Bingung Cara Promosi Makanan Kekinian Efektif? Yuk, Cek Strateginya di Sini

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
strategi promosi makanan kekinian

Dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda wajib banget memiliki strategi promosi makanan kekinian. Tentu saja, tujuan strategi ini adalah menciptakan angka penjualan produk yang terus meningkat. 

Bagaimanapun juga penjualan produk adalah penghasilan utama bisnis Anda untuk menjamin keberlangsungan usaha. 

Ada berbagai macam strategi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Berikut telah KiriminAja rangkum berbagai strategi paling ampuh untuk tahun 2023 ini.

KiriminAja telah merangkum beberapa strategi pemasaran produk untuk Anda.

Strategi Promosi Makanan Kekinian yang Mampu Menarik Audiens

Strategi promosi makanan adalah hal krusial sebab yang berbisnis kuliner bukan hanya Anda. Selain itu, kompetitor bisnis Anda terus bertambah setiap harinya.

Selain strategi promosi, sebagai entrepreneur, Anda juga perlu memiliki sejumlah rencana cadangan berupa bisnis kedua. Tenang saja, bisnis kedua tidak harus mahal dan meminta effort banyak.

Sebagai referensi, Anda bisa melihat referensi sejumlah bisnis yang realistis dijalankan di 2023 ini. Anda hanya perlu meng-klik tautan tersebut untuk memahami sejumlah bisnis kedua yang bisa Anda jalankan dengan optimal dengan biaya minimal.

Walau memiliki bisnis cadangan, Anda juga tetap perlu fokus dengan bisnis utama dan strateginya. Untuk itu, berikut ini beberapa detail strategi promosi makanan yang juga bisa diadaptasi ke berbagai jenis bisnis Anda.

Membuat Kemasan Produk yang Menarik

Kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum memutuskan membeli produk. Oleh karena itu kemasan harus memuat informasi yang lengkap tentang produk.

Selain itu, informasi yang dicantumkan juga harus menunjukkan keunggulan produk tersebut dari kompetitor. Sertakan juga kata-kata menarik agar konsumen tergiur membeli.

Bentuk kemasan juga perlu diperhatikan agar dapat menarik perhatian konsumen. Rancang bentuk kemasan dengan sederhana tetapi memiliki keunikan. Sehingga, kemasan tetap memiliki fungsi utama sebagai pelindung produk sekaligus menjadi daya tarik tersendiri.

Anda dapat merancang kemasan yang kekinian dan segar. Atau Anda juga dapat merancang segmen pasar terlebih dahulu baru menentukan kemasan yang sesuai. 

Misalnya untuk segmen pasar anak muda gunakan kemasan yang mencolok dan unik. Atau untuk segmen pasar masyarakat menengah ke atas gunakan kemasan yang elegan dan berkelas.

Buat Katalog Foto Produk

Selain membuat kemasan yang menarik, Anda juga perlu mempublikasikan produk melalui berbagai media. Bisa dengan iklan, postingan di media sosial, dan sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu memiliki katalog foto produk dengan visual menarik. Foto-foto tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat konten promosi.

Pastikan foto produk dibuat dengan kualitas yang baik. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan seperti tagline, copywriting, atau penawaran lain yang menarik.

Gunakan perlengkapan yang memadai agar hasil foto bagus. Atau Anda juga dapat menggunakan jasa pembuat katalog jika tidak memungkinan membuat sendiri.

Buat Media Sosial Official

Jika website menjadi rumah untuk berjualan, maka media sosial menjadi stand berjualan yang praktis dan tidak memerlukan banyak biaya. Untuk itu, penting bagi bisnis Anda untuk memiliki media sosial official.

Anda dapat membuat akun di berbagai media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan sebagainya. Kemudian buat konten yang menarik pada masing-masing platform.

Biasanya setiap platform memiliki segmen pengguna yang berbeda. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan segmen pasar Anda dengan platform yang digunakan.

Misalnya segmen pasar Anda adalah  anak muda, maka platform yang bisa digunakan ialah TikTok dan Instagram. Maka Anda dapat memaksimalkan promosi produk di kedua platform tersebut.

Buat Website Bisnis

Salah satu strategi promosi makanan kekinian yang jarang dieksplorasi lebih jauh adalah membuat website. Padahal, website menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan dalam membuat strategi pemasaran produk. Sebab, kehadiran website seperti halnya rumah tempat Anda berjualan.

Selain itu, website juga menjadi situs resmi yang dapat meningkatkan brand awareness produk Anda. Sehingga konsumen lebih percaya dan mau membeli produk Anda.

