Resep Dapur Meramu Loyalty Program KiriminAja Poin untuk Member KA

Yanuar
1 tahun lalu
Info KiriminAja
Resep Dapur Meramu Loyalty Program KiriminAja Poin

Loyalty program adalah motor penggerak retensi konsumen yang membantu bisnis Anda menghasilkan pendapatan, meningkatkan brand awareness, dan mencapai growth.

Seperti kita tahu bersama, sumber pendapatan utama sebagian besar bisnis berasal dari pelanggan setia. Nah, salah satu strategi menarik pelanggan untuk setia dan terus-menerus berbelanja di bisnis Anda adalah dengan program loyalitas.

Cara Kerja Loyalty Program

Seperti strategi bisnis pada umumnya, loyalty program juga membutuhkan biaya. Kabar baiknya, jika dijalankan dengan disiplin, biaya loyalty program tidak menggerus keuangan perusahaan.

Beberapa contoh loyalty program yang umum dijalankan di bisnis saat ini adalah:

  • Pengumuman sekaligus akses lebih awal ke produk baru
  • Akses lebih awal ke penjualan
  • Hadiah barang atau layanan lebih baik
  • Layanan khusus, seperti pengiriman gratis atau lebih cepat
  • Diskon khusus anggota

Untuk bergabung dengan program loyalitas, pelanggan perlu mendaftarkan informasi pribadi mereka ke database khusus perusahaan. Setelah itu, konsumen mendapat tanda pengenal unik, seperti ID numerik atau kartu keanggotaan.

Pengenal itu akan digunakan konsumen saat melakukan pembelian produk. Dengan begitu, loyalty program tidak hanya memberikan insentif kepada pelanggan. Loyalty program juga membantu menciptakan hubungan lebih erat antara bisnis Anda dan konsumen.

Kenapa Loyalty Program Penting?

Dengan program loyalitas, konsumen yang antusias akan cenderung makin tertarik membeli dan mengonsumsi produk sebuah brand. Hingga akhirnya jadi pasar penting untuk merek tersebut.

Dengan kata lain, mengoptimalkan loyalty program akan memberikan manfaat, yang sama besarnya, bagi pebisnis dan konsumen.

Berikut ini adalah lima manfaat penting dari program loyalitas yang dijalankan sebuah bisnis:

Data Konsumen yang Lebih Banyak

Setelah para pelanggan bergabung dengan loyalty program, tim marketing dapat melacak preferensi, kebiasaan belanja, dan minat mereka.

Kabar menariknya, konsumen Indonesia cenderung senang dan sukarela bertukar informasi pribadi mereka demi mendapat keuntungan dari program loyalitas.

Data-data tersebut menjadi landasan vital bagi bisnis Anda untuk melakukan marketing/sales/pendekatan/penawaran yang dipersonalisasi pendekatan sesuai persona masing-masing pelanggan.

Memanfaatkan Suara Pelanggan dalam Campaign yang Mengandalkan Word of Mouth

Banyak bisnis terjebak melakukan banyak marketing campaign atau gimmick pemasaran baru, yang ternyata efeknya tidak signifikan.

Alih-alih menjalankan marketing campaign baru, bisnis Anda dapat mengandalkan testimoni pelanggan dengan umpan keuntungan tertentu.

Sebagai contoh, mintalah pelanggan me-review atau memberi testimoni atas produk bisnis Anda di Google Maps dan media sosial. Lalu berikan hadiah atau keuntungan tertentu dari aktivitas word of mouth itu.

Metode loyalty program ini membuat pelanggan punya motivasi untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial. Secara perlahan dan pasti, word of mouth itu akan mendatangkan konsumen baru, loyalitas baru, dan kenaikan retensi.

Membangun Komunitas Konsumen

Banyak orang ingin merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.  Kabar baiknya, loyalty program menawarkan proyeksi tersebut.

Berbagai acara dalam rangkaian loyalty program membuat pelanggan memberikan saran, kritik, dan pujian pada bisnis Anda. Dari sinilah, bisnis Anda bisa membangun sebuah komunitas yang saling mendukung.

Sehingga, pada akhirnya nanti, pelanggan merasa menjadi bagian penting dari bisnis Anda karena tumbuh bersama dalam sebuah relasi positif. Hal itulah yang akan mendorong pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda.

Meningkatkan Retensi dan Referensi Pelanggan

Program loyalitas memberi reward khusus ke konsumen yang melakukan pembelian berulang. Reward itu bersifat eksklusif dan bervariasi, seperti penawaran khusus (diskon) dan perlakuan personal (ucapan ulang tahun).

Tentu saja, reward tersebut akan mendorong retensi konsumen. Plus, para konsumen setia itu akan memberikan referensi dan testimoni positif ke relasi-relasi atau circle mereka dalam berbagai jenis platform.

Sehingga, bisnis Anda tidak hanya mendapatkan retensi, tapi juga bisa menjangkau konsumen baru.

Hemat Biaya

Bisnis Anda harus mengeluarkan uang  untuk bisa menjalankan loyalty program dengan sukses dan on target. Akan tetapi, biaya program loyalitas jauh lebih hemat daripada biaya marketing campaign untuk dapat konsumen baru.

