Tak Perlu Mahal, Inilah Cara Ampuh Mempertahankan Konsumen Setia

Danusantoso
1 tahun lalu
Cara Menjaga Loyalitas Konsumen

Menjaga konsumen setia adalah prinsip yang cukup sering diabaikan pelaku bisnis. Para pebisnis baru ini cenderung lebih fokus menjangkau konsumen baru.

Efeknya, cukup mudah menemukan bisnis yang menghabiskan sumber daya berharganya untuk fokus pada akuisisi pelanggan baru. Tentu saja, akuisisi pelanggan tetap memberikan efek positif meningkatkan pendapatan dan kesadaran merek. 

Hanya saja, pelanggan yang melakukan pembelian berulang jauh lebih berharga bagi bisnis Anda daripada pelanggan baru. Alasan sederhananya adalah karena pelanggan yang sudah setia lebih cenderung memberikan keuntungan lebih besar bagi bisnis Anda.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis Anda untuk fokus pada upaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada, mengubah mereka menjadi pelanggan yang setia, dan meningkatkan nilai bisnis mereka selama masa berlangganan.

Dengan fokus pada retensi pelanggan, Anda dapat membangun basis pelanggan yang kuat, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan nilai bisnis Anda secara keseluruhan. 

Untuk itu, KiriminAja akan menghadirkan sejumlah trik mempertahankan konsumen Anda. Trik-trik ini disajikan berdasarkan apa yang sudah KiriminAja lakukan untuk bisnisnya sendiri. Jadi, mari kita bahas:

Miliki Produk Unggulan

Kunci utama keberhasilan bisnis adalah memiliki produk unggulan yang memenuhi kebutuhan konsumen. Karena dengan begitu, bisnis Anda sudah membuat konsumen setia dan tak henti membeli.

Tentunya, Anda sudah mengerti pentingnya menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Memahami konsumen secara menyeluruh adalah cara terbaik untuk menciptakan produk unggulan tersebut.

Siapa konsumen Anda? Apa kebutuhan dan permasalahan yang mereka hadapi? Bagaimana produk Anda dapat jadi solusi yang lebih baik dibandingkan kompetitor?

Untuk itu, Anda perlu selalu melakukan inovasi dan penyempurnaan produk. Di sisi lain, Anda juga perlu memberikan wawasan dan pengetahuan tentang produk ke konsumen. Sehingga, bisnis Anda dan konsumen tumbuh saling berkelindan.

Kumpulkan Feedback dan Perbarui Produk

Inovasi, penyempurnaan produk, dan memberikan wawasan ke konsumen adalah aktivitas yang terkait langsung dengan menerima serta mengolah feedback dari pelanggan. 

Feedback dari pelanggan sangat krusial sebagai trigger pertumbuhan bisnis atau produk Anda. Tanpa adanya umpan balik, Anda mungkin akan kesulitan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan.

Karenanya, bisnis Anda perlu mengumpulkan umpan balik secara proaktif. Iya, tanggung jawab Anda untuk mendekati konsumen dan memperbarui produk sesuai masukan yang diterima.

Secara singkat, berikut ini sejumlah rangkaian mengumpulkan dan mengolah feedback yang dapat mempengaruhi pelanggan tetap Anda secara positif:

  • Komunikasi dengan pelanggan secara aktif: Gunakan berbagai saluran komunikasi seperti chatbot otomatis, webinar, chat WhatsApp, business coaching, dan berbagai aktivitas pertemuan lain. Tujuannya untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, terutama pelanggan baru.
  • Amati pola umum: Setelah mengumpulkan umpan balik yang banyak dari pelanggan, Anda perlu menganalisis masukan tersebut dan mencari pola umum. Misalnya, mungkin 60% pelanggan merasa bahwa produk Anda kekurangan fitur atau layanan tambahan tertentu. 
  • Tingkatkan produk Anda: Berdasarkan pola umum umpan balik itu, lakukan peningkatan yang diperlukan pada produk Anda agar lebih menarik bagi pelanggan.
  • Beri tahu konsumen: Setelah Anda memperbarui produk sesuai kebutuhan pelanggan, segera beritahu konsumen. Dengan begitu, indeks kepuasan pelanggan akan meningkat, dan angka penurunan pelanggan akan berkurang secara drastis.

Kami juga sudah membuat panduan memahami feedback sebagai cara untuk menyempurnakan produk bisnis Anda. Dengan membaca panduan tersebut, Anda bisa lebih strategis menjadikan feedback sebagai motivasi menumbuhkan bisnis.

Menyediakan Layanan Pelanggan Berkualitas yang Menyeluruh

Salah satu tujuan utama dari setiap bisnis adalah memperoleh loyalitas seumur hidup dari pelanggan. Untuk itu, salah satu strategi bisnis yang wajib dikerjakan adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda. 

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah melalui layanan pelanggan yang luar biasa dan memuaskan.

