Oleh karenanya, Anda harus memastikan ada target terlebih dahulu, terutama jika ada promo yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen. Dengan demikian, tentu, persentase konversi transaksi akan lebih tinggi.

Lantas, apakah strategi ini tidak cocok untuk menjaring konsumen baru?

Sebenarnya cocok saja. Hanya saja, Anda harus memastikan jika target konsumen yang dikirimkan promo melalui email marketing sudah mengenal bisnis yang Anda jalankan dan menunjukkan ketertarikan.

2)     Melakukan follow up

Follow up atau tindak lanjut juga termasuk salah satu strategi yang tepat untuk dilakukan dalam penerapan email marketing. Nah, follow up ini merupakan sebuah email marketing yang dikirimkan secara berkala dengan tema pembahasan yang berbeda untuk membangkitkan kesan pada target konsumen.

Dalam penerapan strategi ini, Anda memang harus membangun konten promosi yang menarik dan membangun rasa penasaran. Selain itu, Anda nantinya juga bisa melakukan penyaringan target konsumen. Jika setelah beberapa follow up tidak ada tanggapan yang berarti dari target konsumen, maka Anda bisa beralih ke konsumen lainnya.

3)     Mengikuti trend direct mailing yang berkembang

Perlu diketahui bahwa direct mailing akan senantiasa berkembang dari waktu ke waktu sebagaimana strategi promosi pada umumnya. Nah, dalam hal ini, Anda perlu mengetahui trend direct mailing yang sedang berkembang.

Keputusan untuk mengikuti trend direct mailing ini adalah hal yang tepat karena akan menunjukkan bahwa promosi yang Anda lakukan senantiasa up to date dan sesuai dengan apa yang banyak dibahas masyarakat saat itu. Oleh karenanya, cobalah cari referensi yang lengkap untuk merumuskan apa yang sedang menjadi trend direct mailing tersebut.

4)     Meningkatkan personalitas

Seperti yang dibahas sebelumnya, email marketing adalah strategi marketing yang dikirimkan secara personal ke target konsumen. Nah, agar strategi promosi ini berhasil dan tingkat konversi transaksi lebih tinggi, maka Anda harus meningkatkan personalitas.

Perlu dipahami bahwa target konsumen cenderung lebih menyukai iklan yang memiliki sentuhan personal lebih tinggi. Pasalnya, ada kesan bahwa mereka turut terlibat dalam iklan yang Anda buat tersebut.

Oleh karenanya, pikirkan dengan masak mengenai materi iklan yang akan digunakan. Selain itu, ada baiknya jika Anda turut mempelajari karakteristik target konsumen agar efektivitas email marketing yang dikirimkan pun cenderung lebih tinggi.

5)     Membuat kampanye hybrid

Pernah mendengar tentang kampanye hybrid? Nah, kampanye hybrid adalah sebuah kampanye yang melibatkan pemasaran digital serta direct mailing.

Kampanye ini bisa dilakukan dengan cara langsung menambahkan tombol check out ataupun link website tertentu. Dengan demikian, penerima email marketing sebagai target konsumen Anda pun nantinya memiliki kemudahan untuk langsung melakukan transaksi. Transaksi hybrid pun juga cukup efektif untuk meningkatkan ketertarikan dari target konsumen. 

6)     Memberikan promosi yang menarik

Ketertarikan adalah hal yang harus diupayakan dalam setiap promosi yang dilakukan. Oleh karenanya, ketika membahas tentang email marketing yang tepat, maka Anda harus memberikan promosi yang cenderung menarik.

Ada cukup banyak cara untuk melakukan promosi menarik. Selain menggunakan kalimat yang cenderung persuasif, Anda juga bisa memberikan beberapa tawaran. Misalnya, berikan kode promo, opsi untuk melakukan pre-order, ataupun hadiah dan diskon untuk pembelian tertentu.

Dengan efektivitas yang lebih tinggi, mail marketing bisa menjadi ide pemasaran yang tepat. Hanya saja, selain menerapkan strategi email marketing sesuai poin di atas, Anda juga harus bersabar karena proses promosi ini tidak bisa memberikan hasil dalam waktu semalam saja.

 

 

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Dwika
Author
Dwika
Bagikan