8 Tips Marketing Online Dengan Budget Terbatas

Ruth
1 bulan lalu
119
8 Tips Marketing Online Dengan Budget Terbatas

Pernahkah Anda berpikir mengenai kenapa korporasi besar bisa memiliki produk yang sangat populer di kalangan masyarakat? Kampanye pemasaran, atau bisa disebut juga kampanye marketing, adalah jawabannya. Nah, kampanye marketing ini membutuhkan anggaran khusus supaya dapat berjalan dengan teratur, maka dari itu marketing budget terbatas bisa dipraktekkan untuk mengurangi pendanaan.

Lalu, berapakah biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk kampanye marketing supaya dapat berjalan dengan efektif? Sebenarnya, jika memang Anda cerdas, bukan tidak mungkin melakukan marketing online dengan budget yang cukup  mepet.

Terkait kampanye marketing, dalam hal anggaran ini cukup menarik perhatian. Tidak banyak perusahaan yang bersedia membuka rahasia dapur kampanye marketing yang sudah mereka jalankan terkait rinciannya, seperti strategi, target pasar, bentuk iklan, maupun alokasi anggaran yang dipakai, marketing budget terbatas.

Kompetitor juga publik, hanya bisa menebak-nebak apa yang sebenarnya mereka rencanakan untuk memperoleh hasil maksimal dari kampanye marketing tersebut dan bisa mendapatkan sedikit gambaran. 

Menurut laporan Deloitte yang ada di The Wall Street Journal, perusahaan-perusahaan responden rata-rata menghabiskan 7,5% dari total revenue untuk budget marketing sendiri. Dari angka ini lah, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri consumer packaged goods, sebagian besar menyediakan produk kebutuhan sehari-hari (seperti minuman ringan, kosmetik, barang kelontong, dan lain-lain), memiliki rata-rata anggaran pemasaran sebesar 24% dari total anggaran belanja. Perusahaan-perusahaan tersebut mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk kampanye pemasaran.

Seakan berbanding terbalik dengan perusahaan besar, banyak perusahaan-perusahaan kecil dan menengah mengabaikan kampanye marketing untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sebagian  lain malah beranggapan bahwa kampanye marketing hanya buang-buang uang karena terkadang hasilnya tidak sesuai harapan maka Anda memerlukan marketing budget terbatas. 

Kampanye marketing dapat berjalan dengan baik jika Anda melakukannya dengan benar. Adapun hal-hal yang menjadi tolak ukur di sini yaitu apakah kampanye tersebut dapat berjalan sesuai dengan kondisi bisnis Anda atau tidak.

Tips Melakukan Marketing Dengan Budget Pas-Pasan

  1. Content Marketing

Pada dunia digital marketing, terdapat istilah “Content is King”. Konten adalah raja dan Anda bisa melakukan apa saja dengan itu. Konten yang baik tentu akan dapat membantu mempromosikan produk serta layanan.

Diperlukan memiliki wadah khusus untuk tempat meletakkan segala konten yang dimiliki yaitu melalui blog. Anda bisa membuat blog berisi konten berkualitas untuk memikat lebih banyak calon pelanggan. Kontennya bisa mengambil tema industri yang Anda geluti.

  1. Menulis kembali Konten Lama Anda

Blog yang sudah dimiliki dan beroperasi, strategi pemasarannya bisa lebih sederhana dengan cara menulis kembali konten lama. Kemungkinan, akan ada banyak orang yang belum pernah melihat artikel lama tersebut, terutama pengunjung baru di blog. 

Konten lama bisa disuguhkan kepada pengunjung dengan packaging baru! Contohnya, Anda bisa mengubah kumpulan posting blog menjadi e-book atau merekam tutorial video berdasarkan salah satu blog lama, hal ini selain efektif juga dapat memudahkan saat kehabisan ide konten baru. 

  1. Gunakan Teknik Infografis

Banyak dari kita tahu bahwa tidak semua orang berbakat membuat desain, namun pastinya setiap orang bisa membuat desain terbaiknya lewat teknik infografis. Infografis adalah apa yang ditekankan untuk calon konsumen. 

