Meta Description Salah Satu Solusi untuk Tingkatkan Trafik

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Manfaat meta description

Pada era digitalisasi seperti saat ini, mulai bermunculan berbagai macam pekerjaan baru yang mana tidak harus menuntut seseorang untuk bekerja di kantor terus. Seperti halnya, youtuber, selebgram, konten kreator dan lain sebagainya. 

Perjalanan dalam bidang tersebut tentu tidaklah mulus. Tidak hanya menghadirkan konten yang berkualitas saja, namun harus ada daya tarik agar orang mau mengklik konten tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan meta description. 

Seperti halnya namanya meta nantinya akan mendeskripsikan seperti apa konten yang Anda buat kepada para calon pengunjung. Dengan begitu, ketika konten yang Anda buat dirasa berguna dan bermanfaat maka mereka akan tertarik untuk mengklik tautan konten. 

Tentu bukan hanya Anda saja yang membuat meta deskripsi. Oleh sebab itu sebaiknya buatlah deskripsi yang jauh lebih menarik. Berikut ada beberapa pembahasan mengenai meta deskripsi untuk menunjang trafik dari konten Anda!

Meta description salah satu solusi untuk tingkatkan trafik,

Apa Itu Meta Description?

Seperti penjelasan di atas meta description merupakan gambaran atau deskripsi singkat dari isi konten milik Anda. Biasanya meta akan muncul di halaman hasil pencarian yakni di bagian bawah judul konten. Sama halnya dengan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Meta deskripsi biasanya memuat 150 kata hingga 160 kata. Bukan itu saja, meta juga tidak boleh di atas 960 pixel. Pasalnya jika melebihi angka tersebut maka meta bisa tidak terbaca sebagian atau terpotong. Dari sini maka bisa ditarik kesimpulan bahwasanya meta ialah gambaran konten yang singkat dan informatif. 

Fungsi lain dari meta selain bisa meningkatkan trafik yakni optimasi one page SEO. 

Manfaat dari Meta Description

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari meta untuk konten Anda. Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat lainnya:

Menjadikan Relevansi Konten Meningkat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa kata yang dicetak tebal pada meta konten. Kata bercetak tebal itu merupakan kata kunci atau keyword. Keyword sendiri merupakan kata kunci yang digunakan pengunjung internet pada mesin pencari. Dengan keyword di meta maka akan meningkatkan relevansi dari konten. 

Konten Bisa Dipromosikan Lewat Sosial Media

Meta tidak hanya memiliki kegunaan pada blog saja, namun juga berguna pada beberapa hal lain. Misalnya saja pada sosial media.  Deskripsi juga dapat muncul pada konten iklan. Dari sini maka meta tidak hanya akan membantu Anda dalam meningkatkan klik pada mesin pencari saja, namun juga pada sosial media. 

Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Judul konten menjadi hal pertama yang akan dibaca oleh pengunjung internet pada saat mencari topik di mesin pencari. Bahkan ketika Anda mencari informasi pada mesin pencari atau Google tentu hal pertama yang akan dilihat adalah judul dari konten bukan? Namun judul saja tidaklah cukup, Adakalanya pengunjung juga perlu mengetahui apa yang akan ditawarkan pada masing-masing konten. 

Oleh sebab itu dibutuhkan deskripsi meta yang menarik dan relevan dengan isi konten sehingga pengunjung terdorong untuk melakukan klik. Pada dasarnya deskripsi meta bukanlah hal yang berpengaruh secara langsung pada Seo atau search engine optimization. Namun dengan adanya deskripsi meta yang menarik dan mampu meningkatkan jumlah klik maka  hal ini akan jadi salah satu faktor dalam menaikkan peringkat konten di mesin pencari.

Seperti Apa Meta Deskripsi yang Efektif?

Setelah membaca penjelasan yang ada di atas mungkin Anda akan semakin penasaran seperti apa sih meta deskripsi yang efektif digunakan untuk konten bukan? Langsung saja berikut beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan deskripsi meta efektif. 

Perlu Membatasi Jumlah Karakter

Pada awal artikel sudah dijelaskan bahwasannya jumlah dari karakter Mera perlu dibatasi yakni antara 150 hingga 160 karakter. Jadi Anda tidak boleh membuat kurang maupun lebih dari angka tersebut. 