Hambatan Umum Loyalty Program

Loyalty program atau program loyalitas pelanggan telah terbukti sebagai metode efektif untuk mengembangkan dan mempertahankan pangsa pasar.

Jadi, secara umum, pebisnis online memang mengakui pentingnya program loyalitas pelanggan. Akan tetapi masih sedikit pebisnis online yang berani menjalankan loyalty program mengambil tindakan.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab kenapa loyalty program tidak dijalankan sebuah bisnis. Beberapa di antaranya adalah:

  • Ekspektasi konsumen yang berlebihan
  • Tidak ada perangkat yang bisa mengukur keberhasilan program dengan akurat
  • Ekosistem kompetisi yang sangat kompetitif
  • Biaya loyalty program yang menggerogoti keuangan perusahaan.

KiriminAja mengajak Anda membahas bagaimana membentuk loyalty program yang baik dan berefek positif, baik bagi bisnis serta konsumennya. Mari kita bahas satu per satu di sini.

Persiapan Fundamental Loyalty Program

Sadar atau tidak sadar, Anda sebenarnya melihat banyak sekali loyalty program bertebaran di kehidupan sehari-hari manusia Indonesia yang terkoneksi internet. Artinya, program loyalitas masih bisa mendorong pangsa pasar secara efektif.

Hanya saja, umumnya, ada kesenjangan antara teori, praktik, perspektif pebisnis, dan sudut pandang konsumen.

Kesenjangan itu menyebabkan loyalty program tidak berjalan optimal, tidak menarik di mata konsumen, dan mengganggu keuangan perusahaan.

Lalu bagaimana cara melakukan loyalty program yang oke?

Ada 4 hal fundamental yang perlu dilakukan bisnis demi bisa menghasilkan loyalty program paling paripurna.

Prioritaskan Pengalaman Konsumen

Program loyalitas harus dibangun dari aktivitas mengidentifikasi, menganalisa, dan membuat batasan yang jelas atas pengalaman konsumen. Sehingga, loyalty program bisa memberikan efek positif atas pengalaman baik konsumen pada brand.

Gunakan Data dengan Tepat Guna

Bagian tersulit dari mengutamakan konsumen adalah bagaimana bisnis Anda mengolah, menganalisa, dan membuat hipotesis atas data pengalaman konsumen tersebut. Karena itulah identifikasi, analisa, membangun asumsi, dan integrasi data konsumen harus efektif.

Berikan Sesuatu yang Masuk Akal dari Segi Finansial

Konsumen pasti banyak maunya dan program loyalitas harus konsisten. Artinya, program loyalitas harus bisa mencakup personalisasi, menaikkan brand awareness, mengenalkan manfaat baru, dan banyak hal lain yang menarik bagi konsumen secara konsisten.

Untuk itu semua, bisnis Anda harus memiliki kekuatan dan batas finansial yang jelas serta wajar. Iya, pendekatan loyalty program Anda harus berbasis kondisi finansial perusahaan. Sehingga, berbagai aktivitas campaign untuk menarik pelanggan dibatasi biaya yang wajar.

Rancang Model dan Program Loyalty

Untuk menjaga anggaran program dan finansial perusahaan tetap on the track, Anda harus merancang berbagai rencana dan model terkait loyalty program tersebut.

Sehingga, Anda akan lebih banyak menghasilkan kreativitas dalam campaign, cara menarik konsumen, pendanaan, hadiah, dan manfaat untuk bisnis Anda sendiri.

Bagaimana KiriminAja Membangun Loyalty Program

Dengan berbagai keuntungan, kekurangan, kendala, dan tantangan loyalty program di atas, KiriminAja menghadirkan KiriminAja Poin.

Sebagai sebuah loyalty program, KiriminAja Poin merupakan hasil evaluasi dan proses upgrading bisnis para C-level setelah bertemu dengan member KiriminAja (member KA) yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

Evaluasi dan upgrading bisnis menghasilkan 2 target penting KiriminAja Poin, yaitu:

  1. Bagi KiriminAja: Mendukung online seller tetap setia dengan KiriminAja
  2. Bagi member KiriminAja: Menjadi layanan aplikasi kirim paket yang menguntungkan dan membantu growth bisnis para member KA.

Dengan KiriminAja poin, para member KiriminAja diharapkan terus bisa menumbuhkan bisnisnya. Sehingga, akan memberikan multiplier effect ke KiriminAja yang juga ikut tumbuh.

KiriminAja Poin memungkinkan member mendapat hadiah, voucher diskon, layanan khusus, dan berbagai penawaran eksklusif lainnya. Sehingga, nantinya, para member KA terpacu untuk terus tumbuh dan mengembangkan bisnisnya lebih maju.

Hubungan yang selaras dan fair antara KiriminAja dengan para member KA ini merupakan landasan krusial KiriminAja Poin. 

Jadi, Anda bisa menunggu kehadiran KiriminAja Poin dalam waktu dekat, langsung merasakan bagaimana loyalty program berjalan seiring pertumbuhan bisnis Anda sendiri, mendapat reward, dan makin bersemangat menjalankan bisnis.

Daftar KiriminAja Poin di https://bit.ly/KApoin

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Yanuar
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.