Lebih Dekat dan Sayang: Sistem COD J&T Bikin Pelanggan Makin Cinta

Danusantoso
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara mengirim barang sistem COD JNT

Sistem COD J&T adalah hal yang wajib diketahui Anda dan online seller lainnya untuk membuat aktivitas pengiriman paket lebih mudah, praktis, dan efisien. Bahkan J&T bisa COD tanpa marketplace loh.

Banyak dari Anda mungkin merasa khawatir dengan sistem COD, terutama soal cash flow yang tidak stabil. Namun, dengan KiriminAja, Anda tidak perlu khawatir lagi! Dengan aplikasi COD murah hemat ini Anda bisa dengan tenang nih berbisnis.

Dengan menggunakan sistem COD J&T dari KiriminAja, Anda bisa mempererat hubungan dengan pelanggan Anda. Bayangkan saja, setiap kali pelanggan Anda menerima paket dari KiriminAja, mereka akan merasa senang dan terharu karena bisa merasakan kebaikan dan kualitas pelayanan yang Anda berikan.

Kabar baiknya lagi, sistem COD yang ada di KiriminAja bukan hanya J&T. Anda bisa mengecek daftar jasa kurir yang bisa menyediakan transaksi COD via KiriminAja di sini. Klik tautan tersebut untuk memudahkan Anda memilih jasa kurir mana yang sesuai untuk transaksi COD bisnis Anda.

Sehingga, Anda bisa lebih mudah mempercepat proses transaksi, menghemat waktu, serta membuat pelanggan semakin loyal dan puas. Di sisi lain, Anda bisa memperoleh keuntungan dengan jauh lebih mudah dan nyaman, sementara pelanggan Anda akan semakin setia dan bahagia dengan layanan Anda.

Nah itu semua bisa Anda dapatkan jika mendaftar ke Dashboard KiriminAja, semua fitur sudah tersedia untuk memudahkan pengiriman dan jalannya bisnis Anda.

Sekarang, yuk kita langsung bahas sistem COD J&T.

Bagaimana Sistem COD J&T untuk Penjual?

COD atau Cash on Delivery merupakan sistem dalam aktivitas belanja online yang memungkinkan pembeli membayar saat barangnya datang. Artinya, kurir lah yang akan menerima pembayaran.

Lalu bagaimana penjual menerapkan sistem tersebut? Berikut KiriminAja bahas gambaran terkait penerapan sistem COD J&T untuk penjual:

Aktivasi Sistem COD

Untuk menerapkan sistem COD, Anda perlu mengaktivasi fitur COD di online store yang ada dalam marketplace atau ecommerce. 

Setiap platform biasanya memiliki persyaratan masing-masing. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu sebelum mengaktivasi sistem COD.

Jika tidak memiliki online store di marketplace, Anda dapat menghubungi pihak J&T langsung untuk menerapkan sistem COD.

Pembayaran Sistem COD untuk Penjual

Meskipun pelanggan melakukan pembayaran ke kurir, tetapi uang tersebut tentu akan masuk ke rekening seller. Hanya saja waktu pencairannya lebih lama dari sistem bayar di muka.

Setelah barang sampai ke pelanggan berarti transaksi sudah selesai, selanjutnya uang pembayaran akan masuk ke rekening seller beberapa hari kemudian. Umumnya sekitar tujuh hari.

Retur Barang ke Seller

Salah satu resiko penerapan sistem COD adalah adanya retur barang yang sudah dikirim. Hal ini dapat terjadi jika pelanggan merasa pesanannya tidak sesuai atau hal lainnya.

Oleh karena itu, pelanggan tidak mau melakukan pembayaran dan barang tersebut pun dikembalikan ke seller. Dalam hal ini, tentu seller akan rugi karena harus membayar ongkos pengirimannya.

Namun, hal seperti ini tentu dapat dihindari jika Anda menerapkan prosedur yang benar dalam berjualan online. Seperti menampilkan real picture di etalase agar barang pesanan sesuai dengan gambar.

Jika pun retur tidak bisa dihindari, maka Anda harus punya Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas dan efektif.

