Tugas Human Resources Adalah Seleksi Ala Mertua Cek Calon Menantu

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
beda-hr-dan-hrd

HR atau Human Resource adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, ada resource lain yang penting, sebagai tambahan, dalam manajemen proyek, memahami resource adalah sangat penting untuk keberhasilan proyek.

Sekarang, dalam artikel kali ini, KiriminAja akan membahas definisi HR, Tugas HR, perbedaan HR dan HRD, serta pentingnya HR dalam sebuah perusahaan.

Definisi Human Resource (HR)

Human resource (HR) adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.

Aktivitas di dalamnya meliputi proses perekrutan, pengembangan, pelatihan, penggajian, manajemen kerja, manajemen hubungan karyawan, serta pengaturan kebijakan dan praktik kerja.

Tujuan HR adalah memastikan perusahaan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, dan termotivasi untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, HR juga harus menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. 

Simak juga pengertian dan fungsi skill will matrix ini yang masih berhubungan dengan human resources, agar memahami karyawan atau kolega bisnis jadi lebih baik.

Tugas Human Resource (HR) dalam Perusahaan

Human Resource (HR) dalam sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab untuk melakukan berbagai tugas berikut:

Perekrutan dan Seleksi

Tugas HR yang pertama adalah melakukan proses rekrutmen. Meliputi aktivitas menarik, menyeleksi, dan merekrut calon karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pelatihan dan Pengembangan

HR bertanggung jawab menyediakan pelatihan dan pengembangan karyawan agar mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan mengembangkan karir.

Manajemen Kinerja

HR bertanggung jawab mengevaluasi kinerja karyawan secara berkala, memberikan umpan balik dan saran untuk meningkatkan kinerja, serta memastikan karyawan bekerja sesuai dengan standar perusahaan.

Penggajian dan Manfaat

HR bertanggung jawab mengelola program gaji dan manfaat karyawan. Meliputi perhitungan gaji, manajemen pajak, dan administrasi program manfaat seperti asuransi kesehatan dan pensiun.

Manajemen Hubungan Karyawan

HR bertanggung jawab memastikan hubungan antara karyawan dan manajemen berjalan dengan baik. Selain itu, juga mengatasi masalah karyawan seperti konflik atau keluhan.

Kebijakan dan Praktik Kerja

HR bertanggung jawab mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan dan praktik kerja yang memenuhi persyaratan undang-undang dan etika bisnis.

Kemudian HR juga harus memastikan bahwa karyawan memahami dan mematuhi kebijakan tersebut.

Kepatuhan Undang-Undang Ketenagakerjaan

HR bertanggung jawab memastikan bahwa perusahaan mematuhi undang-undang ketenagakerjaan dan peraturan pemerintah terkait pengelolaan sumber daya manusia.

Perencanaan Sumber Daya Manusia

HR harus memastikan bahwa perusahaan memiliki jumlah dan jenis karyawan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Selain itu, HR juga harus mempersiapkan rencana suksesi untuk mengatasi kebutuhan penggantian karyawan yang keluar atau pensiun.

Apa Bedanya HR dan HRD?

Setelah mempelajari definisi dan tugasnya, sekarang Anda sudah memiliki gambaran tentang HR bukan? Namun, mungkin Anda masih terkecoh nih dengan istilah yang hampir sama, yaitu HRD.

Meskipun keduanya sama-sama berkaitan dengan sumber daya manusia, tapi antara HR dan HRD memiliki fokus dan tujuan yang berbeda lho.

HR (Human Resource) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia. Fokusnya pada manajemen operasional SDM dan aspek administrasi pengelolaannya.

Tugas HR meliputi perekrutan dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, penggajian dan manfaat, manajemen hubungan karyawan, kebijakan dan praktik kerja, dan perencanaan sumber daya manusia. 

Sementara itu, HRD (Human Resource Development) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab mengembangkan sumber daya manusia melalui pelatihan, pengembangan karir, dan pengembangan organisasi. 

Fokus HRD pada pengembangan dan pertumbuhan karyawan, serta aspek untuk mewujudkannya.Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kinerja karyawan agar dapat mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. 

Dalam praktiknya, HR dan HRD dapat beroperasi secara terpisah tapi tetap saling berkaitan.. HR mengelola administratif SDM, sementara HRD mengembangkan keterampilan dan kompetensi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. 

Keduanya memiliki peran penting agar bisnis Anda memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, dan termotivasi. 

3 Alasan Penting Mengapa Perusahaan Harus Punya HR

Apakah setiap perusahaan harus memiliki HR? Melihat peranan dan tugasnya, HR memiliki kontribusi cukup penting untuk memperlancar aktivitas bisnis Anda.

Berikut 3 alasan mengapa HR penting dalam sebuah perusahaan:

Merekrut Karyawan Terbaik

Dengan adanya HR, proses rekrutmen dapat lebih efektif untuk menemukan karyawan terbaik yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini tentu akan membantu kelancaran kegiatan operasional bisnis Anda.

Mengontrol Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap produktivitas bisnis Anda. HR akan mengawasi kinerja mereka dan memberikan feedback, reward, serta training untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Peluang Meningkatkan Perusahaan

Berdasarkan survei Career Builde,  sebanyak 65% CEO mengatakan bahwa pendapat HR memiliki pengaruh besar dalam manajemen perusahaan.

HR mengkaji keahlian dan kinerja karayawan secara terukur. Sehingga mereka dapat membantu manajemen perusahaan dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Dengan demikian, produktivitas karyawan akan terus meningkat, dimana hal tersebut akan sejalan dengan perkembangan bisnis Anda.

Untuk lebih mensuport perkembangan bisnis, Anda juga perlu menambahkan strategi lain agar tetap profit dan cash flow aman. Misalnya, dengan mengoptimalkan layanan kepada konsumen agar mereka tetap menjadi pelanggan setia bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan layanan logistik dengan harga hemat dan kualitas reliable. Pelanggan pun akan lebih tertarik dan bisa meningkatkan penjualan.

Dengan KiriminAja, Anda dapat mewujudkan hal tersebut tanpa perlu effort banyak lho. Cukup daftar gratis di dashboard KiriminAja dan dapatkan kebebasan mengatur margin profit.

Selain itu, tentu ada banyak manfaat lain yang bisa KiriminAja kasih. Seperti manajemen toko, manajemen produk, manajemen staff, manajemen inventory,  dan masih banyak lagi.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.