Infografis yang baik akan bersifat eye catching, mudah dicerna, dan dapat bermanfaat untuk banyak orang sehingga audience sukarela melakukan share. Jangan membuat desain yang asal, dan tidak menarik! 

Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, atau jika Anda tidak terbiasa menggunakan aplikasi desain, mulai dengan layanan murah seperti infogr.am atau visual.ly untuk mendapat beberapa inspirasi desain. Anda juga dapat menggunakan Canva.com sebagai pilihan desain simple untuk desain yang lebih mudah dipahami.

  1. Memaksimalkan Konten Video

Anda bisa menyaksikan sendiri keajaiban konten video ketika menerapkan tips marketing online. Menariknya, Anda bahkan tidak perlu menyewa jasa videographer profesional. Cukup siapkan konten informatif durasi pendek, ambil gambar menggunakan kamera smartphone, dan video siap untuk dibagikan.

Selanjutnya, Anda tinggal membagikan video promosi ke segala penjuru internet melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan YouTube.

  1. Mengoptimasi SEO Lokal

SEO (Search Engine Optimization) adalah  optimasi mesin pencari. SEO memang terdengar rumit untuk sebagian pengguna baru karena banyak hal penting yang perlu diperhatikan. Nyatanya, optimasi SEO dapat dilakukan secara sederhana dengan biaya rendah. Kunci utamanya yaitu fokus pada pencarian lokal. 

Buat halaman Google Plus untuk bisnis Anda , tandai lokasi kantor atau toko pada Google Maps. Tidak hanya itu, Anda dapat bekerjasama dengan website untuk menampilkan nama bisnis yang dijalankan. Seringnya nama bisnis disebutkan di internet akan membantu meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

  1. Buat Komunitas Online

Cara supaya berhasil di pasaran yaitu membuat produk dan layanan Anda “berpihak” pada pelanggan. Membangun komunitas sendiri merupakan langkah yang wajib dilakukan. Anda bisa membalas komentar pengunjung pada blog bisnis yang dikelola. 

Anda juga bisa mencitrakan diri sebagai thought leader, atau pihak yang dapat dipercaya oleh calon pelanggan. Jika memiliki cukup waktu, Anda bisa membuat komunitas melalui grup Facebook atau LinkedIn. 

Wadah ini bisa menampung orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap bisnis Anda. Perlu membangun komunikasi yang intens dengan calon pelanggan. Maka, produk dan layanan yang ditawarkan akan lebih mudah diterima oleh mereka.

  1. Hadirkan Event Online

Event dapat membantu mendatangkan calon pelanggan. Event offline memerlukan lebih banyak biaya. Jawaban dari masalah tersebut Anda bisa mengadakan event online. Awali dari komunitas atau grup sosial yang sebelumnya sudah kamu bangun. 

Jika cara ini kurang maksimal, Anda bisa bekerja sama dengan pihak pada perusahaan lain sebagai pembicara atau pemberi dana. Kerjasama seperti ini kedepannya akan lebih memudahkan karena secara otomatis akan menarik lebih banyak peminat, terutama jika rekan kerja kamu memiliki popularitas tinggi.

Platform yang dapat digunakan pun cukup beragam. Sekarang ini Google Hangout masih menjadi favorit para penyelenggara event online. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan Skype, Zoom dan Telegram.

  1. Manfaatkan Review Site

Reputasi bisnis Anda di dunia pun sama penting. Calon pelanggan lebih menyukai bisnis dengan reputasi baik. Hadirkan kesan baik di berbagai platform di internet. Cara termudah adalah dengan memberi rating tinggi di Google My Business. Laman Facebook memiliki fitur serupa yang juga sebaiknya dioptimalkan. Manfaatkan Yelp serta bekerjasama dengan berbagai blog yang khusus berisi review produk dan layanan.

Rating serta testimoni yang sudah diberikan oleh pelanggan dapat dijadikan materi pemasaran. Berbalik dengan anggapan banyak orang, tips marketing budget terbatas dapat dijalankan dengan sederhana.

Kunci utama untuk mendapat pelanggan adalah fokus, lakukan  pengembangan bisnis manapun yang menurut Anda paling sesuai untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!