KiriminAja sudah menyiapkan panduan khusus agar Anda memahami retur dan bagaimana penerapan SOP retur yang tepat.

Anda hanya perlu klik tautan tersebut untuk memahami rangkaian retur dan bagaimana membuatnya lebih praktis dalam sebuah SOP.

Tambahan Biaya Kirim

Meskipun pembayarannya ketika barang datang, tetapi jumlah yang harus dibayarkan sudah ditetapkan sejak konfirmasi pembelian. Yaitu berupa harga barang dan ongkos kirimnya.

Namun, dalam proses pengiriman bisa jadi ada tambahan biaya ongkos kirim karena lokasi tujuan diubah atau medannya sulit.

Dalam kasus seperti ini, seller perlu konfirmasi ke pelanggan untuk kesepakatan tambahan biaya. Bisa dengan dibebankan semua ke pelanggan atau bagi dua dengan seller.

Bagaimana Sistem COD J&T Tanpa Marketplace?

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang tidak memiliki online store di marketplace masih bisa menerapkan sistem COD lewat J&T kok. 

Caranya dengan mendatangi outlet J&T langsung dan lakukan pendaftaran untuk menggunakan fitur COD. Kemudian ikuti instruksi dan persyaratan dari karyawan yang bertugas.

Terdapat perbedaan ketentuan dalam sistem COD tanpa marketplace ini. Jika melalui marketplace, seller tidak perlu membayar biaya pengiriman di awal.

Namun, jika tanpa marketplace, seller harus membayar biaya ongkos kirimnya terlebih dahulu. Setelah pembeli membayar, barulah biaya ongkos kirim dan harga barang akan dikirimkan ke rekening seller.

Untuk proses pencairan biasanya satu minggu setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Bagaimana Cara Mengirim Barang dengan Sistem COD J&T?

Terdapat tiga cara untuk mengirim barang dengan COD J&T. Pertama, jika menggunakan marketplace untuk jualan, cukup aktivasi fitur COD di online store Anda. 

Kedua, Anda bisa mengirim barang dengan sistem COD J&T dengan mudah melalui KiriminAja. Untuk tutorialnya, Anda bisa langsung merujuk ke panduan dan cara kirim paket COD J&T dengan KiriminAja.

Ketiga, jika Anda tidak menggunakan marketplace maka ikuti langkah-langkah berikut:

  • Packing barang yang hendak dikirim dengan baik agar tidak rusak saat pengiriman.
  • Kunjungi website resmi J&T Express (www.jet.co.id) 
  • Pada halaman utama situs J&T Express, pilih menu "Kirim Barang" dan pilih opsi "COD".
  • Isi formulir pengiriman dengan lengkap dan benar. Meliputi alamat pengirim, alamat penerima, nomor telepon penerima, dan detail barang yang dikirim.
  • Pilih layanan COD: Pada menu "layanan", pilih opsi "COD" dan masukkan jumlah uang yang ingin Anda terima dari penerima.
  • Konfirmasi rincian pengiriman dan pastikan semuanya sudah benar.
  • Setelah pesanan dikonfirmasi, kurir JNT akan datang ke alamat pengirim untuk mengambil barang yang akan dikirimkan.
  • Saat kurir tiba di alamat tujuan, pembeli harus membayar uang secara tunai sesuai dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Setelah uang diterima, kurir akan memberikan tanda terima yang berisi nomor resi pengiriman. Pastikan Anda menyimpan tanda terima tersebut sebagai bukti pengiriman yang sah.

Pastikan untuk memperhatikan semua rincian pengiriman tersebut agar proses pengiriman berjalan lancar dan paket dapat sampai ke pelanggan dengan aman.

Kabar baiknya, J&T telah mengintegrasikan layanannya dengan KiriminAja lho. Jadi Anda dapat mengakses layanan COD J&T melalui KiriminAja.

Kenapa harus KiriminAjA? Karena Anda dapat memberikan layanan pengiriman yang memiliki kualitas reliable kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan layanan logistik dengan ongkos lebih hemat.

Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga dan nikmati berbagai fitur yang dapat mengotomatisasikan online store Anda. Sehingga Anda dapat menerapkan sistem COD dengan lebih mudah.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.