Istilah Pengiriman J&T Express: Jangan Sampai Kelewat Biar Paket Aman

Danusantoso
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Arti status pengiriman JNT

Apakah Anda pernah menggunakan jasa pengiriman J&T Express? Jika iya, mungkin Anda pernah mengalami kebingungan dengan beberapa istilah pengiriman J&T. Benar begitu, kan?!

Tapi Anda tidak perlu bingung nih ketika pakai Dashboard KiriminAja, kenapa? Daftar dulu aja deh biar Anda tahu keunggulan dan benefitnya. Setelah itu lanjut kita bahas istilah pengiriman J&T.

Banyak sekali istilah yang memiliki arti masing-masing selama proses pengiriman barang mulai dari sebelum dikirim hingga sampai ke alamat tujuan. Maka dari itu, mengetahui istilah pengiriman jnt artinya adalah hal yang penting.

Karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa istilah penting yang sering digunakan oleh J&T Express agar Anda lebih memahami dan terbiasa dengan proses pengiriman paket menggunakan jasa ini. Jadi, mari kita simak bersama-sama!

Deretan Istilah dan Arti Status Pengiriman J&T Express

Berikut ini adalah istilah pengiriman yang ada dalam J&T Express beserta arti statusnya:

Picking (Penjemputan)

Status ini menunjukkan bahwa kurir J&T Express telah mengambil paket Anda dari lokasi pengirim.

In Transit (Dalam Pengiriman)

In transit J&T artinya paket Anda sedang dalam perjalanan menuju lokasi tujuan.

Arrived at Destination Hub (Tiba di Pusat Tujuan)

Status ini menunjukkan bahwa paket Anda telah sampai di pusat distribusi di kota tujuan.

Out for Delivery (Sedang Dikirim)

Out of delivery artinya bahwa kurir J&T Express sedang dalam perjalanan untuk mengantarkan paket Anda ke alamat tujuan.

Failed Attempt (Gagal Pengiriman)

Failed attempt menandakan bahwa kurir J&T Express telah mencoba mengantarkan paket Anda, namun tidak berhasil karena alamat tujuan tidak ditemukan atau tidak ada penerima yang tersedia. Anda dapat menghubungi pihak J&T Express untuk menyelesaikan masalah ini.

Delivered (Terkirim)

Status ini menunjukkan bahwa paket Anda telah sukses diantarkan dan diterima oleh penerima.

Selain delivered, Anda juga perlu tahu istilah delivery. Sebab, istilah delivery ini merupakan akar dari istilah delivered.

KiriminAja sudah menyiapkan uraian khusus yang membahas bagaimana peran delivery bagi keunggulan bisnis Anda.

Shipment Is In Destination Hub

Shipment is in destination hub artinya paket Anda sudah sampai di gudang pusat kota atau kabupaten tujuan.

Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sudah dalam proses pengiriman terakhir ke alamat tujuan Anda. Biasanya, paket akan sampai ke alamat tujuan Anda dalam waktu 1-2 hari kerja setelah Anda mendapatkan status pengiriman ini.

Out for Delivery J&T

Out for delivery artinya paket sedang dalam perjalanan untuk diantarkan ke alamat tujuan Anda. Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket Anda sudah diambil oleh kurir dari gudang pusat kota atau kabupaten tujuan. Kemudian, paket akan dikirim ke alamat penerima J&T.

Customs Clearance (Pemeriksaan Bea Cukai)

Istilah JNT ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang dalam proses pemeriksaan oleh pihak Bea Cukai.

Held by Customs (Ditahan oleh Bea Cukai)

Status memberitahukan bahwa paket Anda ditahan oleh pihak Bea Cukai dan memerlukan tindakan lebih lanjut dari pengirim atau penerima.

Return to Sender (Dikembalikan ke Pengirim)

Paket Anda akan dikembalikan ke pengirim karena alamat tujuan salah atau tidak ditemukan.

Drop Point

Sebutan lain untuk agen yang ada di tiap kecamatan, kabupaten, dan kota yang ada di seluruh Indonesia.

FU

FU dalam pengiriman barang JNT adalah singkatan dari full container load. FU adalah metode pengiriman barang dengan menggunakan satu kontainer penuh. Kontainer yang digunakan biasanya berukuran 20 feet atau 40 feet.

Metode FU cocok untuk pengiriman barang dalam jumlah besar atau berat. Dengan menggunakan metode FU , barang-barang yang akan dikirim tidak perlu dicampur dengan barang-barang lain. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan barang selama pengiriman.

Transit Center

Merupakan nama lain dari gudang transit yang ada di berbagai kota di Indonesia. Barang biasanya akan transit di beberapa tempat sesuai jalur dan alamat tujuan.

Gateway

Kode unik dari tiap kota di Indonesia yang digunakan dalam tiap paket, tujuannya untuk mempermudah pendataan barang atau paket.

Scan

Pihak agen Drop Point J&T terdekat sedang melakukan pemindaian pada paket yang akan dikirimkan. Proses pemindaian mencakup informasi tentang nama penerima, alamat penerima, kode gateway, dan nomor resi yang tertera pada paket.