Cara pengecekan yang paling mudah untuk mengetahui jumlah karakter pada mita deskripsi adalah menggunakan google SERP simulator yang dimiliki oleh Mangools. Alat satu ini bisa memperkirakan tampilan dari konten ketika muncul pada hasil pencarian.

Sebaiknya Gunakan Kalimat Aktif

Deskripsi Meta perlu singkat namun informatif atau mudah dimengerti sehingga sebaiknya anda Gunakan kalimat aktif. Pasalnya kalimat aktif cenderung menjelaskan pesan secara singkat atau to the point. 

Sedangkan kalimat pasif lebih cenderung menjadikan subjek dari kalimat terasa kurang jelas. Dengan begitu para pembaca diharuskan untuk membaca beberapa kali atau lebih dari satu kali agar dapat memahaminya. Sebaiknya Buatlah kalimat aktif dengan rumus SPOK atau subjek predikat objek keterangan. Pastikan pula jika kalimat yang akan Anda susun tidak bertele-tele. 

Mengandung Kata Kunci atau Keyword

Keyword jadi bagian penting pada deskripsi meta sebab keywords bisa membantu konten jadi lebih relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung internet. Keyword sendiri biasanya ditulis dengan bentuk cetak tebal agar memudahkan para calon pengunjung dalam menemukan konten yang dibutuhkan. 

Meskipun begitu Anda juga perlu memasukkan kata kunci secara natural atau tidak terkesan dipaksakan. Sangat disarankan untuk menghindari pemakaian kata kunci yang berlebihan.

Pertimbangkan Lokal SEO

Mempertimbangkan lokasi tentunya akan lebih berguna apabila Anda menargetkan pembaca maupun pengunjung internet pada wilayah tertentu. Caranya cukup mudah yakni Anda cukup menyusutkan nama dari wilayah pada deskripsi meta. Dengan begitu konten akan mencapai pengunjung yang mana mencari konten maupun produk berkaitan pada wilayah tersebut. 

Tampilkan Fitur

Jika Anda memiliki keunikan maupun nilai yang mana tidak dimiliki oleh kompetitor maka sebaiknya tunjukkan hal tersebut. Namun Anda juga harus tetap mengutamakan sudut pandang dari pembaca. Pasalnya, pembaca memerlukan manfaat dari konten Anda. 

Memanfaatkan Call To Action

Seperti tujuan dari deskripsi meta yakni untuk menarik pembaca atau pengunjung agar melakukan klik konten, maka diperlukan adanya CTA atau Call to Action. Gunakan kalimat ajakan pada deskripsi meta. Misalnya saja kata mari, yuk,  atau klik.

Apalagi sebenarnya, CTA merupakan sesuatu yang simpel. Hanya saja, saat strategi marketing bisnis Anda tidak holistik, CTA jadi tidak optimal dan menyulitkan.

Karenanya, KiriminAja menyiapkan panduan strategis memahami bagaimana konten marketing bisa berpadu-padan dengan CTA efektif

Bagaimana Cara Membuat Meta Description Pada Wordpress

Apabila saat ini Anda memakai Wordpress untuk menampilkan konten, langkah maupun cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan plugin. Plugin tersebut adalah Yoast SEO. Berikut beberapa langkah atau tahapan membuat deskripsi meta dengan Yoast SEO untuk Wordpress.

  • Install kemudian aktivasi plugin Yoast SEO
  • Buatlah konten baru
  • Gulir ke arah bawah tampilan hingga di bagian segmen Yoast SEO
  • Klik Edit snippet
    Isikan meta deskripsi pada kolom Meta description. (Ada tanda untuk meta dimana warna orange berarti  deskripsinya kurang panjang maupun terlalu panjang. Warna hijau berarti jika panjang deskripsinya pas)
  • Klik tombol Post maupun Publish agar bisa menyimpan perubahan

Itu dia tadi beberapa penjelasan mengenai meta description. Pada dasarnya meta memang bukan jadi dasar dalam meningkatkan trafik. Ada beberapa hal lain yang berpengaruh. Namun tidak ada salahnya jika Anda membuat meta dengan baik sehingga kemungkinan trafik naik bisa semakin besar. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.