Buatkan tampilan website yang menarik dan user friendly. Serta muat informasi tentang produk selengkap dan semenarik mungkin.

Bekerjasama dengan Layanan Pengiriman

Di era sekarang konsumen menginginkan kepraktisan dalam berbelanja. Seperti dengan belanja online atau belanja dari rumah. Untuk itu, Anda juga perlu bekerjasama dengan layanan pengiriman.

Sehingga Anda dapat memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen dengan memberikan penawaran pengiriman yang cepat dan praktis. Selain itu, Anda juga perlu memastikan biaya pengiriman tidak terlalu mahal agar konsumen mau membeli produk Anda.

Akan tetapi, untuk mengatur pengiriman dengan berbagai variabel dan jenis ekspedisi yang berbeda tentu tidak mudah. Untuk itu KiriminAja hadir sebagai platform penyedia jasa aggregator ekspedisi.

Dengan mendaftarkan bisnis ke KiriminAja, Anda dapat mengotomatisasikan pengiriman produk hanya melalui satu pintu. Sehingga penjualan produk akan lebih lancar, cashflow aman, dan Anda pun tenang.

Bekerjasama dengan Influencer

Influencer adalah pihak yang memiliki pengaruh kepada masyarakat atau segmen tertentu. Biasanya mereka memiliki pengikut yang banyak di media sosial dan pendapat mereka dipercaya.

Selain itu, masyarakat sekarang juga banyak menghabiskan waktu berselancar di media sosia. Sehingga bekerjasama dengan influencer menjadi strategi promosi produk yang perlu Anda pertimbangkan.

Adakan Give Away

Promosi produk terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan mengadakan giveaway. Yaitu memberikan produk gratis untuk peserta dengan persyaratan tertentu.

Anda dapat menggunakan momentum tertentu seperti ulang tahun bisnis, tahun baru, dan sebagainya. Kemudian buat persyaratan seperti harus follow media sosial official, mempromosikan produk di media sosial pribadi, dan sebagainya.

Agar program giveaway lebih dijangkau masyarakat luas, Anda juga dapat bekerjasama dengan influencer atau artis untuk publikasi. Sehingga jangkauan peserta yang ikut giveaway lebih banyak.

Dengan berbagai jenis channel promosi di atas, Anda juga harus menyadari bahwa copywriting itu penting. Iya, kata-kata promosi makanan di semua strategi promosi di atas harus Anda pikirkan banget.

Karena itulah, kami membuat kamus rujukan kata-kata promosi produk kuliner untuk referensi Anda. Setidaknya dari kamus itu, Anda bisa menerapkan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Cara KiriminAja Mendukung Strategi Promosi Bisnis Kuliner Anda

KiriminAja adalah platform manajemen jasa pengiriman satu pintu yang jadi solusi 200.000++ online seller unggulan Indonesia

Anda bisa memanfaatkan KiriminAja sebagai salah satu bagian krusial strategi promosi bisnis makanan kekinian. Kenapa begitu? 

Karena KiriminAja reliable menjadi manajemen jasa kurir produk-produk kuliner. Selain keamanan pengiriman, harga KiriminAja sangat masuk akal bagi online seller. Harapannya, Anda bisa tetap menjaga #CashFlowAman. 

Memakai KiriminAja, Anda bisa mengirimkan makanan ke pelanggan dengan lebih mudah, hemat, anti busuk, dan aman. Iya, KiriminAja memahami betapa pentingnya keamanan dan kecepatan pengiriman bagi bisnis kuliner Anda. 

Oleh karena itu, KiriminAja menyediakan layanan pengiriman dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin. Anda tidak perlu khawatir lagi soal keamanan dan kualitas pengiriman produk Anda.

Selain itu, KiriminAja juga dilengkapi dengan dashboard yang user-friendly dan mudah digunakan. Anda bisa memantau status pengiriman produk Anda secara real-time dan melacak pergerakan paket dengan mudah.

Jadi, sudahi galau itu dan ayo segera bergabung dengan KiriminAja untuk menikmati kemudahan pengiriman produk kuliner Anda. 

Yuk, daftar gratis dengan meng-klik dashboard KiriminAja sekarang juga untuk menjadi member KiriminAja.

Lalu jadikan KiriminAja sebagai bagian strategi promosi makanan kekinian. Maka saat itulah, Anda akan merasakan momen indah bisnis jadi tenang serta tumbuh signifikan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.