Simpan

Paket yang Anda kirimkan saat ini sedang disimpan di Drop Point J&T terdekat. Hal ini dapat terjadi karena pengiriman tidak memungkinkan pada hari yang sama karena adanya kendala, seperti jam kerja yang sudah berakhir atau kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Sprinter

Sprinter adalah sebutan lain untuk kurir yang bekerja di J&T Express. Tugas utama kurir atau sprinter adalah mengantarkan paket barang dari Drop Point terdekat ke alamat tujuan penerima sesuai dengan jadwal pengiriman yang telah ditetapkan.

Bermasalah

Artinya paket sudah sampai di drop point terdekat namun terjadi masalah saat scanning. Misalnya masalah seperti alamat tidak lengkap, paket kurang lengkap dan barang yang dilarang.

Invalid Airway Bill

Nomor resi yang dimasukkan untuk melacak paket kurang lengkap dan tidak sesuai. Biasanya terjadi typo atau kurang satu huruf maupun angka.

Sudah Diterima

Artinya paket yang dikirimkan telah tiba di tujuan atau telah sampai ke alamat penerima.

Shipping Rates

Sebuah layanan yang bisa digunakan untuk mengecek ongkos kirim sebuah paket.

Beberapa istilah pengiriman JNT di atas adalah sebutan yang digunakan ketika ada proses pengiriman yang menggunakan pembayaran online maupun COD. J&T Express sendiri memberikan kedua layanan tersebut sesuai dengan preferensi pelanggan.

Anda pun bisa menawarkan beberapa metode pembayaran seperti di atas untuk konsumen agar mereka lebih merasa leluasa dalam menentukan cara bayar. Kebanyakan konsumen kadang lebih suka dengan sistem COD.

Sistem ini memungkinkan pembayaran dilakukan di akhir setelah barang diterima. Namun jika Anda ingin menggunakan layanan ekspedisi selain J&T Express yang menyediakan COD, Anda bisa mengecek beberapa ekspedisi yang bisa COD dalam tautan tersebut agar banyak variasi dan pilihan dalam jasa pengiriman.

Proses Pengiriman Paket JNT Express

Berikut adalah cara kerja pengiriman paket melalui J&T Express yang harus Anda ketahui:

  • Pemesanan pengiriman: Mau kirim barang dengan J&T Express? Gampang banget! Anda bisa memesan layanan pengiriman dari J&T Express lewat situs mereka, aplikasi, ke titik drop-off J&T terdekat, atau pakai KiriminAja.
  • Pengepakan barang: Pastikan barang dikemas dengan baik dan aman. Jangan lupa, J&T Express punya panduan khusus buat pengepakan. Sebaiknya patuhi aturannya biar paket jualan Anda tetap selamat selama perjalanan.
  • Pengantaran barang: Setelah dikemas, Anda bisa antar barang ke titik drop-off J&T. Atau kalau mau lebih praktis, bisa juga jadwalkan penjemputan kurir J&T Express di aplikasi KiriminAja.
  • Proses pengiriman: Setelah barang diterima, J&T Express akan mulai memprosesnya. Mereka akan memindai barcode, menimbang paket, dan mencetak label pengiriman.
  • Transportasi: Setelah semua proses di atas selesai, barang Anda akan dikirim ke kota tujuan. J&T Express punya armada truk dan van yang siap mengantar paket ke seluruh penjuru nusantara.
  • Pengantaran ke penerima: Setibanya di kota tujuan, paket Anda akan langsung diantarkan ke alamat penerima. Jangan khawatir, J&T Express akan mencoba mengantar hingga beberapa kali sampai diterima konsumen Anda.
  • Pelacakan paket: Penasaran dengan posisi paket? Anda bisa cek kapan saja lewat KiriminAja. Cukup masukkan nomor resi, dan Anda bisa tahu posisi paket saat itu juga.
  • Estimasi waktu pengiriman: Waktu pengiriman bisa berbeda-beda, tergantung dari dan ke mana paket Anda dikirim. Tapi biasanya, J&T Express bisa mengantar dalam waktu 1-7 hari kerja.

Dengan memberikan pelayanan kurir yang baik melalui J&T Express, bisnis Anda bisa membuat konsumen merasa puas dan berpotensi melakukan pembelian ulang.

Anda juga bisa memahami berbagai istilah pengiriman lain yang lebih luas. Karenanya, kami sudah menyiapkan panduan dan kamus istilah shipping yang berguna untuk Anda sebagai online seller.

Dengan mempelajari kamus istilah shipping tersebut, Anda punya informasi status pengiriman paket yang lebih komprehensif.

Tapi bagaimana cara mudah mewujudkan hal itu semua? Karena kadang, mengirim dengan J&T Express butuh banyak effort.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis.

Iya, kami ingin memudahkan berbagai bisnis, termasuk bisnis Anda, menjalankan sistem pengiriman paket reliable bagi konsumen dan tetap menguntungkan bisnis itu sendiri.

Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Ada banyak fitur di KiriminAja yang memungkinkan bisnis Anda menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang dan bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Jadi, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih reward tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan kami juga ikut tumbuh.

Tak perlu effort besar untuk memulai hal tersebut, cukup daftar gratis saja di dashboard KiriminAja, maka Anda bisa segere menikmati layanan prima penuh keuntungan. Apalagi dengan KiriminAja, Anda bisa memakai layanan J&T Express yang mampu menjaga #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.