Mengenal Penetrasi Pasar, Metode, Keuntungan dan Strateginya

Updated December 1, 2022 • Created 1 tahun lalu
Mengenal Penetrasi Pasar, Metode, Keuntungan dan Strateginya

Penetrasi pasar merupakan strategi mengembangkan pasar yang telah ada dan produk yang telah ada. Dimana perusahaan berkonsentrasi pada perluasan pangsa pasar saat sekarang ini.

Hal ini dilakukan dengan merebut pelanggan dari pesaing atau menarik pelanggan dari pesaing yang saat ini belum menggunakan produk. Dilakukan dengan cara menetapkan harga yang lebih rendah dan menggencarkan promosi secara lebih luas.

Metode Penetrasi Pasar

Terdapat tiga metode pemasaran untuk memperoleh penetrasi pasar yang lebih besar, yaitu dengan cara:

1. Merebut pelanggan dari pesaing

2. Menjual lebih banyak kepada pelanggan yang sudah ada

3. Menarik pelanggan baru untuk produk dan layanan yang ada

Supaya strategi penetrasi pasar menjadi lebih efektif, pasar harus cukup besar untuk dapat mempertahankan margin keuntungan yang rendah.

Penetrasi pasar biasanya dicapai dengan penggunaan bauran pemasaran yang lebih agresif. Termasuk didalamnya adalah melalui strategi penetapan harga rendah, promosi penjualan dan  perluasan saluran distribusi.

Keuntungan Strategi Penetrasi Pasar

1. Penjualan Meningkat

Mayoritas bisnis yang baru mulai berfokus pada peningkatan penjualan untuk mendapat keuntungan. Strategi penetrasi pasar yang tepat bisa dicapai dengan mendukung produk atau pasar agar bisa cepat dipasarkan secara tepat sesuai sasaran.

Strategi penetrasi pasar yang tepat dapat memastikan produk atau jasa mudah ditemukan oleh para target konsumen dalam segmentasi pasar yang sudah sesuai.

2. Brand Equity Meningkat

Brand equity adalah suatu hal yang disukai perusahaan dalam hal ini dapat dicapai menggunakan strategi penetrasi pasar yang lebih rinci. Hal ini dapat membuka kesempatan perluasan bisnis. Selain itu, dengan brand equity, suatu perusahaan bisa menekan biaya pemasaran dan juga mengenakan harga lebih tinggi dibanding kompetitor.

3. Product Positioning Lebih Baik

Pendatang baru di pasar sering merasa kesulitan untuk bersaing dengan brand besar yang sudah lama dan berkecimpung serta menguasai pasar. Kesulitan yang biasa ditemui pendatang baru adalah penetapan harga. Lebih sulit bagi pendatang terhadap penetapan harga yang lebih tinggi dari pesaing yang lebih dipercaya oleh pelanggan.

Namun dengan adanya strategi penetrasi pasar, bisnis baru dapat bersaing dengan harga yang ditawarkan kompetitor. Walaupun harga nya lebih tinggi namun jika mampu memposisikan brand nya di pasar dengan benar, hal tersebut tidak akan menjadi kendala besar oleh perusahaan tersebut.

Jika perusahaan Anda menggunakan penetrasi pasar sebagai pengukurannya, terdapat cara perhitungan yang perlu Anda kuasai. Rumus ini merupakan cara untuk mengetahui seberapa banyak jasa atau produk digunakan oleh konsumen dibandingkan total pasar yang diperkirakan. Terdapat rumus untuk menghitungnya, berikut adalah cara nya:

             (jumlah pelanggan/ukuran target pasar) x 100 = persentase penetrasi pasar

Rumus ini bisa digunakan untuk membantu membuat suatu keputusan mengenai penetrasi pasar bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah ada perkembangan atau justru terjadi penurunan penetrasi bisnis Anda. Setelah upaya ini, ada perubahan dalam persentase penetrasi pasar. Itulah cara untuk mengetahui perkembangan maupun kemunduran bisnis Anda secara berkala.

