Berikut Rumus dan Cara Hitung Total Biaya Tetap Bisnis Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Biaya tetap adalah pengeluaran tetap

Pada beberapa kasus finansial perusahaan, bisnis yang baik adalah bisnis dengan akuntan yang tepat. Oleh sebab itu, akuntan yang mahir rumus menghitung total biaya tetap adalah investasi penting bagi bisnis.

Seperti diketahui dan dialami bersama banyak business owner, menghitung total biaya tetap bukanlah masalah sepele, apalagi jika dihubungkan dengan siklus dan laporan akuntansi. 

Laporan biaya tetap ini banyak digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Gunanya adalah untuk menentukan bagaimana jalannya sebuah bisnis di waktu mendatang.

Selain itu juga, laporan biaya tetap dan laporan akuntansi secara lengkap berfungsi sebagai bahan evaluasi atas berbagai aktivitas bisnis di masa depan.

KiriminAja menyajikan sejumlah uraian detail untuk lebih mengenal apa itu biaya tetap, peran akuntan, dan bagaimana bisnis bisa berkembang dengan baik.

Pengertian Biaya Tetap atau Fixed Cost

Biaya tetap merupakan jenis pengeluaran atau biaya yang tidak berubah dan tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi atau penjualan sekalipun.

Biaya tetap ini harus dibayar meskipun perusahaan tidak menjual produk berupa barang maupun jasa. Biaya tetap yang harus dibayar termasuk gaji karyawan, sewa gedung, dan biaya listrik.

Biaya tetap ini adalah pengeluaran perusahaan yang selalu dikeluarkan sebagai kewajiban terhadap tanggung jawabnya selama berbisnis dan mempunyai usaha.

Karena namanya sebagai biaya tetap maka ia tak dipengaruhi oleh perubahan jumlah barang dan jasa. Dalam Akuntansi biaya tetap juga disebut sebagai biaya statis.

Maka dari itu sebuah perusahaan atau bisnis harus selalu membayarkan biaya tersebut tanpa melihat pengaruh eksternal maupun internal.

Perlu disadari biaya tetap ini adalah elemen penting dalam bisnis dan oleh karenanya harus dijaga sebagai kualitas yang baik.

Jenis-Jenis Biaya Tetap

Ada beberapa jenis biaya tetap sebagai berikut:

Committed Fixed Cost

Ini adalah biaya tetap yang telah ditentukan untuk menjaga eksistensi perusahaan. Biaya tetap yang telah ditentukan tersebut berkaitan dengan investasi dari fasilitas dan struktur organisasi perusahaan.

Jenis biaya ini bersifat jangka panjang. Maka dari itu harus selalu dilakukan secara seksama melalui perhitungan yang benar. Contoh dari jenis ini adalah gaji karyawan, biaya asuransi, pajak bangunan dan sebagainya.

Discretionary Fixed Cost

Biasa disebut sebagai biaya tetap kebijakan, dikeluarkan tergantung dari kebijakan yang dikeluarkan manajemen perusahan. Biaya tetap jenis ini sifatnya jangka pendek dan bisa diubah kapanpun itu.

Contohnya adalah biaya pasang iklan, biaya roset, biaya pelatihan karyawan, dan sebagainya.

Cara Menghitung Total Biaya Tetap

Lalu apa rumus dari total biaya tetap dan bagaimana cara menghitungnya? 

Rumus menghitung total biaya tetap adalah Anda harus menambahkan semua biaya tetap yang dikeluarkan perusahaan. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan semua biaya yang terkait dengan peralatan, gaji karyawan, sewa, listrik, dll.

Contoh : Jika perusahaan membayar gaji karyawan sebesar Rp 10 juta per bulan, sewa gedung sebesar Rp 15 juta per bulan, dan biaya listrik sebesar Rp 5 juta per bulan, maka total biaya tetap per bulan adalah: Rp 10 juta + Rp 15 juta + Rp 5 juta = Rp 30 juta.

