Memahami Endorse untuk Strategi Promosi Lebih Gacor di 2024

Danusantoso
4 bulan yang lalu
Bisnis
manfaat endorsement

Endorse merupakan salah satu strategi marketing yang menggaet selegram, influencer, KOL, atau tokoh publik lainnya untuk mempromosikan sebuah merek/produk.

Anda dapat memanfaatkan strategi ini untuk memperkuat branding merek dan juga meningkatkan penjualan.

Banyak merek, baik yang masih kecil ataupun yang sudah besar, memanfaatkan endorsement lho. Pasalnya, ini merupakan metode promosi yang cukup efektif karena memanfaatkan kedekatan psikologis antara peng-endorse dengan followersnya.

Langsung saja yuk, kita kupas pengertian dan juga manfaat endorse untuk bisnis Anda.

Endorse Adalah Marketing Harga Terjangkau

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah “endorse” terutama dalam konteks selebriti atau tokoh terkenal yang sering terlibat dalam berbagai promosi.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan endorse? Secara sederhana, endorse adalah suatu bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan oleh seseorang atau suatu pihak terhadap suatu produk, merek, atau layanan.

Adapun bentuk endorsement biasanya berupa testimoni positif, iklan, atau bahkan kehadiran tokoh terkenal dalam acara-acara tertentu.

Anda dapat menggunakan metode endorse ini sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan beberapa strategi promosi sekaligus agar bisa mendatangkan traffic dari berbagai segmen.

KiriminAja telah merangkum strategi apa saja yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan dalam artikel tentang Strategi Promosi berikut.

Manfaat Endorse

Endorse memiliki beberapa manfaat penting untuk bisnis Anda. Berikut di antaranya:

Membangun Ekuitas Merek (Branding)

Salah satu manfaat utama dari endorsement adalah membantu membangun ekuitas merek atau brand equity. Ketika merek Anda didukung oleh tokoh terkenal yang memiliki banyak pengikut atau penggemar, citra merek Anda pun akan meningkat.

Penggemar tokoh terkenal tersebut akan lebih cenderung memiliki pandangan positif terhadap merek Anda. Sehingga, secara alami mereka akan lebih tertarik untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.

Dengan hadirnya endorsement, produk Anda yang awalnya mungkin kurang dikenal akan lebih mudah diterima di pasaran karena asosiasi positif dengan tokoh terkenal.

Hal ini membantu merek Anda untuk tetap relevan dan dapat membuka kesempatan untuk bertumbuh dalam industri yang kompetitif.

Highlight Produk

Endorsement juga memungkinkan produk Anda untuk mendapatkan sorotan lebih di tengah-tengah masyarakat. Dengan sorotan yang lebih besar, potensi konsumen untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk tersebut juga meningkat.

Mereka mungkin akan mencari ulasan, testimoni, atau informasi lebih lanjut mengenai produk Anda sebelum membuat keputusan pembelian.

Hal ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menonjol dan memberikan informasi yang meyakinkan tentang produk yang Anda tawarkan.

Anda juga dapat berkolaborasi dengan content creator untuk membuat konten promosi yang lebih menarik dan kreatif.

Alasan penting dan manfaat collab dengan content creator dapat Anda pelajari lebih jauh dalam artikel tersebut.

Membuka Peluang Market Baru

Endorsement oleh tokoh terkenal tidak hanya meningkatkan eksposur merek Anda di pasar yang sudah ada, tetapi juga dapat membuka peluang untuk menjangkau pasar baru.

Misalnya, jika tokoh terkenal tersebut memiliki pengikut dari berbagai kelompok usia atau latar belakang yang berbeda, endorsement tersebut dapat membantu dalam menembus pasar yang sebelumnya sulit dijangkau.

Ketika merek Anda berhasil menarik perhatian kelompok baru, maka dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih pertumbuhan yang lebih baik.

Jika merek Anda sebelumnya hanya dikenal di kalangan tertentu, endorsement dapat membantu memperluas jangkauan merek dan menciptakan kesempatan baru untuk meningkatkan penjualan dan popularitas.

Kredibilitas Merek

Salah satu faktor penting dalam membangun kepercayaan konsumen adalah kredibilitas merek. Endorsement oleh tokoh terkenal atau influencer yang dipercaya dapat memberikan dorongan besar dalam hal ini.

Ketika seorang tokoh terkenal yang dihormati merekomendasikan atau mendukung suatu merek, konsumen cenderung percaya bahwa produk atau layanan tersebut memiliki kualitas yang baik.

Kredibilitas ini juga berlaku tokoh terkenal memiliki keterkaitan dengan bidang atau industri tertentu, dan mereka merekomendasikan produk yang relevan dengan keahlian atau minat mereka.

Strategi ini dapat dilakukan dengan menggaet KOL, yaitu suatu ahli atau orang yang dipercaya memiliki kompetensi yang berkaitan dengan merek atau produk Anda.

Misalnya, seorang atlet terkenal yang merekomendasikan sepatu olahraga atau pakaian olahraga memiliki dampak yang kuat pada persepsi konsumen tentang kualitas produk tersebut.

Citra Terhadap Merek

Terakhir, endorsement dapat membantu membentuk citra positif terhadap merek Anda. Citra merek sangat penting dalam menarik konsumen dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.

Ketika merek Anda didukung oleh tokoh terkenal dengan reputasi yang baik, citra positif dari tokoh tersebut juga akan mencerminkan pada merek Anda.

Begitu pula, jika tokoh terkenal tersebut memiliki kepribadian yang sesuai dengan nilai dan identitas merek Anda, maka endorsement akan membantu meningkatkan citra.

Tips Agar Strategi Endorse Sukses

Selain menerapkan strategi marketing dengan endorse, Anda perlu menambahkan strategi lain yang membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Misalnya, Anda menawarkan layanan pengiriman dengan pilihan ekspedisi yang beragam, ongkos kirim hemat, dan juga kualitas yang reliable.

Kabar baiknya, kualitas prima seperti itu dapat Anda berikan hanya dengan bekerjasama bersama KiriminAja. Sebagai aplikasi pengiriman no #1, kami juga dapat membantu Anda mengatur pengiriman dengan bebas menentukan margin profit.

Anda hanya perlu daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja untuk mengintegrasikan online store Anda dengan KiriminAja. #CashFlowAman, bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.