Pengalaman pelanggan meliputi segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, baik buruk maupun baik. Mulai dari cara menyapa, bagaimana respon terhadap keluhan pelanggan, hingga seberapa mudah pelanggan memberikan umpan balik. 

Pada banyak kasus, mengutamakan pengalaman pelanggan adalah faktor pendorong utama adanya pembelian berulang. Mengutamakan pengalaman pelanggan berarti menyelesaikan masalah pelanggan dan memberikan lebih dari yang diharapkan untuk memastikan kepuasan mereka.

Personalisasi Setiap Aktivitas

Personalisasi bukan hanya sebatas memanggil pelanggan dengan namanya saja. Pada sejumlah kasus, beberapa pelanggan meninggalkan bisnis karena kurangnya personalisasi. 

Semakin sering Anda berinteraksi dengan pelanggan setia, semakin banyak data yang Anda miliki tentang preferensi mereka. Gunakan data tersebut untuk menyesuaikan pesan, promosi, dan praktik pemasaran Anda. 

Sebagai referensi, Anda bisa memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi. Iya, Anda perlu mempersonalisasi tawaran produk dalam pesan WhatsApp, email, dan saluran komunikasi lain berdasarkan tindakan/transaksi konsumen sebelumnya. 

Dengan menunjukkan produk serupa kepada pelanggan yang sudah pernah membeli dalam kategori yang sama, Anda meningkatkan peluang mereka untuk membeli lagi.

Memberi Diskon dengan Strategis

Memberi diskon dan insentif merupakan cara yang efektif untuk menarik minat pelanggan dan mempertahankan loyalitas. Apalagi jika diskon dan insentif ini dikemas sedemikian rupa sehingga terasa personal dan sesuai karakter masing-masing konsumen Anda.

Namun, jika margin keuntungan Anda terbatas, memberikan diskon memang cukup berisiko untuk bisnis Anda. Ada juga fenomena konsumen hanya membeli produk saat ada diskon. Fenomena semacam itu mudah ditemui karena penjual terlalu sering memberikan diskon atau insentif.

Artinya, jika digunakan dengan tepat dan strategis, kupon adalah cara efektif untuk mendorong pelanggan untuk kembali ke toko online Anda.

Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan teknologi dan data untuk menemukan pola serta tren belanja tertentu. Teknologi dan data membantu Anda menyesuaikan penawaran kupon dan diskon Anda secara lebih efektif. 

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi hasil dan efektivitas dari penawaran kupon dan diskon Anda agar dapat terus meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Buat Program Loyalitas

Program loyalitas pelanggan yang menarik dapat memberikan dorongan ke konsumen agar tetap setia dengan produk Anda. Namun, apa yang membuat program loyalitas pelanggan sukses? 

Hanya saja, yang jadi pertanyaan adalah ketika program tersebut gratis dan tidak ada konsekuensi saat pelanggan keluar dari program, apa yang membuat pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda?

Untuk itu, berikut ini sejumlah pilar utama dari setiap program loyalitas pelanggan yang sukses:

  • Menawarkan hadiah untuk berbagai tindakan pelanggan, seperti membuat akun, mendaftar newsletter, mereferensikan teman, dan lain sebagainya.
  • Menawarkan hadiah yang memiliki makna dan nilai bagi pelanggan, seperti poin yang bisa ditukar.
  • Menawarkan berbagai jenis hadiah karena pelanggan memiliki preferensi yang berbeda, seperti hadiah uang, undangan ke acara, donasi untuk tujuan yang mereka pedulikan, dan lain sebagainya.
  • Memudahkan pelanggan untuk bergabung dan mendaftar, serta memiliki struktur hadiah dan poin yang logis.

Iya, di mata konsumen, fitur paling diinginkan dari program loyalitas adalah diskon, poin atau hadiah, serta akses ke produk eksklusif.

Sebagai online seller, pertimbangkan untuk membuat program loyalitas yang menarik bagi pelanggan Anda dengan mempertimbangkan pilar-pilar di atas. 

Dengan program loyalitas yang efektif, Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan meningkatkan penjualan.

Konsumen Setia Adalah Darah Bagi Bisnis Anda

Pelanggan yang melakukan pembelian berulang sangat penting bagi setiap bisnis, baik itu B2B atau B2C. Dengan fokus pada strategi retensi pelanggan, Anda dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis Anda secara signifikan.

Dalam upaya retensi pelanggan, pelayanan logistik juga harus masuk dalam strategi retensi pelanggan tersebut. Dengan menggunakan KiriminAja, Anda dapat menyediakan sistem pengiriman yang canggih, terotomisasi, dan mengubah cara sistem logistik bisnis Anda secara holistik.

Oleh karena itu, sebagai online seller, Anda harus selalu memastikan untuk terus memberikan pengalaman dan dukungan pelanggan terbaik yang mungkin. Dengan demikian, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan meningkatkan pendapatan serta keuntungan bisnis online.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.