Anda juga dapat menghitung total biaya tetap dalam jangka waktu tertentu, seperti per tahun, dengan mengalikan jumlah bulanan dengan jumlah bulan dalam jangka waktu tersebut.

Ingat bahwa biaya tetap dapat berubah dari waktu ke waktu dan harus diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa perhitungannya tetap akurat.

Rumus dan Cara Menghitung Total Biaya Tetap

Rumus dari TFC atau Total Fixed Cost adalah:

TFC = jumlah biaya tetap 1 + jumlah biaya tetap 2 + jumlah biaya tetap 3 + ... + jumlah biaya tetap n

Contoh: Jika perusahaan membayar gaji karyawan sebesar Rp 10 juta per bulan, sewa gedung sebesar Rp 15 juta per bulan, dan biaya listrik sebesar Rp 5 juta per bulan, maka rumus untuk menghitung total biaya tetap per bulan adalah:

TFC = Rp 10 juta + Rp 15 juta + Rp 5 juta = Rp 30 juta

Anda juga dapat menghitung total biaya tetap dalam jangka waktu tertentu, seperti per tahun, dengan mengalikan jumlah bulanan dengan jumlah bulan dalam jangka waktu tersebut.

Jangan lupa bahwa TFC dapat berubah dari waktu ke waktu dan harus diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa perhitungannya tetap akurat.

Cara Menghitung Total Absolute Cost

TAC ini adalah gabungan dari biaya tetap dan biaya variabel. Pengertian biaya tetap sudah kita ketahui seperti yang di atas.

Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan dan bisa berubah sesuai kondisi perusahaan. Seperti biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya transportasi.

Cara menghitung TAC adalah: TFC + TVC = TAC (Total Absolute Cost) adalah jumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu.

Perusahaan dapat menggunakan data TFC, TVC, dan TAC untuk mengevaluasi efisiensi operasional, menentukan harga jual produk, dan membuat keputusan strategis lainnya.

KiriminAja dan Akuntan yang Lihai dalam Rumus Menghitung Total Biaya Tetap Adalah Investasi Bisnis Anda

Jangan khawatir, judul di atas bukan sekedar gimmick pemasaran, kok. KiriminAja memang hadir untuk memudahkan aktivitas logistik bisnis Anda.

Seperti diketahui bersama, KiriminAja adalah platform manajemen jasa pengiriman satu pintu yang memberikan biaya hemat dan transparan dengan layanan prima. 

Dengan KiriminAja, Anda bisa menghemat biaya pengiriman dan logistik tanpa harus mengorbankan kualitas layanan ke konsumen Anda. 

Lebih jauh lagi, KiriminAja membantu akuntan bisnis Anda bisa menghitung total biaya tetap setiap periode dari aktivitas logistik. 

Karena itulah, dengan KiriminAja, Anda bisa menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang. Bagaimana caranya? KiriminAja menyediakan:

  • Fitur history untuk melacak berbagai aktivitas pengiriman yang sudah dilakukan
  • Fitur pencatatan perhitungan biaya, potongan diskon, dan pengurangan beban biaya lain
  • Kemudahan membaca dan lalu mengkonversi laporan keuangan di KiriminAja ke bentuk laporan akuntansi secara umum

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa bingung menghitung biaya logistik di setiap bulannya.

Tentu saja, yang paling utama, KiriminAja juga menawarkan berbagai pilihan jasa ekspedisi unggulan Indonesia. 

Jadi, yuk, ambil kesempatan bergabung dengan komunitas online seller yang selalu optimis menumbuhkan bisnisnya.

Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja dan melakukan beberapa verifikasi. Setelah itu, Anda bisa langsung menikmati kemudahan manajemen jasa logistik bisnis Anda. 

Dengan begitu kombinasi KiriminAja dan akuntan yang lihai dalam rumus menghitung total biaya tetap adalah memang benar-benar investasi bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.