Strategi Penetrasi Pasar

Berikut strategi mengenai strategi penetrasi pasar:

1. Penyesuaian Harga

Salah satu strategi yang sering digunakan dalam penetrasi pasar yaitu penyesuaian harga. Penurunan harga produk atau jasa yang dapat meningkatkan penjualan. Namun, harga tidak harus selalu turun.

Pada dasarnya, perubahan harga baik penurunan atau peningkatan setelah analisis produk kompetitor merupakan taktik penetrasi pasar yang baik. Yang terpenting, hal ini tidak dilakukan terlalu sering agar tidak membuat bingung para konsumen dan menciptakan kesan yang kurang baik mengenai kualitas barang atau jasa yang ditawarkan.

2. Peningkatan Promosi

Promosi barang atau jasa adalah strategi penting untuk penetrasi pasar, dan hasilnya jika dilakukan secara benar bisa signifikan baik. Paling tidak, brand awareness harus bisa meningkat.

Anda bisa memilih untuk melakukan kampanye jangka panjang maupun memilih untuk kampanye jangka pendek tergantung kebutuhan dan dana yang ada. Perlu diingat bahwa hal ini hanya boleh dilakukan setelah perencanaan yang matang agar hasil yang didapatkan bisa memuaskan.

3. Perbaikan Kualitas Produk

Untuk bisa disukai konsumen, tentu produk atau jasa Anda harus memiliki kualitas yang baik. Hal ini berpengaruh pada kemampuan penetrasi pasar bisnis suatu perusahaan. Jadi, jangan lupakan untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas bisnis barang atau jasa Anda.

4. Tingkatkan Penggunaan

Salah satu cara penetrasi pasar yang ampuh yaitu meningkatkan penggunaan barang atau jasa dengan melakukan kampanye marketing. Jika kampanye ini efektif di suatu tempat, akan semakin banyak orang menggunakannya di daerah tersebut. Dengan begitu, penjualan pun akan ikut meningkat.

5. Kanal Distribusi

Untuk memastikan penetrasi pasar yang akan sukses, Anda harus mengetahui kanal-kanal distribusi yang tepat untuk menyalurkan barang dan jasa Anda. Selalu temukan kanal-kanal baru supaya penjualan meningkat dari waktu ke waktu. Contoh kanal yang bisa dipertimbangkan saat ini adalah lewat email marketing, telemarketing, internet marketing, dan lain-lain.

6. Buat Barriers To Entry

Barriers to entry atau halangan untuk masuk dapat dilakukan untuk membatasi masuknya produk kompetitor lain ke pasar. Hal ini contohnya dapat dilakukan dengan minimasi biaya variabel. Strategi tersebut bisa meningkatkan penjualan dan menciptakan barrier to entry bagi kompetitor.

7. Berpikir di Luar Kotak

Kreativitas dan keunikan merupakan hal penting dalam penetrasi pasar. Strategi yang monoton cenderung kurang berhasil. Oleh karena itu, jika Anda bisa menawarkan hal baru dan berbeda bagi konsumen, hal ini bisa lebih efektif untuk meningkatkan kekuasaan dan penjualan di pasar.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mengedukasi konsumen tentang kebolehan produk dan jasamu, membuat pembelian lebih mudah, memperluas jaringan distribusi, membuat desain produk yang user-friendly, serta meningkatkan customer referral.

8. Diversifikasi

Diversifikasi adalah taktik penetrasi pasar supaya perusahaan bisa masuk pasar baru. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat produk baru yang lebih sesuai dengan pasar tersebut.

9. Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Beberapa perusahaan memilih untuk membentuk kerjasama strategis dengan perusahaan lain untuk mempermudah penetrasi pasar. Namun, perlu dilakukan pertimbangan yang serius terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan pihak tertentu.

Semoga ulasan mengenai penetrasi pasar yang sudah dijelaskan tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang baru saja, atau sedang menjalankan bisnis di bidang tertentu. Selain itu, belajarlah pada pengalaman Anda sendiri.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Kinanthi Haksari
Author
Kinanthi Haksari
Bagikan