Istilah Pengiriman Barang yang Perlu Konsumen Anda Tahu Biar Tak Kudet

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Istilah dalam pengiriman barang

Konsumen memang raja. Hanya saja, online seller pasti pernah mengalami rasanya menghadapi raja yang tidak tahu apa-apa. Apalagi dalam urusan ekspedisi. Karena itulah, KiriminAja menghadirkan berbagai istilah pengiriman barang ini.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis online, pastikan Anda mengetahui berbagai istilah ini. Sehingga saat konsumen rewel, Anda bisa langsung melakukan transfer pengetahuan.

Sebelum itu, daftar dulu di Dashboard KiriminAja biar pengiriman makin mudah dan setelah itu kita akan bahas mengenai hal di atas.

Sebab, aktivitas pengiriman barang melalui ekspedisi tidak dapat terpisahkan dari transaksi jual beli secara online.

Misalnya, jika Anda menggunakan ekspedisi SiCepat, maka konsumen juga wajib banget tahu berbagai istilah dalam pengiriman pakai SiCepat Ekspress. Kenapa?

Karena konsumen harus bisa memisahkan bahwa dalam transaksi online ada 3 pihak yang terlibat, yaitu:

  • Penjual atau Anda sebagai business owner
  • Jasa ekspedisi
  • Konsumen.

Para pelaku usaha membutuhkan jasa kirim barang dengan harga murah untuk mengantarkan produk mereka ke tangan pelanggan dengan selamat dan tepat waktu.

Saat ketiga pihak dalam rangkaian transaksi online tahu batas dan kuasa masing-masing pihak, maka akan semudah menghindari terjadinya konflik atau perdebatan yang tidak perlu.

Pahami juga yuk berbagai istilah dalam jual beli online agar transaksi dengan pelanggan lebih lancar.

Makanya, penting banget mempelajari berbagai istilah dalam pengiriman agar aktivitas pengiriman produk Anda berjalan lancar ke tangan konsumen tercinta.

Berbagai Istilah dalam Pengiriman Barang

Delivery Order

Delivery Order atau yang sering disingkat DO adalah instruksi tertulis yang diberikan penjual kepada pihak jasa pengiriman untuk mengantarkan pesanan ke pembeli.

Dalam jual beli online, delivery order biasanya dibuat secara otomatis oleh platform e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee. Dimana prosesnya setelah pembeli melakukan pembayaran.

KiriminAja sudah menyiapkan uraian khusus dan detail tentang delivery. Anda bisa membaca uraian di tautan tersebut untuk memahami landasan berpikir, istilah, dan konsep delivery dalam bisnis online.

Anda juga bisa membaca secara lengkap pembahasan mengenai delivery order di sini.

Part of Shipment

Istilah selanjutnya adalah Part of Shipment atau yang sering disingkat POS. Istilah ini digunakan untuk menyebut pengiriman barang dari berbagai pengirim yang ada dalam satu kontainer.

Biasanya, dalam kontainer tersebut berisi pengiriman barang dengan tujuan lokasi yang sama. Tujuannya agar proses pengiriman lebih efektif dan efisien.

Dalam pengiriman barang, Anda pasti pernah mengalami keluhan karena ternyata sampainya barang ke pelanggan sedikit molor atau terjadi kendala, maka dari itu penting untuk memahami apa saja faktor yang mempengaruhi estimasi pengiriman agar senantiasa bisa antisipasi dan memperlancar pengiriman yang ada.

Bill of Lading

Bill of Lading atau B/L merupakan dokumen yang dikeluarkan jasa pengangkut sebagai bukti pengiriman. Fungsinya sebagai bukti kepemilikan barang dan kontrak pengangkutan antara pengirim dan penerima barang.

Shipper

Shipper berarti pengirim atau eksportir yang menyediakan barang secara online. Shipper inilah yang melakukan proses menyiapkan barang ketika ada transaksi pembelian.

Selain itu, shipper juga melakukan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi. Biasanya, identitas shipper dicantumkan di dokumen pengiriman,  seperti dari nama, alamat, dan nomor telepon.

Shipping Schedule

Istilah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah shipping schedule yang berarti jadwal pengiriman barang. 

Biasanya berisi informasi mengenai tanggal, waktu, dan rute yang akan dilalui kapal atau transportasi lain yang digunakan untuk mengirimkan barang.

Packing List

Packing list atau daftar bungkus merupakan dokumen yang berisi informasi barang yang dikemas dalam pengiriman. 

Serta memuat informasi tambahan seperti tanggal pengiriman, alamat pengirim dan penerima, nomor referensi pengiriman, dan instruksi khusus terkait pengemasan dan penanganan barang.

Shipping Mark & Number

Shipping mark & number adalah kode dalam kemasan barang yang akan dikirim. Fungsinya untuk memudahkan identifikasi barang tersebut selama proses pengiriman dan penerimaan.

Biasanya, kode tersebut berupa angka, huruf, atau simbol yang dicetak atau dicat pada permukaan kemasan barang. Selain itu, shipping mark & number juda bisa lihat dalam packing list dan bill of lading.

Consignee

Consignee atau cnee adalah pihak yang berhak menerima barang dan bertanggung jawab mengambil aling barang tersebut di tempat dan waktu yang telah disepakati.

Informasi terkait cnee tercantum dalam dokumen pengiriman, seperti Bill of Lading atau Air Waybill. Biasanya berupa informasi terkait nama, alamat, nomor telepon, dan kontak lainnya.

Description of Good

Description of Good atau deskripsi barang adalah informasi rinci terkait jenis, kualitas, jumlah, kondisi, dan karakteristik barang yang akan dikirim.

Deskripsi tersebut diperlukan untuk menghitung biaya pengiriman, melakukan inspeksi, dan mengidentifikasi barang selama proses pengiriman.

Gross Weight

Gross Weight atau berat kotor adalah total berat dari suatu paket, yaitu akumulasi dari berat barang dan kemasan atau wadah yang digunakan untuk membukus. Biasanya gross weight diukur dalam satuan kilogram atau pound.

Net Weight

Net Weight atau berat bersih adalah berat barang tanpa memperhitungkan berat kemasannya. Informasi ini biasanya ada di dokumen pengiriman seperti invoice, packing list, Bill of Lading , dan sebagainya.

Container Freight Station

Kepanjangan CFS adalah Container Freight Station . CFS ini merupakan istilah yang berarti pengiriman secara LCL dari gudang asal ke gudang tujuan langsung.

Less than Container

Kepanjangan LCL adalah less than container. Istilah ini maksudnya adalah metode pengiriman dimana barang dikemas dan dikirim dalam kontainer barang lain yang ditujukan ke pelabuhan yang sama.

Metode LCL digunakan ketika kapasitas kontainer masih memiliki ruang karena pengiriman tidak memiliki cukup barang untuk mengisinya.

Container Yard

Container Yard (CY) adalah area pelabuhan yang digunakan untuk mengumpulkan, memuat, dan membongkar kontainer. CY juga menjadi tempat menyimpan kontainer sebelum dikirim ke pelabuhan tujuan atau diambil pemilik barang.

Full Container Loaded

Istilah yang terakhir adalah Full Container Loaded atau sering disingkat FCL. Ini adalah metode pengiriman barang dimana pengirim memiliki cukup barang untuk mengisi seluruh kapasitas kontainer.

Dengan kata lain, metode ini menggunakan kontainer secara eksklusif untuk pengiriman barang dari pengirim yang sama.

Beberapa istilah tersebut kerap dipakai dalam aktivitas pengiriman barang. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap jasa ekspedisi terkadang menggunakan istilah yang berbeda.

Perbedaan istilah tersebut  dapat terjadi misalnya dalam hal biaya pengiriman, jenis layanan, durasi pengiriman, nomor pelacakan, dan lain-lain. Untuk itu, Anda juga mempelajari berbagai istilah pengiriman dalam masing-masing jasa ekspedisi.

Selain itu, Anda juga perlu memahami berbagai istilah ekspedisi tentang pihak-pihak yang terlibat di dalam rangkaian sistem logistik. Untuk itulah, KiriminAja menyiapkan kamus khusus berbagai istilah ekspedisi tentang pihak-pihak yang terlibat dalam sistem pengiriman barang.

KiriminAja Mendukung Anda Mencerdaskan Ekosistem Transaksi Online

KiriminAja hadir untuk membantu Anda menjalankan aktivitas online dengan memberikan layanan manajemen jasa ekspedisi satu pintu yang lengkap dan terintegrasi.

Dengan KiriminAja, aktivitas produksi, distribusi, dan marketing Anda akan semakin mudah dilakukan. Sebab, Anda bisa menyingkat proses operasional ekspedisi dengan berbagai manfaatnya.

Anda bisa memilih berbagai pilihan jasa kurir dengan harga hemat, mencatat transaksi keuangan, melacak perjalanan paket, dan sejumlah layanan lain.

KiriminAja memang benar-benar memikirkan kebutuhan bisnis online Anda dengan memberikan solusi pengiriman barang yang hemat dan terpercaya. 

Harga ongkos kirim yang lebih murah tentunya akan membuat Anda semakin kompetitif di pasar online, dan memungkinkan Anda mengalokasikan lebih banyak anggaran ke aktivitas promosi.

Maka dari itu,Anda bisa mencoba memanfaatkan KiriminAja sebagai mitra pengiriman barang saat ini juga. Dapatkan layanan manajemen jasa kurir satu pintu termurah yang lengkap dan terintegrasi untuk memudahkan bisnis Anda tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

Anda hanya perlu klik dashboard KiriminAja sekarang untuk mendaftar gratis, melakukan sejumlah verifikasi, dan langsung nikmati kemudahan aplikasi kirim paket #1 Indonesia. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan logistik pengiriman barang, menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang, dan Anda bisa fokus pada aktivitas promosi untuk menjangkau konsumen baru.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.